Inilah Ciri-Ciri Penipuan di Shopee, Perlu Waspada !!

Ciri Ciri Penipuan di Shopee

Shopee merupakan situs jual beli online yang menawarkan harga hemat dan bebas biaya ongkos kirim. Banyak sekali penjual yang menawarkan barang dengan harga yang murah dibandingkan dengan marketplace lainnya. Tapi, ada juga perlu waspada bahwa di shopee terdapat penjual yang menipu.

Apa benar di shopee ada penipu? ya benar, telah banyak kasus yang dialami. Maka dari itu, anda harus berhati-hati saat belanja di shopee, sebenarnya penipuan yang ada di shopee ada ciri-cirinya. Anda harus mengenali ciri-ciri penipuanĀ  tersebut agar tidak menjadi korban penipuan.

1. Harga barang jauh lebih murah (tidak wajar).

Perlu anda ketahui, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual, apalagi harga yang diberikan tidak wajar (jauh lebih murah) dibandingkan harga pada umumnya. Bisa dipastikan, ada maksud dibalik harga murah yang ditawarkan hingga berujung penipuan.

2. Penjual menghubungi Anda lewat telp / Sms

Penjual akan menghubungi pembeli, untuk memastikan pembeli melanjutkan pesanan yaitu dengan mentransfer uang ke rekening selain bank yang telah disediakan shopee. Mereka mengaku bahwa agar barang cepat dikirim atau alasan lainnya.

3. Pembeli diminta Mentransfer uang ke rekening selain Shopee

Perlu diwaspadai ketika penjual meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening bank selain yang disediakan shopee dalam berbagai alasan (salah satunya untuk biaya cukai) . Jangan pernah lanjutkan komunikasi dengan penjual jika terjadi demikian karena sudah pasti ini penipuan.

4. Tidak Mau COD jika satu wilayah

Jika penjual berstatus di wilayah yang sama dengan anda tinggal, maka anda bisa mengajak penjual untuk COD, apabila penjual menolak untuk melakukan COD dengan anda, maka bisa dipastikan ini penipu.

5. Menjual Barang Black Market (BM).

Apabila ada yang menawarkan harga barang yang murah karena alasan barang BM, maka anda jangan langsung tergiur karena telah banyak korban penipuan di shopee yang membeli barang BM yang sering terjadi yaitu membeli HP.

Baca Juga : Cara Bayar Pesanan Shopee

43 COMMENTS

  1. wahhh bener nih kayaknya. saya beli kamera 1300d di shopee pengiriman dr bandung. saya sudah pesan. tp saya blm tf dan saya di hubungi trs lwat wa. dan terus menerus di wa padahal saya sudah memastikan klo bakalan saya tf. dan penjual wa terus dengan alasan mnta penjelasannya. di iklan shopee penjual tidak menerima pesanan lewat shopee tp melalui nmer wa yg di sediakan. trs transfer uang nya juga melalui atm bendahara tokonya. gmna menurut kalian? termasuk penipuan?

  2. terima kasih informasinya ,,,saya sudah tertipu 4 juta udah hilang beli hp (black market)? orang awam ngak ngerti
    belum tau apap-apa?

  3. Saya beli mesin cuci d shopee merk panasonic tp penjual malah minta d transfer uang lagi dan sya gk kirim uang jd pnjual blng uang dan brg hanguss,,

    #PENIPU

  4. Barusan cek pengen beli kamera di shopee, tp jawaban ny aneh bgt dari wa. Katanya pmesanan via shopee uda tlalu menumpuk, jd via pribadi aja. Dan hrganya bener2 ga wajar untuk kmera BARU, dia ga mau ngaku klo itu kamera bekas. Untung belum sempet tf.

  5. @Anonymous: Begitulah ciri-ciri penipu di Shopee, mereka mengajak untuk transaksi di luar sistem shopee

  6. Kemarin saya ada rencana mau beli mesin cuci. Saya cek harga di shopee. Ada yg sangat murah cuma Rp 1.250.000,-. Saya merasa sangat aneh, mesin cuci yg dijual begitu murah tapi tak ada penjualannya. Saya coba hubungi no tlp yg bisa dihubungi. Dan saya mendpt balasan bahwa saya hrs lakukan pembayaran dan barang bisa langsung dikirim. Cuma saya merasa heran, pembayaran koq bukan ke shopee malah ke rekening lain? Saya coba cari info di google apakah ada kasus penipuan seperti ini. Saya betul2 kaget, ternyata kasus seperti ini sdh banyak makan korban. Terima kasih google, google memang topnya informasi

