BNI Fokus Salurkan KUR Pertanian dan Perikanan pada tahun 2018

kur-bni-disektor-pertanian

Bank BNI merupakan salah satu bank yang menyalurkan dana KUR dari Pemerintah, Selama ini KUR banyak disalurkan untuk sektor perdagangan, namun pada tahun 2017 BNI akan berfokus pada penyaluran dana KUR di sektor pertanian dan perikanan.

Sektor lain yang menjadi prioritas BNI dalam penyaluran KUR seperti home industri, pariwisatan dan perdagangan yang memberikan multiplier effect seperti menjual alat-alat pertanian, dan perdagangan yang menopang infrastruktur seperti rest area dijalan tol.

Bank BNI telah membentuk sebuah skema kredit yang tidak memberatkan para debitur, misalnya KUR untuk Pertanian tentu tidak sama dengan KUR Perdagangan. Jika petani dapat panen 3 bulan maka KUR dapat dilunasi setelah panen, skema kredit (jangka waktu) disesuaikan dengan siklus panen petani.

Contoh lain misalkan petani tebu yang dapat panen setelah 9 bulan atau kelapa sawit yang baru diproduksi 3-4 tahun lagi, maka BNI menyusun struktur pembayaran bahwa selama masa tanam dan hasil belum bayar kewajiban. Intinya, skema kredit kur bni akan disesuaikan dengan pola musim panen petani.

Penyaluran kur disektor tersebut membutuhkan sebuah regulasi khusus terkait skema penyalurannya. Sebab, ada beberapa sektor yang mungkin tidak dilirik oleh perbankan karena mengingat risiko gagal bayar yang tinggi. Setelah ada regulasi khusus dari pemerintah maka sektor-sektor tersebut nantinya akan dapat tersalurkan.