Kode SWIFT Bank BNI, Mandiri, BSM, BCA , BRI, dan Bank Cimb Niaga

Kode Swift Bank

Mungkin kita telah terbiasa menerima dan mengirim uang antar bank lokal, seperti dari bank mandiri ke bni, dari BCA ke BSM dan lain – lain, kini dengan berkembangnya teknologi juga memberikan dampak positif dalam dunia perbankan, yaitu hampir seluruh bank di dunia telah terhubung untuk bisa melakukan transaksi dengan mudah yaitu menerima dan mengirim uang.

Transfer uang antar bank lokal mungkin kita sudah biasa dengan menggunakan kode bank, tapi untuk bisa menerima transfer dari bank luar negeri maka kita membutuhkan sebuah kode swift, SWIFT meruakan singkatan dari Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication.

Kode SWIFT merupakan kode unik yang dimiliki setiap bank, kode ini terdiri dari beberapa huruf yang digunakan untuk melakukan transfer uang dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaiknya. Dengan kode swift tersebut maka seluruh bank yang ada di dunia dapat terhubung dan dapat melakukan transaksi terutama untuk kirim uang, kirim uang antar bank secara internasional di sebut dengan transfer kawat.

Dengan Kode SWIFT daoat membantu menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan dari berbagai jenis transaksi yang dilakukan oleh para bank. Semua pertukaran informasi yang terjadi terjamin aman dari kejahatan finansial / keuangan. 

SWIFT akan menjadi sebuah penghubungan antara dua atau lebih bank yang memiliki kepentingan transaksi keuangan, seperti kegiatan transfer antar negara. Dalam hal ini SWIFT akan bertindak sebagai pembawa pesan dan juga berbagai informasi lainnya yang akan dibutuhkan dalam transaksi keuangan tersebut, di mana berbagai informasi dan data tersebut akan dijamin keamanan dan juga kerahasiaannya oleh SWIFT.

SWIFT memberikan banyak kemudahan bagi para anggotanya, sebab berbagai transaksi keuangan bisa berjalan dengan lebih efisein. SWIFT juga mengurangi resiko operasional, menekan besaran biaya, serta mengoptimasi dan menstandarisasi transaksi keuangan yang terjadi. Hal ini tentu akan sangat membantu terjadinya sebuah kegiatan transaksi keuangan yang lebih efektif dan terjamin.

Kode Swift Bank BCA : CENAIDJA , Bank Mandiri: BMRIIDJA, Bank BNI: BNINIDJA, Bank Syariah Mandiri: BSMDIDJA, Bank Rakyat Indonesia (BRI): BRINIDJA, Bank Niaga: BNIAIDJA