Mana yang lebih menguntungkan, deposito atau tabungan?

tabungan-atau-deposito

Banyak cara yang dilakukan seseorang dalam menyimpan uang, menyisihkan sebagian uang dari gaji untuk disimpan itu sangat penting sekali dan akan memberikan manfaat dimasa depan. Biasanya orang akan menyimpan uang disebuah celengan, namun di era modern sekarang ini lebih baik disimpan di bank untuk memilimalisir resiko.

Menyimpan uang di bank terdapat 2 pilihan yaitu dalam bentuk deposito dan tabungan. Keduanya memiliki perbedaan dan fungsi masing – masing sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap orang memiliki ekonomi yang berbeda – beda.

Tabungan di bank sifatnya menyimpan uang, jika menyimpan uang di bank konvensional nasabah akan mendapatkan keuntungan dari suku bunga sedangkan jika menyimpan uang di bank syariah nasabah akan mendapatkan keuntungan dari bagi hasil semua sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Nasabah dapat mengambil uang sewaktu – waktu dibutuhkan.

Deposito di bank sifatnya menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati. Nasabah tidak bisa mengambil uang sebelum jangka waktu nya berakhir. Keuntungan yang didapat berdasarkan suku bunga atau bagi hasil yang telah ditentukan bank. Deposito lebih cocok untuk anda yang memiliki perencanaan keuangan jangka panjang.

Tabungan dan Deposito merupakan produk perbankan yang memiliki manfaat dan kekurangan masing – masing. Maka dari itu kami akan menjelaskan produk mana yang dapat memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan anda. Apa perbedaan di antara tabungan dan deposito :

Baca Juga : Deposito Bank Syariah yang menguntungkan

Tabungan di Bank

Tabungan di bank dapat dibuka dengan mudah yaitu cukup dengan menyerahkan syarat berupa KTP atau Identitas lainnya sekaligus memberikan setoran awal yang lebih terjangkau (tidak terlalu besar) jika dibandingkan dengan setoran dalam deposito.

Nasabah dapat melakukan setoran dan penarikan uang kapan saja dengan jumlah bebas sesuai dengan saldo yang dimiliki dalam rekening tabungan. Nasabah akan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM dan beberapa layanan transaksi perbankan lainnya untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja.

Dengan memiliki saldo tabungan di bank selain melakukan penarikan tunai, anda juga dapat menggunakan tabungan untuk membayar berbagai keperluan. Seperti anda membayar tagihan kartu kredit, membeli pulsa elektrik untuk nomor hp, melakukan pembayaran kredit dll.

Secara garis besar tabungan biasa dibank merupakan sarana untuk menyimpan uang sebagai mana biasanya dengan tingkat resiko yang lebih rendah. Bagi hasil yang ditawarkan pada tabungan biasa relatif lebih kecil sehingga kurang menguntungkan jika di ukur dari segi investasi dan terkadang bank tertentu menerapkan biaya administrasi yang akan memotong saldo setiap bulan.

Deposito di Bank

Deposito merupakan salah satu jenis produk simpanan di bank, namun simpanan dalam bentuk deposito memiliki jangka waktu tertentu sehingga nasabah tidak bisa menarik saldo tabungan setiap saat. Nasabah dapat mengambil uang dalam simpanan deposito ini jika jangka waktu telah berakhir.

Jangka waktu deposito yang ditawarkan oleh bank bervariatif mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan dan seterusnya. Jangka waktu menentukan besar kecilnya bagi hasil yang diterima.

Deposito dapat memberikan keuntungan lebih kepada nasabah bila dibandingkan dengan tabungan biasa, karena  bagi hasil yang ditawarkan lebih tinggi. Inilah yang menjadi daya tarik orang untuk menginvestasikan uang mereka kedalam bentuk simpanan deposito.

Apalagi dalam simpanan deposito tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, namun menurut perpanjakan nasabah akan dikenakan pajak penghasilan sebesar 20% dari hasil bunga deposito atau bagi hasil yang diterima.