Jika Tagihan Akulaku Tidak Dibayar, Apa yang Terjadi?

Akulaku merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pinjaman tunai dan kredit barang, siapapun bisa mengajukan pinjaman kredit untuk membeli barang secara online.

jangan lupa bayar tagihan akulaku
jangan lupa bayar tagihan akulaku

Syarat untuk bisa melakukan kredit barang menggunakan akulaku terbilang sangat mudah yaitu cukup melakukan verifikasi KTP dan wajah, selanjutnya nasabah bisa langsung melakukan transaksi.

Semakin banyak barang yang dibeli dengan kredit akulaku maka semakin besar juga tagihan hutang yang harus diangsur setiap bulannya sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan.

Jika Tagihan Akulaku Tidak Dibayar

Kredit menggunakan akulaku sering menjadi pilihan banyak orang ketika ingin membeli sesuatu tapi uang yang dimiliki belum cukup, dengan harapan ketika akhir bulan bisa membayar tagihannya setelah gajian.

Nyatanya tidak segampang yang diharapkan, kita tidak tahu dengan hari esok, bisa saja kita akan sangat butuh uang disaat jatuh tempo atau bahkan sumber pendapatkan justru berkurang ketika akan bayar tagihan.

Hal ini tentu akan membuat debitur merasa berat ketika akan membayar tagihan dari kredit akulaku, karena harus memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu, sehingga sering terjadi bahwa debitur / orang yang berhutang mengabaikan dengan angsuran yang harus dibayar tersebut.

Jika anda merupakan salah satu nasabah yang memiliki kredit hutang menggunakan akulaku maka sudah seharusnya mempersiapkan segala sesuatunya untuk bisa membayar hutang, bila perlu jual beberapa aset untuk melunasi hutang tersebut.

Tentunya jika anda tidak membayar tagihan tepat waktu maka anda akan mendapatkan telp atau bahkan didatangi langsung oleh penagih (debt collector) untuk segera melunasi tagihan atau angsuran yang tertunggak.

Peminjam sudah memiliki kontrak perjanjian dengan pemberi pinjaman, artinya harus patuh terhadap aturan yang telah disepakati, jika melanggar maka akan ada konsekuensi yang harus diterima sesuai dengan perjanjian yang telah disepakai secara digital.

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi jika anda tidak membayar tagihan akulaku:

1. Anda akan dihubungi langsung untuk ditagihan baik itu lewat sms, whatsapp, email, telp dan lainnya, yang jelas pihak pemberi pinjaman meminta anda sebagai peminjam untuk segera melunasi tagihan yang tertunggak (pemberitahuan awal ini bersifat reminder).

2. Teror tagihan dari DC Akulaku lewat media komunikasi sering terjadi, jika anda mengabaikan pemberitahuan awal (reminder) maka bisa dipastikan anda akan terus dihubungi pihak akulaku baik itu lewat email, whatsapp, sms, maupun telp.

3. Ada “kemungkinan” debt collector akan mendatangi rumah anda untuk menagih, ketika anda mengabaikan poin nomor 1. Karena sebelumnya anda sudah diingatkan dan diberitahu melalui sms/tlp bahwa harus segera melunasi tagihannya, tapi ada juga oknum yang memanfaatkan kondisi seperti ini (jadi hati-hati juga).

4. Ada kemungkinan juga menagih berkali-kali ke rumah anda atau orangtua atau rekan anda, banyak kasus yang terjadi ketika melakukan pinjaman dipinjaman online dan telat bayar tagihan maka peminjam akan ditagih berkali-kali sampai urusan selesai.

5. Jika anda telat bayar tagihan maka dapat dipastikan ada denda dan bunga yang harus dibayar.

Maka dari itu, jika anda memiliki tagihan atau angsuran kredit baik itu kredit pinjaman uang tunai atau kredit beli barang menggunakan akulaku maka sudah seharusnya anda membayar tepat waktu sesuai dengan kesepakatan.

Jika memang tidak sanggup untuk bayar tagihan maka dari awal janganlah coba-coba mengajukan kredit pinjaman lewat pinjaman online karena hal ini akan membuat hidup tidak nyaman ketika tagihan tidak segera dilunasi.

Apabila memang memiliki masalah terhadap keuangan maka bisa coba bicarakan baik-baik dengan pihak pemberi pinjaman dalam hal ini hubungi pemecahan masalah di akulaku, namun biasanya solusi yang ditempuh adalah menjual barang atau aset yang sekiranya berharga untuk melunasi tagihan.

Jangan Bayar Tagihan lewat Debt Collector

Jadi serba salah ketika didatangi seseorang yang mengaku debt collector dari akulaku.

Bisa jadi itu bener DC akulaku, bisa jadi itu oknum yang mengaku-ngaku sebagai DC akulaku.

Maka dari itu, jika anda memang memiliki kredit yang belum dibayar diakulaku dan didatangi seseorang yang menagih anda, maka bayarlah tagihan itu secara sistem, jangan bayar ke orang yang menagih anda.

Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, anda bisa bayar tagihan melalui beberapa metode pembayaran yang tersedia di aplikasi akulaku seperti Virtual account bank atau bayar lewat indomaret.

Jangan pinjam uang atau kredit melalui pinjaman online

Pada intinya untuk menghindari masalah tersebut, jangan sekali-kali melakukan pinjaman online atau kredit barang lewat pinjaman online karena disamping suku bunganya besar, juga bisa membuat depresi ketika didatangi atau dihubungi debt collector untuk segera membayar tagihan.

Maka dari itu jangan pinjamn atau kredit barang lewat pinjaman online, jika memang tidak punya uang jangan membeli barang dengan cara kredit, apalagi kebutuhan dan pemasukan tidak menentu di masa pandemi.

Berikut ini adalah jalur komunikasi yang bisa digunakan:

Hati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Akulaku!!

Banyak oknum yang mengatasnamakan akulaku untuk meminta anda membayar tagihan melalui DM atau Whatsapp, maka dari itu hubungi customer resmi Akulaku untuk menghindari penipuan semacam ini.

Leave a Comment