Baca Ini, 7 Keuntungan Investasi Reksa Dana yang perlu Anda Tahu

Investasi merupakan cara paling aman untuk mewujudkan finansial yang lebih baik dimasa yang akan datang, berbeda dengan menabung. Kalau menabung tidak akan memberikan return terhadap uang yang disimpan, sedangkan investasi akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik modal.

Banyak yang bingung saat akan berinvestasi, karena sedikitnya informasi yang diterima mengenai manfaat dari investasi. Reksadana merupakan cara berinvestasi yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja, reksadana menjadi pilihan investasi terbaik untuk pemula.

Investasi Reksadana yaitu memungkinkan pemilik dana (anda sebagai pemodal) untuk membeli unit reksa dan mempercayakan kepada seorang Manajer Investasi (MI) untuk mengelola dana investasi dalam berbagai macam produk seperti saham, deposito, oblogasi.

Resiko dalam berinvestasi reksadana relatif lebih kecil dan aman, anda tidak perlu khawatir. Bahkan anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menabung biasa direkening tabungan. 

keuntungan reksa dana tokopedia
keuntungan reksa dana tokopedia

Berikut ini adalah 7 keuntungan investasi reksadana yang perlu anda ketahui :

1. Nilai Investasi Terjangkau dan Besarnya Pengembalian

Bagi pemula, Reksadana merupakan produk investasi yang paling cocok karena nilai investasi yang diperlukan sangat rendah mulai dari Rp10.000.

Dengan nilai investasi yang rendah, tentu kita tidak perlu takut untuk rugi. Namun, perlu anda ketahui bahwa walaupun nilai investasinya rendah jika dihitung dengan cermat ternyata memberikan return yang cukup besar bila dibandingkan dengan investasi emas.

Dalam hal ini anda bisa membeli saham reksa dana di Tokopedia.

2. Mudah dalam Mengelola

Karena didalam investasi reksadana sudah ada Manager Investasi maka kita tidak pelru lagi repot dan bersusah payah dalam menganalisa pasar saham yang kita tahui cukup rumit. Uang yang anda investasikan akan dikelola penuh dan ditanggung sepenuhnya oleh Manajer Investasi.

3. Lebih Terjamin dan Aman

Bicara soal keamanan, maka investasi reksadana yang sangat terjamin keamanannya. Sebab, uang yang di investasikan tidak dipegang langsung oleh perusahaan MI akan tetapi dititipkan pada bank khusus, jadi gak perlu khawatir uang dibawa kabur 😀

4. Resiko Bisa Dikurangi

Untuk mengurangi resiko maka anda bisa melakukan pembelian saham investasi reksadana di beberapa tempat. Termasuk anda bisa membeli reksadana di Tokopedia, dengan memiliki banyak saham reksadana dibeberapa tempat maka anda tidak takut dengan kerugian karena dijamin tidak mungkin semua perusahaan MI mengalami kerugian secara bersamaan, pasti ada yang untung.

Jadi, jika memiliki dana banyak maka anda jangan membuka investasi reksadana di 1 tempat saja. Bisa anda bagi dibeberapa perusahaan MI, hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kerugian.

5. Transparan

Informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan reksa dana akan diberikan secara jelas. Dengan begitu, kita dapat memantau keuntungan, biaya dan resiko secara online.

MI sebagai pengelola reksa dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar dan menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan juga prospektus yang dilakukan secara teratur.

6. Likuiditas Tinggi

Likuiditas merupakan kemampuan perusahaan untuk membayar kewajiban jangka pendeknya. Semakin perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi, semakin perusahaan tersebut bisa dipercaya karena kemampuannya membayar kewajiban jangka pendek juga baik. Dengan likuiditas yang tinggi, investor dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketetapan yang dibuat masing-masing reksa dana.

7. Mudah Tersedia

Investasi reksa dana bisa dengan mudah kamu beli di berbagai tempat seperti langsung dari manajer keuangan / perusahaan manajemen aset, atau melalui agen penjualan yang bersertifikasi dan memiliki sertifikasi WAPERD/APERD dari OJK.

Bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi Reksa Dana, kini bisa mendaftar Reksa Dana online dengan lebih praktis dan cepat di Tokopedia Reksa Dana. Proses mudah, hanya 5 menit. Penjualan bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu lama-lama. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan hingga 7% per tahun.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.