  7. Saya juga kemarin pesan jam alexander christie dengan harga 510.000, ciri2 sa sperti yg sudah dijelaskan diatas, dan waktu saya coment via akun shoope tapi dibalas bilang untuk pemesanan hubugni no ini, lalu saya tnpa pkir pnjang saya mengikuti arahanx karena sebelumnya saya sudh pernh pesan juga melalui no wa tapi itu benar bukan tipuan, tapi kali ini saya tertipu setelah saya transfe ktnya paling lambat2 hari smpai n ktnya setelh transfer uang nnti di kasi no. Resinya, besoknya saya wa tnykan soal no resinya eeh dibaca saja n riba2 poto profilnya gk ada n gak aktif gak bisa dhubungin nmornya, smpi skrg , bahaya kalau sperti ini terus, untuk sistem jual beli online melalu shoope sudah tercoreng, tidak bisa dpercaya lagi.

  8. Penipuan pembelian sepeda mini Scoopy di shopee yang diarahkan untuk membayar di luar rekening shopee kalau sekedar tanya stok nggak apa-apa Tapi kalau menghubungi lewat WA untuk fast respon jangan mendingan langsung transaksi di akun resminya shopee saya sudah tertipu dua juta tanggal 11 Juni 2018 atas nama rekening Rudi Bank Muamalat
    8320008699.

  9. Saya jg pernah kena tipu di shopee, untungnya kena 150rb aja untuk pembelian jilbab, (tetep ngerasa untung ?) , Saya sdh order sesuai metode pembayaran lewat shopee, setelah saya bayar brgnya sampai skrg ga dtg, dan lucunya saya tdk pernah klik pesanan diterima tp justru tiba2 di akun shopee saya sdh ada keterangan pesanan telah selesai. saya komplain krn barang ga dtg2, eh malah CS shopee blg klo mereka tdk bs berbuat apa2 krn pesanan telah selesai dan seharusnya saya meminta untuk perpanjangan masa garansi shopee krn begitu masa garansi selesai, sistem di shopee secara otomatis mengubah status jd pesanan selesai. Saya jg mesti marah2 setiap hari tlp cs shopee nya u/ mem follow up penipuan yg saya alami, akhirnya action mereka cm blokir aja itu akun penjual. Parah emang, mending jgn belanja lewat shopee deh krn mereka jg tdk bs menjamin keamanan customernya

  10. Saya jg tertipu saya mesan uang udh di transfer harga hp nya miring banget,saya curiga knp barang tidak di kirim alasan bea cukai padahal itu gak ada pihak jne blg itu bohong pihak jne selalu menerima paket apa aja,gak pernh ditanya asal barang,ini dia minta tambahan duit 5 menit casback saya curiga.dia minta dana 3500000 gak masuk akal,untung blm di kirim dananya,ini nmr wa nya udah gak aktif seharus nya pihak shofee itu bijaksana tidak nerima penjual yg cuma modus,,lebih transfaran tokopedia,jgn pernh belanja di shofee penipu kebanyakan penjualnya

  11. Tpis.. Sebelum pesan baca testimoni terlebih dahulu. Kadang produk toko lebih dari ratusan tapi testimoni kosong. Itu mencurigakan. Hati hati..

  12. kalau sudah bayar lewat kasir indomart
    utk pembelian handphone secara kredit dengan dp Rp. 200.000 apa tu termasuk penipuan tidak ya…???
    sy bayar setelah dikirim kode pembayaran dr si penjual via WA
    soalnya sehari setelah transaksi no saya langsung di blok dari WA dan tidak bisa dihubungi…
    tolong share pengalamann terimakasih

  13. Saya membeli Bodum French Press Chambord 4 Cups – alat pembuat kopi dari toko bonafide Otten Coffee via Shopee. Sekitar tgl 17 Des 2018 menerima barangnya yang saya nilai ada cacat ukuran. Ini adalah produk Internasional. Saya menunjukkan bukti2 cacat produk dengan video2 Youtube kepada pihak Otten Coffee melalui Chat, tetapi tidak dilayani oleh pihak Otten Coffee. Saya lalu melakukan pengembalian barang ke Ware House Shopee sebelum batas Jaminan Pengembalian Barang 7 Hari dari Shopee berakhir. Beberapa hari kemudian, barang saya dinyatakan DI Tolak untuk dikembalikan oleh pihak mediasi dari Shopee dan Dana akan dibayar ke Seller. Barang lalu dikembalikan kepada saya.

