KUR yang Akan Salurkan Pemerintah di Tahun 2017 Mencapai Rp110 Triliun

Untuk meningkatkan kesejahteraah masyarakat Pemerintah akan terus mengucurkan dana melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kur disalurkan melalui 33 bank yang ada di Indonesia, saah satu diantaranya yaitu Bank BRI dan Bank BNI. Dana Kur yang akan disalurkan pada tahun 2017 ini mencapai Rp110 Triliun.

Dari Total Dana yang disalurkan oleh Pemerintah dibagi dalam 3 sektor usaha dengan persentasi sebagai berikut : yaitu 81% untuk Kur Mikro, 18% untuk Kur Ritel dan 1% untuk Kur TKI. Untuk mengajukan dana kur syaratnya sama seperti tahun sebelumnya.

Kur 2017

Kur akan disalurkan kepada masyarakat disektor perdagangan, pertanian, industri pengolahan, perikanan, jasa dan sektor penempatan TKI.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo mengusulkan agar kur disektor produksi pertanian lebih ditingkatkan, untuk itu lembaga penyalur kur dapat bekerjasama dengan Koperasi Unit Desa yang ada didaerah nya masing-masing.

Sedangkan untuk KUR disektor perikanan, pihak penyalur Kur juga dapat bkerjasama angsung dengan sentra-sentra perikanan yang ada di Indonesia. Penyuran Kur di sektor perikanan menurut braman lebih efektif ketimbang kur pada individu-individu.

Baca Juga : Kur BRI 2017

Sekedar informasi tambahan, selama tahun 2016 lalu, Kur yang telah disalurkan mencapai Rp 94,37 triliun kepada 4,36 juta debitur. Kebanyakan, kKur disalurkan untuk segmen mikro yaitu sebaganyak Rp65,57 triliun, lalu ritel Rp 28,62 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 170 miliar.