8 Tips Cepat Menjadi Orang Kaya di Usia Muda

Tips Kaya di Usia Muda

Menjadi orang kaya itu butuh perjuangan kecuali memang kamu berasal dari keturunan ningrat yang memiliki banyak harta warisan.  Buat kamu yang tak memiliki banyak warisan jangan pesimis, karena menjadi orang kaya itu hak semua orang. Untuk bisa menjadi kaya memang berjuang dan bekerja keras dengan melalui proses tertentu.

Menjadi orang kaya tidak nunggu harus tua, banyak sekali orang – orang sukses di usia nya yang masih terbilang muda seperti Yasa Singgih yang telah memiliki perusahaan fashion dengan nama brand “Men’s Republic”, juga seperti Sally yang awalnya berprofesi sebagai penjual kaffan kini dirinya telah sukses memiliki supermarket khusus batik dengan nama “Batik Trusmi” dan masih banyak lagi orang yang sukses di usia muda.

Apakah kamu ingin menjadi salah satu diantara mereka, bisa memiliki perusahaan, toko, supermarket atau apapun yang bisa membuat kamu menjadi orang kaya, orang yang memiliki penghasilan besar, tapi untuk menggapai itu semua tidak mudah dan hanya duduk santai. Untuk itu kamu perlu mengikuti tips menjadi kaya diusia muda sebagai berikut :

1. Membuat anggaran dan perencanaan keuangan

Berawal dari hal kecil yaitu membuat sebuah rencana keuangan dan memulai untuk mengembangkan anggaran dengan cerdas, kamu harus melakukannya dengan serius, tulis berapa penghasilan kamu saat ini? dan hitung semua kebutuhan tiap-tiap pos pengeluaran untuk mengetahui berapa uang yang kamu keluarkan.

Selanjutnya, apabila pengeluaran kamu lebih besar dari penghasilan, kamu perlu membuat beberapa penyesuaian dalam rencana keuangan. Jika kamu ingin melakukan investasi maka kamu perlu menutup beberapa pengeluaran, jika itu bersifat sebuah tagihan / hutang maka kamu harus melunasi tagihan tersebut terlebih dahulu. Sisa dari uang yang kamu gunakan untuk investasi untuk tujuan tertentu misalnya untuk modal usaha.

2. Menabung itu Penting

Berapa gaji yang kamu terima sekarang, pastikan kamu bisa menyisihkannya setidaknya 25% dari gaji yang harus kamu simpan. Yang dapat menyelamatkan kamu dari kebutuhan darurat. Kamu dapat menabung dengan membuka tabungan bank, uang yang telah ditabung bisa menjadi investasi balik bagi bisnis kamu, seperti untuk modal pengembangan usaha atau membuka usaha baru sebagai sumber penghasilan lain.

Banyak orang kaya yang memulai dari kecil dengan menabung, tetapi mereka memiliki tujuan untuk mencapai kesuksesan. Orang kaya juga menggunakan perencana keuangan untuk membantu mereka mengelola keuangan. Tetapi para orang kaya tersebut masih terkena masalah keuangan mereka.

Baca Juga : Cara Menabung Orang Kaya

3. Bekerja Keras

Untuk menjadi kaya selain butuh perencanaan keuangan (menejemen keuangan) yang baik, perlu menerapkan hidup hemat dengan menabung juga perlu adanya Kerja Keras untuk terus semangat dalam menggapai mimpi dan cita – cita yang kamu harapan. Kesalahan banyak orang yaitu menyia – nyiakan waktu dan kesempatannya saat diusia muda dengan bersenang – senang.

Sebaliknya mereka yang sukses di usia muda, memanfaatkan waktu mereka dengan bekerja keras, berfikir apa yang harus mereka lakukan untuk menggapai kesuksesan. Seperti dengan merintis usaha atau meniti karir di usia muda. Dengan begitu akan mental akan terbangun, pengetahuan dan pengalaman semakin luas dan tentunya pelajaran hidup baru, serta memiliki etos kerja yang kaut. Dengan begitu memiliki pribadi yang lebih tahan banting menghadapi segala tekanan dan persaingan.

4. Berdagang / Merintis sebuah Usaha / Bisnis

Sukses banyak sekali definisinya, namun dari sekian banyak orang sukses mereka yang bergerak di bidang perdangan baik itu perdagangan barang maupun jasa. Mulailah berdagang dari skala yang kecil hingga berkembang menjadi besar. Sukses dalam berdagang juga butuh proses yang cukup panjang untuk dilalu, berbagai rintangan akan kamu hadapi, namun dengan semangat, komitmen dan kerja keras semua dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Dalam berdagang atau merintis usaha perlu membuat sebuah strategi bisnis yang baik yang harus diterapkan agar bisa tepat sasaran, maka kemungkinan terjadinya kerugian bisa ditekan bahkan dihindari. Pertanyaannya produk apa yang ingin kamu perdagangkan? kamu perlu berinovasi terhadap produk atau sistem perdagangan yang akan diterapkan pada bisnis kamu.

5. Tentukan Target Keuangan

Seperti poin no.1 , perencanaan keuangan menjadi hal vital yang harus dilakukan agar anda memiliki keuangan dengan baik. Anda harus menggunakan uang dengan bijak, salah satu caranya dengan menentukan target keuangan. Apa yang ingin Anda capai baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Misalnya, Anda ingin memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu 5 tahun ke depan. Jadikan keinginan tersebut sebagai target keuangan yang senantiasa memotivasi Anda untuk berhemat agar bisa mencapainya. Meski tidak mudah, namun setidaknya dengan adanya target keuangan Anda bisa mengontrol pengeluaran, sehingga bisa tetap fokus pada target yang sudah ditentukan.

6. Berinvestasi Sejak Dini

Tidak akan ada kata rugi ketika anda melakukan investasi justru berinvestasi sejak muda akan membuat hidup kamu menjadi jauh lebih baik. Investasi berbeda dengan tabungan, tabungan berfungsi untuk kebutuhan mendadak, akan tetapi investasi akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Resiko dalam investasi juga lebih besar. Alokasikan uang yang telah didapat untuk berinvestasi, yang nantinya akan bisa kami nikmati kekayaan di usia muda.

7. Berani Mengambil Keputusan

Sudah seharusnya karakter ini dimiliki oleh anak muda seperti kamu, memiliki karakter yang kuat, pantang menyerah, punya nyali untuk berani mengambil resiko. Karena memang untuk menjadi kaya butuh keberanian untuk sukses karena memang resiko selalu anda, misalnya : Anda ingin berbisnis maka resiko nya yaitu “Kerugian”, dan itu yang harus dihadapi setiap orang sukses.

Karena memang dalam berproses menuju tangga kekayaan pastilah tidak mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi. Namun, kebulatan tekad dan berani mengambil keputusan menjadi ‘alat perang’ untuk menang dari segala rintangan. Jangan hanya berhenti di zona nyaman, terus beraksi untuk mencapai zona yang jauh lebih nyaman.

8. Terapkan Pola Hidup Sederhana

Jika ingin kaya di usia muda, maka berhematlah sejak dini. Tak perlu berpenampilan glamor, membeli barang-barang mahal, atau selalu makan di restoran, yang penting kebutuhan dasar Anda tercukupi. Penampilan memang penting, namun bukanlah prioritas karena kesuksesan dan kekayaan dapat dicapai dengan kualitas. Ingat, kesederhaan akan menciptakan kesahajaan.