5 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil untuk Para Karyawan

Tidak ada yang melarang para karyawan menjalankan usaha, justru itu lebih baik jika memang bisa dilakukan. Tapi banyak karyawan yang belum bisa memulai membangun usaha sendiri dengan alasan tidak memiliki modal yang cukup.

Padahal untuk menjalankan bisnis sampingan tidak harus memiliki modal besar, karena bisnis sampingan juga ada yang modalnya kecil. Namun, tidak disarankan meminjam modal ke bank karena jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani anda.

Bukannya mendapat penghasilan tambahan, namun justru membuat masalah baru bagi anda sehingga membuat anda stress dan pusing untuk mengembalikan pinjaman beserta bunganya. Untuk itu jika ingin memulai usaha sampingan, anda harus tahu bisnis apa yang ingin anda jalankan dan berapa uang yang anda punya.

Jika anda sudah menabung dari gaji bulanan yang anda dapatkan, silahkan hitung terlebih dahulu. Kamu memiliki 15 ide usaha yang bisa anda mulai dengan modal kecil. Berikut ini bisnis yang bisa anda jalankan dnegan modal 10 juta atau kurang :

1. Menjalankan Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis yang bisa anda jalankan salah satunya adalah menawarkan jasa laundry kiloan. Melihat sekarang ini banyak orang yang ingin serba praktis, termasuk dalam urusan cuci dan strika pakaian, apalagi jika seseorang itu sibuk sehingga lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan mensetrika pakaian mereka.

Anda bisa melirik tempat yang prospektif, tempat yang paling baik seperti tempat yang banyak karyawan atau mahasiswa. Karena kebanyakan dari mereka malas untuk mencuci pakaian sendiri sehingga jasa laundry banyak digunakan. Tak heran jika keuntungan yang didapat mencapai 20%.

Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis laundry yaitu cukup menyediakan uang Rp10 juta atau dibawahnya, karena yang anda butuhkan untuk membeli mesin cuci, strika, dan perairan. Jika memang anda tidak ingin menjalankan sendiri, maka anda bisa memperkerjakan orang lain dengan gaji Rp 500 ribu perbulan.

2. Menjual Isi Ulang Pulsa HP

Ide Bisnis selanjutnya yang bisa dijalankan oleh karyawan adalah menjual pulsa elektronik, anda bisa memanfaatkan relasi yang anda miliki. Jika memang memiliki tempat, anda bisa membuka konter didepan rumah. Untuk memulai bisnis pulsa anda bisa mendaftarkan diri menjadi keagenan pulsa dengan deposite awal Rp1 juta s/d Rp5 juta.

3. Menjual Aneka Kue

Jika anda atau istri memiliki hobi membuat kue maka ini bisa menjadi ide bisnis untuk anda. Anda bisa memaksimalkan dengan membuka toko aneka kue. Untuk memulai bisnis kue modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, anda cukup menyediakan uang 5juta sampai 10 juta maka sudah bisa jalan.

Baca Juga : Cari Uang Lewat Internet

4. Makelar Properti (Rumah atau Tanah)

Anda juga bisa mencoba untuk menjadi seorang makelar properti, tawarkan kepada teman kerja anda jika ada rumah atau tanah dilingkungan anda ada yang dijual. Tentu saja anda harus bekerjasama dengan pemilik rumah atau tanah, bahwa anda bersedia menawarkan tanah atau rumah yang dijual.

Untuk menjadi makelar properti tidak membutuhkan banyak modal dalam bentuk uang, yang dibutuhkan adalah kepercayaan. Anda bisa menjual tanah atau rumah dengan harga yang ditawarkan kemudian anda akan mendapatkan keuntungan komisi dari pemilik properti, atau anda bisa jual harga diatas harga jual.

5. Memulai Bisnis Cucian Motor atau Mobil

Bisnis selanjutnya yang bisa anda mulai dengan modal Rp10 juta atau bahkan dibawahnya adalah membuka jasa cucian motor atau mobil. Bisnis ini sangat prospek sekali, melihat pengguna kendaraan sekarang ini semakin banyak.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan anda yang dapat memberikan penghasilan tambahan. Dengan begitu ekonomi rumah tangga anda menjadi lebih stabil. Jika anda ingin memulai bisnis cucian motor maka anda perlu memiliki tempat dan mesin cuci steam atau anda bisa bergabung dalam waralaba cucian motor.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.