tips sukses marketing

Marketing merupakan sebuah bagian khusus yang sangat penting dalam perusahaan, fungsi dari marketing itu untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen. Maka dari itu seorang marketing harus dapat menguasai pasar.

Konsumen merupakan (harga yang paling berharga) untuk menentukan besar kecilnya pemasukan sebuah perusahaan.

Semakin banyak konsumen / pelanggan yang berhasil didapatkan maka perusahaan akan semakin berkembang, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, perusahaan butuh marketing yang profesional dan handal untuk bisa mendapatkan konsumen sebanyak mungkin untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan.

Berikut ini merupakan tips sukses menjadi seorang marketing :

1. Buat Strategi dan Target Konsumen

Untuk mendapatkan konsumen maka seorang marketing perlu melakukan kegiatan promosi untuk menarik minat mereka, seperti potongan harga, menawarkan bonus, mengadakan program berhadiah, atau lainnya.

Termasuk menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan yang melibatkan konsumen sebagai peserta nya seperti jalan sehat, color run, dan berbagai acara lainnya.

Pada kesempatan itulah, marketing dapat memanfaatkan momen untuk mendekatkan diri kepada konsumen.

2. Sangat Menguasai Informasi Produk.

Marketing memang harus faham dan mengerti secara mendetail terhadap produk yang dimiliki perusahaan, sehingga dapat meyakinkan kepada konsumen untuk membeli atau menggunakan produk.

Bagaimana seandainya seorang marketing tidak faham terhadap produk yang ditawarkan perusahaannya.

Terlebih lagi, tidak yakin dengan kualitas dari produk yang ditawarkan. Hal ini akan membuat perusahaaan kehilangan konsumen.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Sebelum menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, seorang marketing harus menentukan pasar yang akan dibidik.

Apakah akan membidik anak muda? membidik mahasiswa, memdidik ibu rumah tangga, atau lainnya berdasarkan tingkat ekonomi mereka.

Pahami dulu prilaku konsumen, dengan begitu marketing akan lebih mudah dalam menawarkan produk dan jasa.

Disitulah peran marketing yang cerdas sebelum menawarkan produk harus memahami prilaku dan kebutuhan calon konsumen.

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Jaringan yang dimiliki seorang marketing sangat akan sanagt mempengaruhi kesuksesan seorang marketing, maka dari itu seorang marketing dituntut untuk bisa memiliki jarungan bisnis yang luas untuk memudahkan dalam pencapaian target yang ditentukan perusahaan.

Tak hanya itu, mungkin saja kendala yang anda hadapi dapat terselesaikan dengan bantuan jaringan bisnis yang anda miliki.

Semakin luas jaringan yang dimiliki akan menciptakan peluang mendapatkan konsumen baru yang lebih banyak.

5. Memperhatikan Respon Konsumen

Setiap konsumen terkadang akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh Marketing.

Apabila konsumen puas maka anda perlu mendokumentasikannya, karena ini bisa menjadi bukti nyata untuk meningkatkan kualitas produk.

Apabila konsumen memberikan respon kurang memuaskan maka dapat dijadikan bahan evaluasi perusahaan.

6. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah

Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut.

Di kejar-kejar dengan target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.

Seorang marketing sejati memang harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan.

Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang Anda pasarkan.