    Tim mediasi Shopee telah semena-mena mengambil keputusan sepihak tanpa memberi kesempatan kepada saya untuk menunjukkan dan mempertimbangkan bukti2 dari saya terlebih dahulu dan tidak menunjukkan bukti2 dari pihak Otten Coffee kepada saya, dengan langsung memenangkan pihak Otten Coffee yang nyata2 telah melanggar kewajibannya untuk menerima dan melayani komplain saya sebagai konsumennya. Dalam hal ini pihak Shopee dan Otten Coffee sungguh Arogan!

    Pihak Shopee hanya meminta maaf dan menyatakan semoga kejadian tersebut tidak terulang lagi. Sungguh klise. Barangnya mahal lagi…hampir sejutaan…bukan barang seperak dua perak.

    Belanja online harus hati2. Pastikan sistem penyelesaian komplain antara pembeli dan penjual benar2 tidak adil dan tidak berat sebelah. Kalau pembeli berada di pihak yang lemah, belanja online tidak ubahnya seperti membeli kucing di dalam karung.

  14. saya melakukan transaksi pembelian satu unit laptop axus melalui shopee program belanja serba 10000, harga laptop yg ditawarkan seharga 450000, tp di bawah iklan tertulis no wa 085244781054 untuk konfirmasi barang, jika tidak ada konfirmasi transaksi tidak dilayani, selanjutnya terjadi chating antara saya dan pemasang iklan an.sumber. arta com yg beralamat di jl.purnawarman blok G no.12 babakan ciamis, sumur bandung, kota bandung, jawa barat 40117, setelah terjadi komunikasi antara saya dan pemasang iklan akhirnya terjadilah transaksi pembayaran melalui atm an.ibuk wahidah dgn no rek 0792120111 Bank BNI, dgn janji mereka barang akan dikirim melalui JNE, keesokan harinya mereka hubungi kembali, dan mengatakan pihak JNE minta dihubungi untuk konfirmasi barang dan kami disuruh telp ke no 085230242751 an. Herlambang tp saya tetap bertahan tdk mau nelp dan akhirnya yg mengaku dari pihak JNE menghubungi kami dengan nada bicara tinggi, saya layani dan ketika kami rekam percakapan itu langsung telp ditutup, kami chat pihak toko dan katakan kami g da urusan dgn pihak JNE, segala sesuatu mengenai barang menjadi tanggung jawab toko bukan kami selaku pembeli, selanjutnya chat dari kami tiadak diread lagi, selanjutnya kami mencoba huungi penjual kembali melalui chat di shopee dengan penjual langsung, tp dengan arogannya mereka bilang laporkan aja ke SHOPEE, akhirnya saya googling dan membaca testimoni dari korban pemasangan iklan toko sumber.arta com di shoopee dan saya menyimpulkan bahwa pihak SHOPEE sbagai situs jual beli online membiarkan terjadi tindakan penipuan dari pemasangan iklan di SHOPEE. Dari kronologis ini, ada indikasi penipuan dilakukan perusahaan Shopee dengan melemparkan masalah ke pihak Penjual. Pihak Shopee mau cuci tangan.
    Jangan belanja di Shopee. Shopee itu tempat perusahaan berkumpul untuk menipu pembeli.

  15. Iya saya lihat di shopee banyak barang di jual murah tp nipu, harus pihak shopee mendelet kalau ada penjual yang mencurigakan

  16. Pengalaman saya saya pengen beli kamera nah saya liat ada banyak promo tapi belum ada satupun yg pesan disitu ada harga dari awalnya 8jt jadi 450rb nah saya tertarik tapi anehnya gx ada lokasinya saya tanya katanya dari surabaya. dia ngajak chat di wa yah bla bla bla bla abis itu yang bikin aneh dia ngajak bayarnya lewat atm/pulsa emas , gx bisa lewat shopee alasanya promonya cuman hari ini terus saya njelasin aturan shopee terus dia marah nunjukin ktpnya ini buat jaminan saya, tapi saya tetep gx percaya bisa aja itu ktp orang terus dia nyuruh saya [silahkan pergi ke toko yg lain] saya cek di tokonya semua kamera lagi promo dan harganya cumn serba 450rb saya lihat ada gambar kamera yang saya pernah liat di toko lain tapi gx promo abis itu yaudah wanya saya hapus percakapanya jugx saya hapus.

  17. Yang lebih gawat lagi, kalau ada seller yg bilang barang akan dikirim dalam 14 hari karena harus pre order. Akal2an dia aja biar masa garansi shopee kita habis. Terus yang dikirim barang lain yg gak ada harganya dengan tujuan ketika masa garansi shopee habis dan barang yg dikirim dinyatakan oleh shopee/kurir sudah kita terima, uang yg sudah kita transfer akan masuk ke rekening dia secara otomatis. Kalau sudah begitu kita gak akan bisa protes/klaim apapun lagi.

