Ciri-Ciri Penipuan di Shopee

Ciri Ciri Penipuan di Shopee

Shopee merupakan situs jual beli online yang menawarkan harga hemat dan bebas biaya ongkos kirim. Banyak sekali penjual yang menawarkan barang dengan harga yang murah dibandingkan dengan marketplace lainnya. Tapi, ada juga perlu waspada bahwa di shopee terdapat penjual yang menipu.

Apa benar di shopee ada penipu? ya benar, telah banyak kasus yang dialami. Maka dari itu, anda harus berhati-hati saat belanja di shopee, sebenarnya penipuan yang ada di shopee ada ciri-cirinya. Anda harus mengenali ciri-ciri penipuan  tersebut agar tidak menjadi korban penipuan.

1. Harga barang jauh lebih murah (tidak wajar).

Perlu anda ketahui, jangan mudah tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual, apalagi harga yang diberikan tidak wajar (jauh lebih murah) dibandingkan harga pada umumnya. Bisa dipastikan, ada maksud dibalik harga murah yang ditawarkan hingga berujung penipuan.

2. Penjual menghubungi Anda lewat telp / Sms

Penjual akan menghubungi pembeli, untuk memastikan pembeli melanjutkan pesanan yaitu dengan mentransfer uang ke rekening selain bank yang telah disediakan shopee. Mereka mengaku bahwa agar barang cepat dikirim atau alasan lainnya.

3. Pembeli diminta Mentransfer uang ke rekening selain Shopee

Perlu diwaspadai ketika penjual meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening bank selain yang disediakan shopee dalam berbagai alasan (salah satunya untuk biaya cukai) . Jangan pernah lanjutkan komunikasi dengan penjual jika terjadi demikian karena sudah pasti ini penipuan.

4. Tidak Mau COD jika satu wilayah

Jika penjual berstatus di wilayah yang sama dengan anda tinggal, maka anda bisa mengajak penjual untuk COD, apabila penjual menolak untuk melakukan COD dengan anda, maka bisa dipastikan ini penipu.

5. Menjual Barang Black Market (BM).

Apabila ada yang menawarkan harga barang yang murah karena alasan barang BM, maka anda jangan langsung tergiur karena telah banyak korban penipuan di shopee yang membeli barang BM yang sering terjadi yaitu membeli HP.

Baca Juga : Cara Bayar Pesanan Shopee



11 COMMENTS

  1. wahhh bener nih kayaknya. saya beli kamera 1300d di shopee pengiriman dr bandung. saya sudah pesan. tp saya blm tf dan saya di hubungi trs lwat wa. dan terus menerus di wa padahal saya sudah memastikan klo bakalan saya tf. dan penjual wa terus dengan alasan mnta penjelasannya. di iklan shopee penjual tidak menerima pesanan lewat shopee tp melalui nmer wa yg di sediakan. trs transfer uang nya juga melalui atm bendahara tokonya. gmna menurut kalian? termasuk penipuan?

  2. terima kasih informasinya ,,,saya sudah tertipu 4 juta udah hilang beli hp (black market)? orang awam ngak ngerti
    belum tau apap-apa?

  3. Saya beli mesin cuci d shopee merk panasonic tp penjual malah minta d transfer uang lagi dan sya gk kirim uang jd pnjual blng uang dan brg hanguss,,

    #PENIPU

  4. Barusan cek pengen beli kamera di shopee, tp jawaban ny aneh bgt dari wa. Katanya pmesanan via shopee uda tlalu menumpuk, jd via pribadi aja. Dan hrganya bener2 ga wajar untuk kmera BARU, dia ga mau ngaku klo itu kamera bekas. Untung belum sempet tf.

  5. @Anonymous: Begitulah ciri-ciri penipu di Shopee, mereka mengajak untuk transaksi di luar sistem shopee

  6. Kemarin saya ada rencana mau beli mesin cuci. Saya cek harga di shopee. Ada yg sangat murah cuma Rp 1.250.000,-. Saya merasa sangat aneh, mesin cuci yg dijual begitu murah tapi tak ada penjualannya. Saya coba hubungi no tlp yg bisa dihubungi. Dan saya mendpt balasan bahwa saya hrs lakukan pembayaran dan barang bisa langsung dikirim. Cuma saya merasa heran, pembayaran koq bukan ke shopee malah ke rekening lain? Saya coba cari info di google apakah ada kasus penipuan seperti ini. Saya betul2 kaget, ternyata kasus seperti ini sdh banyak makan korban. Terima kasih google, google memang topnya informasi

  7. Saya juga kemarin pesan jam alexander christie dengan harga 510.000, ciri2 sa sperti yg sudah dijelaskan diatas, dan waktu saya coment via akun shoope tapi dibalas bilang untuk pemesanan hubugni no ini, lalu saya tnpa pkir pnjang saya mengikuti arahanx karena sebelumnya saya sudh pernh pesan juga melalui no wa tapi itu benar bukan tipuan, tapi kali ini saya tertipu setelah saya transfe ktnya paling lambat2 hari smpai n ktnya setelh transfer uang nnti di kasi no. Resinya, besoknya saya wa tnykan soal no resinya eeh dibaca saja n riba2 poto profilnya gk ada n gak aktif gak bisa dhubungin nmornya, smpi skrg , bahaya kalau sperti ini terus, untuk sistem jual beli online melalu shoope sudah tercoreng, tidak bisa dpercaya lagi.

  8. Penipuan pembelian sepeda mini Scoopy di shopee yang diarahkan untuk membayar di luar rekening shopee kalau sekedar tanya stok nggak apa-apa Tapi kalau menghubungi lewat WA untuk fast respon jangan mendingan langsung transaksi di akun resminya shopee saya sudah tertipu dua juta tanggal 11 Juni 2018 atas nama rekening Rudi Bank Muamalat
    8320008699.

  9. Saya jg pernah kena tipu di shopee, untungnya kena 150rb aja untuk pembelian jilbab, (tetep ngerasa untung 😓) , Saya sdh order sesuai metode pembayaran lewat shopee, setelah saya bayar brgnya sampai skrg ga dtg, dan lucunya saya tdk pernah klik pesanan diterima tp justru tiba2 di akun shopee saya sdh ada keterangan pesanan telah selesai. saya komplain krn barang ga dtg2, eh malah CS shopee blg klo mereka tdk bs berbuat apa2 krn pesanan telah selesai dan seharusnya saya meminta untuk perpanjangan masa garansi shopee krn begitu masa garansi selesai, sistem di shopee secara otomatis mengubah status jd pesanan selesai. Saya jg mesti marah2 setiap hari tlp cs shopee nya u/ mem follow up penipuan yg saya alami, akhirnya action mereka cm blokir aja itu akun penjual. Parah emang, mending jgn belanja lewat shopee deh krn mereka jg tdk bs menjamin keamanan customernya

  10. Saya jg tertipu saya mesan uang udh di transfer harga hp nya miring banget,saya curiga knp barang tidak di kirim alasan bea cukai padahal itu gak ada pihak jne blg itu bohong pihak jne selalu menerima paket apa aja,gak pernh ditanya asal barang,ini dia minta tambahan duit 5 menit casback saya curiga.dia minta dana 3500000 gak masuk akal,untung blm di kirim dananya,ini nmr wa nya udah gak aktif seharus nya pihak shofee itu bijaksana tidak nerima penjual yg cuma modus,,lebih transfaran tokopedia,jgn pernh belanja di shofee penipu kebanyakan penjualnya

Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.