4 Alasan Mengapa Pengajuan Kredit Motor Anda Ditolak

kredit-motor-ditolak

Saat ini membeli sepeda motor baru sangat mudah sekali, karena setiap orang dapat mengajukan kredit melalui dealer motor resmi. Proses pengajuan kredit terbilang sangat mudah, tapi tetap saja ada sebagian orang yang justru pengajuan kredit untuk pembelian motor di tolak, apa alasannya?

Banyak dari konsumen merasa kesal atas ditolaknya pengajuan kredit yang mereka lakukan dan mengaggap bahwa penolakan kredit tersebut merupakan kesalahan dari dealer, tapi padahal disetujui atau ditolaknya sebuah kredit bergantung dari keputusan pihak bank atau leasing selaku pemberi kredit.

Sebelum anda menyalahkan dealer, maka anda perlu mengetahui beberapa alasan utama yang mungkin menjadi penyebab pengajuan kredit anda ditolak.  

1. Nama Anda telah diblacklist dari pengkreditan

Pihak leasing tahu kalau sebelumnya anda pernah melakukan kredit, apabila sebelumnya anda memiliki catatan buruk atas pembayaran kredit yang pernah anda lakukan (seperti telat bayar). Maka secara tidak langsung nama anda masuk kedalam daftar hitam kredit, pihak leasing akan mengetahui track record kredit yang anda lakukan sebelumnya. Sehingga ketika anda mengajukan kredit kembali, pengajuan anda ditolak.

2. Belum memiliki Penghasilan yang Sesuai

Pihak penyedia kredit tentu memiliki sebuah persyaratan sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kredit macet, yaitu tentu mengharuskan konsumer yang mengajukan kredit telah memiliki penghasilan tetap yang cukup (sesuai) dengan kredit yang diambil. Pendapatan anda dan pengeluaran pokok anda akan dihitung oleh tim survey, dan ini juga bisa menjadi salah satu alasan utama mengapa pengajuan kredit untuk membeli motor baru di tolak.

3. Persyaratan Tidak Terpenuhi

Persyaratan selalu ada disetiap jenis kredit, mulai dari fotokopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, slip gaji, NPWP atau lainnya. Setiap lembaga penyedia kredit memiliki standar persyaratan masing – masing. Apabila sala satu persyaratan yang diminta tidak terpenuhi atau tidak lengkap maka secara otomatis pengajuan kredit akan ditolak. Karena dianggap konsumer tidak layak untuk mendapatkan kredit.

4. Tidak Kooperatif

Tidak kooperatif berarti , anda tidak memberikan informasi data diri dengan lengkap dan jelas (tidak benar) saat tim survey melakukan wawancara kepada anda. Karena jika data tidak sesuai dengan hasil survey yang dilakukan maka anda dianggap sebagai konsumen yang berbahaya (bermaksud ingin menipu).

Demikian itulah beberapa alasan mengapa pengajuan kredit motor anda ditolak, sebaiknya anda mempelajari hal yang telah kami terangkan diatas sebelum anda mengajukan kredit. Semoga ini dapat membantu anda agar pengajuan kredit anda tidak ditolak.




Comments are closed.