5 Cara Menabung yang Paling Efektif

5 Cara Menabung yang Paling Efektif

tips-menabung-paling-efektif

Menabung merupakan suatu kegiatan untuk menyimpan sebagian uang yang kita miliki, lebih tepatnya menyisihkan uang dari gaji atau penghasilan yang kita dapat untuk disimpan, guna memenuhi kebutuhan dan akan membuat keuangan menjadi lebih baik nantinya.

Namun menabung itu tidak mudah, banyak orang yang ingin menabung tapi ternyata dengan gaya hidup yang salah justru tidak ada kesempatan untuk menabung, jangankan menabung bahkan untuk memenuhi kebutuhan hari – hari mengalami kesulitan.

Pada dasarnya berapa pun penghasilan atau gaji yang kita dapat kita tetap bisa menabung.

Tentunya diimbangi dengan gaya hidup yang sesuai, misal anda memiliki gaji 1 juta, maka tidak perlu yang namanya memiliki mobil mewah, karena perawatan mobil tersebut justru akan membuat keuangan anda carut marut.

Berikut ini adalah cara yang paling efektif untuk anda yang ingin menabung, walaupun hanya memiliki pendapatan atau gaji pas pasan.

  1. Buat Tabungan Khusus untuk Menabung

Jika memiliki niat untuk menabung / menyimpan uang maka disarankan untuk membuka rekening tabungan di bank, tabungan ini khusus untuk menabung saja bukan untuk transaksi jadi jangan dilengkapi dengan ATM atau jenis layanan transaksi lainnya.

Jika anda ingin memiliki tabungan untuk bisnis maka harus dibedakan dengan rekening untuk menabung.

Dalam memilih rekening untuk menabung pastikan anda memiliki tabungan tanpa biaya administrasi bulanan agar tidak memotong saldo tabungan tiap bulanan.

Selanjutnya anda dapat menyetorkan uang untuk ditabung melalui teller bank.

Baca Juga : Berapa Persen Gaji yang harus ditabung?

  1. Membuat Anggaran Kebutuhan Bulanan

Setiap hari tentu kita memiliki kebutuhan pasti, maka dari itu kita perlu membuat anggarannya. Karena rata-rata penghasilan dihitung berdasarkan bulan maka anggaran kebutuhan juga dibuat dalam siklus bulanan.

Dengan membuat anggaran kebutuhan bulanan akan membuat kita lebih efektif dalam menabung.

Para pakar keuangan menyarankan untuk menabung setidaknya 10-30% dari total penghasilan bulanan yang kita dapat.

Setelah disisihkan barulah sisa nya digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda.

Total belanja untuk memenuhi kebutuhan bulanan tidak boleh lebih dari 50% dari total kebutuhan, jika melebihi angka tersebut maka pola hidup anda termasuk pola hidup mewah.

3. Buatlah Skala Prioritas Belanja, mana yang lebih penting?

Apa saja yang harus dibeli satu bulan kedepan?

sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu pastikan anda telah membuat skala priortas belanja, mana yang harus di dulukan dan mana yang harus ditunda.

Prioritaskan kebutuhan primer terlabih dahulu.

4. Investasi dengan Menabung Emas

Cara paling efektif menabung yaitu dengan investasi emas. Apalagi sekarang pegadaian memiliki tabungan emas, jadi anda menabung dengan nominal kecil.

Anda tidak perlu membeli emas kreditan. Dengan memiliki tabungan emas pegadaian anda bisa membeli emas dengan berat minimal 0.01 gram.

Baca Selengkapnya : Tabungan Emas Pegadaian

  1. Pola Hidup harus Hemat jangan Boros!
    Belum Kaya jangan Sok Jadi Orangkaya

Hal yang paling penting agar anda dapat sukses menabung yaitu dengan mengubah pola hidup yaitu dengan menerapkan prinsip pola hidup sederhana, tidak boros. K

alau memang belum kaya jangan sok menjadi orang kaya. Karena dengan gaya hidup mewah akan membuat anda kesulitan untuk menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *