7 Tips Sukses Menjadi Seorang Marketing

tips sukses marketing

Marketing merupakan sebuah bagian khusus yang sangat penting dalam perusahaan, fungsi dari marketing itu untuk mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen. Maka dari itu seorang marketing harus dapat menguasai pasar.

Konsumen merupakan (harga yang paling berharga) untuk menentukan besar kecilnya pemasukan sebuah perusahaan. Semakin banyak konsumen / pelanggan yang berhasil didapatkan maka perusahaan akan semakin berkembang, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, perusahaan butuh marketing yang profesional dan handal untuk bisa mendapatkan konsumen sebanyak mungkin untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan. Berikut ini merupakan tips sukses menjadi seorang marketing :

1. Buat Strategi dan Target Konsumen

Untuk mendapatkan konsumen maka seorang marketing perlu melakukan kegiatan promosi untuk menarik minat mereka, seperti potongan harga, menawarkan bonus, mengadakan program berhadiah, atau lainnya.

Termasuk menjadi sponsor dalam sebuah kegiatan yang melibatkan konsumen sebagai peserta nya seperti jalan sehat, color run, dan berbagai acara lainnya. Pada kesempatan itulah, marketing dapat memanfaatkan momen untuk mendekatkan diri kepada konsumen.

2. Sangat Menguasai Informasi Produk.

Marketing memang harus faham dan mengerti secara mendetail terhadap produk yang dimiliki perusahaan, sehingga dapat meyakinkan kepada konsumen untuk membeli atau menggunakan produk.

Bagaimana seandainya seorang marketing tidak faham terhadap produk yang ditawarkan perusahaannya. Terlebih lagi, tidak yakin dengan kualitas dari produk yang ditawarkan. Hal ini akan membuat perusahaaan kehilangan konsumen.

3. Memahami Perilaku Konsumen

Sebelum menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, seorang marketing harus menentukan pasar yang akan dibidik. Apakah akan membidik anak muda? membidik mahasiswa, memdidik ibu rumah tangga, atau lainnya berdasarkan tingkat ekonomi mereka.

Pahami dulu prilaku konsumen, dengan begitu marketing akan lebih mudah dalam menawarkan produk dan jasa. Disitulah peran marketing yang cerdas sebelum menawarkan produk harus memahami prilaku dan kebutuhan calon konsumen.

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Jaringan yang dimiliki seorang marketing sangat akan sanagt mempengaruhi kesuksesan seorang marketing, maka dari itu seorang marketing dituntut untuk bisa memiliki jarungan bisnis yang luas untuk memudahkan dalam pencapaian target yang ditentukan perusahaan.

Tak hanya itu, mungkin saja kendala yang anda hadapi dapat terselesaikan dengan bantuan jaringan bisnis yang anda miliki. Semakin luas jaringan yang dimiliki akan menciptakan peluang mendapatkan konsumen baru yang lebih banyak.

5. Memperhatikan Respon Konsumen

Setiap konsumen terkadang akan memberikan respon yang berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang ditawarkan oleh Marketing.  Apabila konsumen puas maka anda perlu mendokumentasikannya, karena ini bisa menjadi bukti nyata untuk meningkatkan kualitas produk. Apabila konsumen memberikan respon kurang memuaskan maka dapat dijadikan bahan evaluasi perusahaan.

6. Selalu Bersikap Optimis dan Pantang Menyerah

Kegiatan marketing memiliki tantangan dan hambatan yang cukup besar, sehingga tidak semua orang bisa bertahan dengan profesi tersebut. Di kejar-kejar dengan target perusahaan atau mengalami penolakan dari calon konsumen merupakan salah satu tantangan kecil yang harus diterima para marketing.

Seorang marketing sejati memang harus selalu optimis dalam melayani konsumen dan pantang menyerah dalam setiap keadaan. Antusiasme dan semangat Anda kepada calon pelanggan menjadi magnet yang kuat, sehingga konsumen yakin memilih produk atau jasa yang Anda pasarkan.

 



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.