Cara Membeli Mobil Bekas Agar tidak Tertipu

Membeli mobil bekas tentu harganya lebih murah jika dibandingkan membeli mobil baru langsung dari dealer, selisih harga antara keduanya bisa sampai Rp100 jutaan per unit.

cara membeli mobil bekas
cara membeli mobil bekas

Maka dari itu membeli mobil bekas menjadi solusi buat anda yang ingin punya mobil pribadi tapi uangnya terbatas.

Namun, pada saat anda memutuskan untuk membeli mobil bekas di showroom atau penjual langsung maka harus lebih cermat dalam menentukan pilihan.

Hal ini dilakukan agar anda tidak salah dalam mengambil mobil bekas mulai dari memperhatikan kondisi mobil tersebut hingga hal yang lainnya.

Jangan sampai terjadi sebuah penyesalan setelah membayar mobil bekas yang dibeli, karena memang membeli mobil bekas tidaklah mudah apalagi jika anda tidak mengetahui mengenai sebuah mobil.

Cara Membeli Mobil Bekas Agar tidak Tertipu

Banyak oknum yang menjual mobil bekas dengan kondisi yang parah, mereka menutupi mobil tersebut dengan menyalon mobil agar tampak bersih dan mengkilap tapi ternyata kondisi mesin dan sparepart lainnya sudah banyak yang perlu di ganti.

Maka dari itu, agar anda tidak tertipu dengan penjual mobil bekas yang tidak jujur maka alangkah baiknya untuk mempersiapkan beberapa hal.

1. Ajak Kenalan Anda yang Mengerti Mobil

Jika anda tidak mengerti dengan per mobilan maka alangkah baiknya untuk mengajak teman atau saudara yang faham dengan mobil.

Mintalah kepada mereka untuk bantu mengecek mobil bekas yang akan dibeli, bukan hanya sekedar kebersihan nya tapi juga perlu mengecek bagian-bagian penting mobil seperti kaki kaki, mesin, dan lain sebagainya.

2. Cek Kondisi Mesin Mobil dan Perangkat lainnya

Tidak semua orang mengerti dengan hal ini maka dari itu kami sarankan untuk membawa teman atau saudara yang mengerti dengan mobil.

Periksalah bagian-bagian penting pada mobil, pastikan mesin dan bagian lainnya yang berkaitan masih dalam kondisi baik, tidak ada kebocoran dan lain sebagainya.

3. Periksa Dokumen Mobil beserta Faktur Pembelian

Agar terhindari dari kasus penadahan mobil curian maka periksalah dokumen-dokumen mobil bekas yang akan dibeli mulai dari BPKB, STNK, hingga faktur pembelian.

Jika semua dokumen mobil lengkap maka mobil bekas tersebut aman untuk dibeli, karena banyak kasus membeli mobil justru di ciduk polisi karena dituduh sebagai penadah mobil curian.

4. Cek Kaki-Kaki Mobil beserta Seluruh Sasis nya

Selain mesin, bagian penting yang harus diperhatikan adalah bagian kaki-kaki.

Kami sarankan pada saat akan membeli mobil bekas untuk membawa mobil tersebut bersama penjualnya ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan.

Dengan begitu kita akan mengetahui apakah bagian kaki-kaki dan lainnya masih layak untuk digunakan atau justru harus menggantinya.

5. Cek Interior dan Fitur Mobil dengan Seksama

Pastikan anda telah mengecek seluruh interior mobil dan fitur yang ada di dalamnya.

Coba perhatian bagian dashboard mobil, bungkus jok, pedal, tuas tuas, windows mobil, pintu, plafond mobil, ac mobil, dan fitur-fitur yang ada didalamnya.

Pastikan mobil bekas yang ingin anda beli masih dalam kondisi baik bukan mobil yang pernah terendam banjir, mobil capek untuk travel dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk anda berkaitan dengan tips membeli mobil bekas, hal ini dilakukan agar anda tidak menyesal pada saat membelinya.

Tidak sedikit orang yang tertipu saat membeli mobil bekas.

Leave a Comment