Modal Membuka Usaha Cuci Steam Motor

bisnis cucian motor

Jumlah pemilik kendaraan sepeda motor saat ini sangat banyak, bahkan ada 1 keluarga memiliki sepeda motor lebih dari 1-3 motor. Pertumbuhan populasi sepeda motor memberikan dampak positif kepada beberapa jenis usaha.

Jenis usaha yang sangat mendapatkan dampak positif dengan pertumbuhan populasi sepeda motor diantarnaya seperti bengkel motor, toko helm, toko mantel hujan, toko aki, toko aksesoris motor, hingga jasa cuci motor.

Jasa cuci steam motor merupakan jenis usaha yang menarik untuk dicoba, terutama ketika datang musim hujan. Banyak motor yang kotor dan pemiliknya malas untuk mencucinya maka mereka akan memilih untuk mencuci di jasa steam.

Jika anda tertarik untuk membuka usaha cucian motor maka anda perlu mencari lokasi atau tempat yang strategis dan tentunya dengan sumber air yang bagus. Tempat yang strategis menjadi akan membuat bisnis cepat berkembang, tak hanya cucian motor saja bahkan semua bisnis harus di tempat yang strateis.

Modal Membuka Usaha Cuci Steam Motor

Mungkin anda bertanya-tanya, berapa nilai investasi atau modal yang diperlukan untuk membuka usaha cucian motor. Sebenarnya, tergantung konsep yang diinginkan tapi membuka usaha dimulai dari yang sederhana dulu apalagi modal yang dimiliki hanya sedikit.

Beberapa perlengkapan yang harus anda sediakan untuk membuka usaha steam motor atau cucian motor sebagai berikut :

  • 1 Unit Mesin Cuci Steam (Engine Bravo+ Matrix water Sprayer)
  • 1 unit Tabung Salju Steam 20L
  • 2 pcs Kanebo
  • 2 pcs Spons
  • 2 pcs lap mikrofiber
  • 1 pcs sabun 5L
  • 1 unit kompressor 1HP Lakoni Imola 125 
  • 1 Semir Ban 1L

Kalau ditotal dari semua perlengkapan yang telah kami sebutkan diatas, anda membutuhkan modal dana sebesar Rp4.000.000 (belum termasuk sewa tempat). Ini adalah modal yang cukup murah untuk membuka usaha cucian motor.

Simulasi Bisnis Cucian Motor

Untuk menghitung berapa jumlah keuntungan yang bisa anda peroleh setiap bulannya. Maka anda perlu menghitung terlebih dahulu biaya operasionalnya (selain biaya investasi).

Mulai dari biaya listrik, sewa tempat, dan lain-lain termasuk bayar karyawan (jika ada). Baiklah kami anggap biaya operasional sebesar Rp2.500.000 per bulan.

Kemudian, berapa biaya jasa cuci motor didaerah anda? apakah Rp6000, apakah Rp8000. atau Rp10.000 – Selanjutnya kita akan hitung estimasi pendapatannya, jika biaya jasa cuci motor sebesar Rp10.000/motor.

Contoh: Seandanya sehari saja anda bisa mencuci 20 sepeda motor (dari jam 07.00 pagi s/d jam 5 sore). Maka jika biaya cuci motor sebesar Rp10.000 per motor, maka anda akan mendapatkan omzet sehari sebesar Rp200.000 atau Rp6.000.000 sebulan.

Dengan omzet Rp6.000.000 sebulan dikurangi biaya operasional sebesar Rp2.500.000 maka anda memperoleh pendapatan sebesar Rp3.500.000. Dengan begitu, hanya dalam 2 bulan modal anda sudah kembali, dan anda bisa membeli paket mesin lagi.

Dengan anda memiliki mesin dengan jumlah lebih dari 2 maka dapat dipastikan anda bisa menyelesaikan mencuci motor lebih cepat dalam sehari. Semakin banyak motor yang anda cuci maka semakin banyak omzet yang anda dapatkan.

Buatlah Promo untuk Pelanggan Setia

Namanya juga pelanggan, mereka juga butuh mendapatkan perhatian dari kita. Berikan bonus kepada mereka 1 kali cuci gratis apabila sudah mencuci motor sebanyak 10 kali.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.