Bank BRI Merilis ATM untuk Petani di Jawa Tengah

Kartu Tani BRI

Sebagai bank plat merah kini memiliki inovasi baru dengan merilis kartu petani yaitu kartu ATM Khusus untuk para Petani. Kartu ini berisi database para petani yang berisi data berdasarkan nama, alamat, lahan dan komoditas. Data tersebut bersumber dari pemerintah daerah setempat.

BRI merilis kartu ATM untuk petani secara serempak di 21 Kab/Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah pada 12 Januari 2017. Pada acara ini turut hari mentri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Magelang dan Dirut Bank BRI.

Program kartu tani ini mendorong dalam mewujudkan promogram Pemerintah di bidang ketahanan, kemandirian dan kedaulatan pangan di Inonesia.

Petani yang memiliki kartu Tani dapat dengan mudah mengakses jasa layanan perbankan seperti Simpanan, Pinjaman KUR BRI, dan transaksi pembelian saranan produksi pertanian, serta penjualan hasil panen yang cashless dan terintegrasi dalam satu sistem.

Dengan kartu Tani juga dapat memberikan sebuah solusi untuk mendistribusian pupuk bersubsidi di Jawa Tengah. Untuk saat ini Kartu Tani masih diberikan kepada petani yang ada di Jawa tengah, namun kedepan BRI akan terus mengembangkan sistem ini sehingga bisa digunakan untuk seluruh Indonesia.

Kartu Tani akan selesai didistribusikan di Jawa Tengah pada Februari 2017, sampai saat ini sudah ada 446.934 petani yang menerima kartu Tani dan bisa menggunakan fasilitas yang diberikan.

Dalam rangkaian acara tersebut, BRI juga melakukan pemberian bantuan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berupa 3 hand tractor kepada 3 gabungan kelompok tani di wilayah Magelang.  Melalui bantuan ini, perseroan berkomitmen untuk mendukung peningkatan produksi pertanian guna tercapainya swasembada pangan di Kabupaten Magelang.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.