  18. Sy beli treadmil, yg datang hanya selembar kertas dan penjual berdalih bahwa barang akan d kirim menggunakan ekspedisi lain da no hp yg d berikan tak bisa di hubungi.

  19. Sy jg beli hp, di shopee, 1jam stelah transfer pihak toko WA kasih link utk aktivasi akun shopee, awalnya ga percaya n masukan email asal tp tiba2 dpt sms notifikasi dari shopee nya, akhirnya jd percaya n masukan email n password bneran, Krn masih keras aganjal akhirnya live chat SM CS shopee trnyta ga ada aktivasi akun n lgsg minta cancel orderan sy satu itu jg, Krn takut penipuan n akun di hack, tp cs shopee tiba ga respon2 LG, dipanggil2 eh malah di nonaktifkan live chat nya. Lalu sy lgsg cancel orderan via aplikasi n penjual nolak n tetap mengirim barang bbrp saat kemudian. Dan tiba2 udh da notif barang diterima, pdhl ga da paket apa2 drumah sy, udh email berkali2 ke cs udh minta kembalikan barang dan dana Krn ini penipuan sy ga terima barang apa2 beserta bukti2nya, tp pihak penjual menolak pengembalian barang, berkali2 bgtu.
    Anehnya, qo bisa shopee melanjutkan proses pdhl ga ada resi?
    Qta udh minta cancel udh bilang ini penipuan n akun khawatir di hack, tetap ga TDK dibekukan.
    Sampai akhirnya bner2 penjual itu masuk akun sy dan menyelesaikan orderan, membatalkan pengembalian barang dan uang, juga kasih bintang 5.
    Dsini sy kesal bgt, pdhl udh bilang dr sblm barang dikirim spy dicancel, udh minta barang dikembalikan dan udh bilang ini penipuan n akun di hack,, pihak shopee ya bertele2 bgt, ga fast respon.
    Udh gtu qta disuruh ulang LG kronologi nya scara lengkap, trus bsok sorenya vs nelp, n hampir lepas tanggungjawab, stelah sy kekeh Krn udh minta cancel dr sblm barang dikirim, ga da resi bisa diproses, udh bilang penipuan. Akhirnya Dy bilang tunggu di investasi LG, Dy mnta wkt 4 HR, skrg HR ke 4. Dan blm ada laporan apa2 dr cs nya LG, jika smpai HR ni ga da pertanggungjawaban sy mau melaporkan ke polisi aja.

  20. Carilah penjual yg bisa menerima cod.. Biar kita tenang. Barang datang ya bayar. Kalo barang ga datang ga rugi juga kita. Hehe itu cara saya belanja di shopee. Saya juga pernah nyari motor listrik roda tiga masa harga nya murah banget dibawah 2juta. Aduh mau nipu dia. Untung saya ga tergiur

  21. Saya ditipu juga oleh penjulal motor mini sya mohon pada shopee penjual yg bernama iswandi tolong di periksa ya?

  22. Benar saya ketipu ….awal barang harga 500. Trus d tlpon minta tf lagi alasan ya karna dri jne ga mau karna tkut itu baranng ilegal. Nama ya takuty bawa2 pengadilan hukum lah ngomongy katay biar masalah selesai suruh kirim lagi 2200.000 cuma buat bikin nota asli.nanti bisa cash back lagi danany.eh pas udh dkirim ditanya lagi bagaimna masalah cashback ya.eh djawab jika cashback kmbli saldo d atm kita lebih dri 2900.000 dih ogah bgt dri awal srh kirim 2200.000 udh curiga…eh dri pada gua turutin nanti duit hilang ampas dri saldo.mending gua bilang aja ga ada. Eh dipaksa suruh pinjem dlu….ahahhaa modus ya keciri.kalo ky gini hukum apa ya buat loe…???
    Bukti banyak gua klo lu mau laporin mah bawa hukum.gua tuh korban dri lu….
    Eh kalo ga da saldoy dia bilang lagi ya udh klo ga bisa mba.mba tf sy 1900.000 buat bikin surat2 dan barang dkirim dan uang 2,2rts ga kembali.. Malas bgt penipu tingkat dewa. Dia bilang jgn disebar luaskan ya masalah ini …. Bodo amat lu mau bilang apa…
    Korban bebas
    .
    Hati2 guys dengan harga hp mumer di shoope….tlong pihak shoppe hempas kan buat pemesanan lewat wa dan kirim rek lain.
    Saya sering belanja d shoopee tpi baru lkali ini d tipu hingga 2,7 jt

