waspada penipuan online shope instagram

Di Instagram banyak sekali akun online shop penipu sehingga anda harus berhati-hati dan waspada terhadap modus penipuan seperti ini, jangan langsung percaya dan jangan langsung transfer uang untuk membeli sesuatu.

Telah banyak korban penipuan yang melakukan belanja online di instagram, korban tertipu karena tergoda dengan barang yang dijual dengan harga murah sehingga korban melakukan transfer uang ke rekening penipu.

Penipu online shop di Instagram lebih mentarget orang-orang awam yang belum pernah belanja online. Tapi, sebenernya akun olshop penipu di Instagram bisa dikenali dengan mudah. 

Barang-barang yang sering dijual penipu seperti makanan, laptop, hp android, pakaian, dan sebagainya. Dan biasanya harga yang ditawarkan adalah harga murah untuk menarik perhatian calon korban.

Sebaiknya anda tidak langsung melakukan pembelian dengan transfer uang, kenali terlebih dahulu akun tersebut, kita juga perlu mencurigai apakah akun yang menjual barang tersebut penipu atau benar-benar real.

Karena tidak ada yang menjamin transaksi jual beli di Instagram, jika tertipu maka itu resiko anda sendiri. Kita juga akan kesulitan melacak siapa yang melakukan modus penipuan di instagram tersebut.

1. Ajak COD (Pembayaran Langsung)

Hindari pembayaran dengan cara transfer uang, karena ini beresiko penipuan. Kalau uangnya cuma 100.000 sih ga masalah, kalaupun tertipu tidak terlalu besar. Tapi, jika uang nya diatas 1 jutaan maka lebih baik melakukan pembayaran COD / Bayar ditempat.

Akun penipu biasanya akan menolak pembelian secara COD dengan berbagai alasan, jika memang penjual menolak diajak COD maka lebih baik jangan lanjutkan proses transaksi anda, karena dapat di mungkinkan ini penipuan.

2. Tanyakan Lokasi Penjual

Saat anda tertarik untuk membeli barang di instagram, maka sebelum transfer uang maka sebaiknya tanyakan ke penjual barang dikirim dari mana???

Kalau memang lokasi penjual berada di luar daerah maka jangan lanjutkan transaksi itu, tapi jika lokasi penjual berada di dalam daerah yang sama maka ajak untuk COD seperti poin diatas.

3. Jangan percara Follower banyak

Sekarang ini, follower banyak bukan menjadi ukuran bahwa akun tersebut real justru sebaliknya kita perlu curiga bahwa akun online shope tersebut fake atau penipu. Karena follower instagram bisa dibeli dengan mudah dan murah.

4. Perhatikan Interaksi Toko

Kalian bisa lihat interaksi yang ada di setiap posting instagram toko tersebut, jika follower banyak tapi interaksi sedikit maka bisa mudah ditebak kalau akun instagram tersebut penipu.

Atau ketika kalian melihat di sebuah postingan ada jumlah komentar tapi ketika dibuka postingannya ternyata tidak ada komentar, itu artinya komentar di hapus oleh pemilik akun, bisa jadi itu komentar bahwa pernah tertipu maka langsung di hapus.

5. Jangan tergiur Harga Murah ya bro sis?

Bro dan Sis jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena dibalik murahnya sebuah barang yang dijual ternyata ada unsur penipuan. Misalnya: Dijual iphone x dengan harga Rp3 juta, padahal harga sebenarnya diatas 10 jutaan.

STOP!! jangan terbuay, jangan langsung transfer uang dengan alasan penjual bahwa stok terbatas dan jangan takut kehabisan. Itu, hanya sebuah cara agar mudah merayu korban untuk segera transfer uang.

Jika anda pernah tertipu dengan akun instagram bodong silahkan sebutkan akun instagram penipu tersebut di kolom komentar. Agar rekan-rekan kita lainnya tidak tertipu dengan akun instagram tersebut.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.