BI Melarang Transaksi Pembayaran Bitcoin di Indonesia Mulai 2018

Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah uang elektronik yang sedang fenomenal saat ini, dimana 1 BTC setara dengan Rp204.370.895 (conversi ini akan terus berubah). Namun, mulai tahun 2018 transaksi bitcoin di Indonesia dilarang oleh BI.

Saat ini belum ada aturan yang jelas dan spesifik dari BI mengenai transaksi bitcoin. Adapun larangan bitcoin akan di atur dalam peraturan BI dan rencananya akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Onny Widjanarko, Kepala Pusat Program Transformasi BI mengatakan, “dalam PBI uang elektronik yang akan keluar dalam waktu dekat, akan diatur salah satunya mengenai bitcoin” seperti yang dilansir dalam situs kontan.co.id

BI masih melakukan pengkajian secara mendalam terkait transaksi bitcoin, apakah akan diatur dalam PBI uang elektronik atau terpisah misalnya nanti masuk dalam PBI cryptocurrency.

Bank Indonesia menghimbau kepada merchant untuk tidak menerima bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia. Apabila masyarakat mengalami kerugian terkait bitcoin, maka regulator BI tidak bertanggung jawab terkait hal ini.

BI sedang mencermati resiko penggunaan bitcoin oleh masyarakat dan BI mengkhawatirkan adanya penyelewengan bitcoin, BI mengendus potensi penggunaan bitcoin untuk tindakan melawan hukum seperti terorisme, prostitusi, pencucian uang dan perdagangan obat terlarang.

Memang, ada beberapa investor yang berinvestasi menggunakan bitcoin dan negara yang menerima kehadiran bitcoin seperti Jepang. Namun ada juga negara yang menolak seperti Rusia dan China.

Sumber : kontan.co.id



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.