Modal Bisnis Sapi Kurban Menjelang Idul Adha

Bisnis Sapi Kurban

Idul Adha merupakan hari raya bagi umat islam yang jatuh pada bulan Haji (Dzulhijah), pada hari raya ini umat muslim melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban. Hewan yang dapat disembelih untuk kurban diantaranya kambing, sapi, kerbau, unta, domba, dan sebagainya.

Namun, pada umumnya banyak muslim yang menyembelih sapi sebagai hewan kurban. Semua orang islam berbondong-bondong untuk membeli hewan kurban baik itu diangkat sendiri atau secara patungan. 

Bagi pembisnis ini merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan keuntungan, karena pada moment hari raya idul adha banyak orang yang membeli hewan kurban salah satunya Sapi yang paling banyak diminati.

Permintaan hewan kurban terus berdatangan sejak 2-3 minggu sebelum lebaran idul adha tiba. Maka dari itu, tak heran jika pembisnis hewan kurban dapat meraup keuntungan yang cukup besar yaitu Rp2-5 juta per ekor.

Berapa Modal yang diperlukan untuk Bisnis Sapi Kurban?

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis sapi kurban tentu sangat besar sekali, mulai dari mempersiapkan kandangan, pakan, hingga harga sapi itu sendiri. Sehingga, besarnya modal yang diperlukan disesuaikan dengan jumlah dan berat sapi yang ingin anda jual. Tentunya semakin banyak jumlah sapi maka semakin besar modal yang dibutuhkan.

Misalkan Harga per ekor sapi sebesar Rp20juta, apabila anda ingin memiliki sapi sebanyak 50 ekor maka modal yang diperlukan untuk pembelian sapi sebesar Rp1 Miliar.

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa untuk memborong sapi kurban, maka seorang pedagang hewan kurban juga perlu menyediakan sewa tempat, dan biaya pakan selama kurang lebih 2 atau 3 pekan tergantung lama waktu membuka kandang dan ini masuk kedalam modal yang dibutuhkan.