  23. Sy jg sptnya ketipu penjual dr Guandong cina. Alat test batere yg sy terima tidak berfungsi. Sy minta pengembalian dana, ditolak penjual. Jd hrs banding, 4 juli [email protected] email minta bukti foto video dan diberi waktu jawab sampai 6 juli. foto dan video diminta sdh lgs sy balas dgn mengirimkan dokumen yg diminta pd hari yg sama. Email itu sy Bcc ke emailku sendiri. Anehnya 5 juli [email protected]hopee.co.id email sy katanya sy blm merespond. Sy check Bcc nya masuk di mailbox sy. Sy tanya via chat online, tp tdk menyelesaikan masalah. Sy minta alamat email yg dpt sy kirim dokumen2. Tidak diberi, suruh tunggu email dari shopee. sy membaca bbrp tulisan pembeli yg kasusnya krg lbh sama, pd bilang shopee lbh membela penjual bila ada dispute. Dari cara shopee menangani dispute, sptnya sih benar. Pembeli di posisi yg lemah. Shopee melindungi tukang tipu, mknya byk yg tertipu.

  24. Saya juga telah tertipu oleh penjual di shope awalnya saya membeli akun game dan saya membayar melalui shope lalu penjual menolak lalu penjual menyuruh saya membayar dengan pulsa setelah itu penjual memblokir chat saya dan tidak mengirimkan akun saya

  25. Beli barang harganya 1.4 jt. Trus suruh transfer seharga aslinya 3.500.000.katanya setelah uangnya masuk akan dikembalikan ke rekening saya. Apakah ini juga penipuan ya

  26. Alhamdulillah untung aku baca2 ini,,,meh wae tergiur sofa yg seharusnya seharga 6 jutaan,,tp cma di harga 1,2 JT,,lalu aku di minta nomer wa,,chat kah disitu,,aku di kirim buanyakkk gambar sofa yg mewah2,,lalu ku ajak COD,,to aku harus transfer dulu untuk DP,,aku nolak,,aku meh ke toko nya dia jg tidak boleh,,,akhirnya,,,good bye…….#ketoro nek meh nipu……semoga lekas dapat hidayah…amin

  27. Saya mendapat SMS Dari shoopee katanya saya mendapat undian uang 175jt setelah saya hubungi pak sandy irawan awalnya mendapat tanggapan namun setelah saya hubungi untuk selanjutnya tidak mendapat tanggapan .Apakah benar ada hadiah seperti itu di shoopee .trims

  28. Thanks buat infonya ??

    Sangat bermanfaat sekali buat saya & semuanya, agar berhati-hati dalam mengorder barang di Shoppe. Harus selektif memilih barangĀ² yg harganya murah, karena kadang itu adalah PENIPUAN.

  29. Apapun modus penipuan nya kalau masih dalam ruang lingkup shopee,, shopee harus bertanggung jawab dan tidak boleh lepas tangan

  30. kemarin tanggal 28 juli saya beli celana 2 pcs, seharga 170rb. sebelum saya tf saya di chat melalui shopee ditanyakan kapan akan mentransfer agar brg cepat dikirim? kemudian saya tf, namun sampe skrg tgl 30 juli belum dikirim juga. dan saya chat lah penjualnya di shopee, tp anehnya dia bales jam 11 mlm (diluar jam kerja) menurut kalian itu penipuan bukan?

  31. Saya beli sepeda listrik yang harga nya jutaan tapi yang dateng cuma selembar kertas kwitansi gitu, katanya barang nya nanti di kirim lewat expedisi lain.
    Itu penipuan buka ya?

  32. Ikutan nimbrung .. hampir aja kena tipu hp baru harga normal 3.6jt, dijual 2 juta (diskon 47%)..
    kecurigaan saya, ada 3 review di jam yg hampir bersamaan, cmn beda menit aja.
    Saya pantau seharian stok barang (27 stok barang) & jumlah barang terjual (3 barang terjual), dr yg awalnya stok barang ada 27 sampai tinggal 18, tp anehnya, status barang terjual masih tetap 3..
    Pilihan ekspedisi barang juga ngga ada, cmn ada tulisan “Free Ongkir”, tp tdk ada opsi ekspedisi apa yg dipakai.
    Dan akhirnya, setelah pantau seharian, akun seller di closed & ngga bisa di akses sama sekali…
    Pengalaman, jangan mudah percaya dengan “Harga Miring” di toko online, mending sabar, tunggu & cari kebenaran informasi seller; apakah seller benar2 dpt dipercaya atau “Penipu”, terutama buat para pemburu gadget harga murah barang mewah

    (saya ada screen shot akun seller penipu, cmn ngga tau gmn caranya biar bisa share disini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here