Previous articletabungan felasBank BTN (Bank Tabungan Negara) kembali membuat sebuah trobosan baru untuk meningkatkan kualitas sebagai dana pihak ketiga. Trobosan yang dibuat adalah dengan meluncurkan produk baru berupa tabungan felas.Tabungan felas merupakan nama sebuah tabungan valas dari bank BTN yang memungkinkan nasabah dapat menabung dalam dua mata uang, sebagai langkah strategis dalam menggarap potensi dana asing dan menambah jenis produk dan layanan bagi masyarakat.2 Mata uang asing yang dapat digunakan nasabah untuk menabung dalam tabungan valas milik BTN yaitu mata uang Dollar Amerika (USD) atau mata uang Dollar Singapura (SGD).Populasi masyarakat dikelas menengah atas terus menunjukan tanda positif, yaitu memiliki gaya hidup yang semakin akrab terhadap penggunakan mata uang asing untuk berbagai kebutuhan seperti traveling, bisnis, sekolar di luar negeri inevstasi dan sebagainya.Melalui Tabungan Felas yang diluncurkan, bank BTN berharap memiliki peluang aliran mata uang asing tersebut dapat masuk ke Indonesia dan tentunya dapat melengkapi kebutuhan nasabah.Pada 5 tahun pertama, BTN membidik hampir 50.000 nasabah baru yang menggunakan tabungan felas untuk berinvestasi dan menabung dalam mata uang asing. Baik itu dari WNI maupun WNA yang tinggal di Indonesia.Tentu nasabah akan mendapatkan keuntungan yang berbeda dibandingkan dengan menabung di mata uang IDR (Rupiah Indonesia). BTN juga telah melengkapi kartu ATM khusus sehingga nasabah dapat melakukan penarikan tunai, transfer dan sebagainya.
Next articlekantor cabang BNIRamadhan segera berakhir dan umat muslim akan merayakan hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2019. Pemerintah telah menetapkan cuti bersama dari tanggal 11-20 Juni 2019, itu artinya beberapa perusahaan akan libur dan tidak buka.Namun khusus untuk perusahaan keuangan (perbankan) akan tetap melayani nasabah dengan membuka beberapa kantor cabang secara terbatas dibeberapa kota besar. Bank telah menyiapkan uang tunai dengan jumlah yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama libur lebaran 2019.1. Bank MandiriPada musim libur lebaran idul fitri 2019 bank mandiri telah menetapkan sebanyak 323 kantor cabang yang tetap buka selama libur lebaran yaitu terhitung mulai 11 Juni sampai 26 Juni 2019, dan khusus untuk lebaran pertama kantor tutup.Bank Mandiri telah mengoperasikan mesin ATM sebanyak 17.000 dan mesin EDC sebanyak 250.000 selama periode libur lebaran. Sehingga nasabah tak perlu khawatir dengan kebutuhan transaksi harian selama libur lebaran dimana saja berada.2. Bank BCAPada tanggal 11 Juni – 12 Juni 2019, beberapa kantor cabang bank BCA akan tetap buka (terbatas) di 104 cabang seluruh Indonesia. Adapun per tanggal 13 Juni – 18 Juni 2019 seluruh kantor cabang tutup (tidak beroperasi). Selanjutnya beberapa kantor cabang BCA (terbatas) akan beroperasi kembali pada 19 Juni hingga 20 Juni 2019.Kantor BCA akan buka normal pada tanggal 21 Juni 2019 | BCA telah memiliki 17.624 mesin ATM dan 490.000 mesin EDC yang dapat digunakan nasabah untuk kebutuhan transaksi selama libur lebaran.3. Bank BRISelama cuti bersama (dari 9 – 20 juni), BRI telah menyiapkan sebanyak 229 kantor untuk tetap buka melayani nasabah selama periode libur lebaran. Tak hanya itu, BRI juga telah mempersiapkan 220.000 agen Laku Pandai BRI di seluruh Indonesia untuk melayani kebutuhan nasabah.4. Bank BNIKemudian untuk Kantor Bank BNI juga akan tetap buka melayani nasabah sebanyak 205 kantor cabang ditambah 10 outlet digital BNI. Nasabah dapat melakukan pembukaan rekening, penarikan uang dan transaksi lainnya.
Sedangkan pada tanggal 20 Juni 2019, Sebanyak 205 outlet sudah dapat memberikan layanan kliring. BNI juga menyiapkan 42 outlet mobile di 56 titik rest area, 87.000 agen Laku Pandai serta layanan contact center selama 24 jam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.