Ciri-Ciri Penipuan di Shopee

Ciri Ciri Penipuan di Shopee

Shopee merupakan situs jual beli online yang menawarkan harga hemat dan bebas biaya ongkos kirim. Banyak sekali penjual yang menawarkan barang dengan harga yang murah dibandingkan dengan marketplace lainnya. Tapi, ada juga perlu waspada bahwa di shopee terdapat penjual yang menipu.

Apa benar di shopee ada penipu? ya benar, telah banyak kasus yang dialami. Maka dari itu, anda harus berhati-hati saat belanja di shopee, sebenarnya penipuan yang ada di shopee ada ciri-cirinya. Anda harus mengenali ciri-ciri penipuan  tersebut agar tidak menjadi korban penipuan.

1. Harga barang jauh lebih murah (tidak wajar).

Perlu anda ketahui, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual, apalagi harga yang diberikan tidak wajar (jauh lebih murah) dibandingkan harga pada umumnya. Bisa dipastikan, ada maksud dibalik harga murah yang ditawarkan hingga berujung penipuan.

2. Penjual menghubungi Anda lewat telp / Sms

Penjual akan menghubungi pembeli, untuk memastikan pembeli melanjutkan pesanan yaitu dengan mentransfer uang ke rekening selain bank yang telah disediakan shopee. Mereka mengaku bahwa agar barang cepat dikirim atau alasan lainnya.

3. Pembeli diminta Mentransfer uang ke rekening selain Shopee

Perlu diwaspadai ketika penjual meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening bank selain yang disediakan shopee dalam berbagai alasan (salah satunya untuk biaya cukai) . Jangan pernah lanjutkan komunikasi dengan penjual jika terjadi demikian karena sudah pasti ini penipuan.

4. Tidak Mau COD jika satu wilayah

Jika penjual berstatus di wilayah yang sama dengan anda tinggal, maka anda bisa mengajak penjual untuk COD, apabila penjual menolak untuk melakukan COD dengan anda, maka bisa dipastikan ini penipu.

5. Menjual Barang Black Market (BM).

Apabila ada yang menawarkan harga barang yang murah karena alasan barang BM, maka anda jangan langsung tergiur karena telah banyak korban penipuan di shopee yang membeli barang BM yang sering terjadi yaitu membeli HP.

Baca Juga : Cara Bayar Pesanan Shopee



Silahkan Tinggalkan Komentar