Hore Jadi Pemenang Undian Whatsapp!! Ternyata PENIPUAN

sms penipuan undian whatsapp

Banyak sekali modus penipuan undian berhadiah yang beredar melalui sms dan whatsapp, dan ternyata tidak sedikit orang yang menjadi korbannya karena mereka tergiur dengan hadiah yang dijanjikan para penipu.

Dalam isi pesannya disebutkan bahwa pemenang akan mendapatkan hadiah Rp75juta, Rp100juta, Rp125juta, Rp175juta dan lain sebagainya.

Apakah anda termasuk salah satu orang yang mendapatkan pesan sms undian berhadiah yang menyebutkan bahwa anda terpilih menjadi pemenang dalam sebuah program undian salah satunya undian whatsapp.

Perlu anda ketahui bahwa, Whatsapp tidak pernah mengadakan program undian berhadiah dalam bentuk apapun, artinya sms yang anda terima merupakan salah satu modus penipuan yang sering dilakukan.

Jangan terlalu senang jika mendapatkan pesan baik lewat sms maupun whatsapp yang menginformasikan bahwa anda terpilih menjadi pemenang undian whatsapp dan jangan sampai tergiur karena jika tidak waspada maka anda akan jadi korban berikutnya.

Modus penipuan undian berhadiah seperti ini sering terjadi, bukan hanya mengatasnamakan PT. Whatsapp Indonesia tapi juga mengatasnamakan perusahaan lain seperti shopee, telkomsel, indosat, olx, tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.

Kami sudah sering membuat sebuah ulasan yang berkaitan dengan penipuan undian berhadiah, namun ternyata masih banyak orang yang menjadi korban karena terlalu tergiur dengan hadiah yang disebutkan dalam pesan sms atau whatsapp.

Baca Juga: Modus penipuan undian berhadiah Lazada

Mekanisme Modus Penipuan Undian Whatsapp:

1. Penipu mengirimkan SMS/WA kepada calon korban, penipu mengirimkan pesan secara massal dan random dengan isi pesan yang menyebutkan bahwa “anda terpilih menjadi pemenang undian berhadiah” dan diminta untuk mengunjungi link dan menghubungi nomor yang tertera.

2. Jika korban menghubungi nomor penipu maka akan diminta untuk menyebutkan PIN pemenang yang akan di cocokan, padahal ini sebuah permainan saja. Dan pastinya akan cocok, dan anda disebut berhasil jadi pemenang.

3. Untuk pengambilan atau pencairan hadiah, maka pemenang harus mentransfer sejumlah uang sebagai biaya administrasi dan pajak ke rekening penipu.

4. Jika anda telah transfer uang maka anda sudah berhasil tertipu tahap 1, penipu akan mencoba menggerogoti uang korban dengan berbagai macam alasan, korban diminta untuk transfer uang lagi untuk ini dan itu.

5. Ketika terjadi perdebatan antara korban dan penipu, maka penipu akan langsung memblokir nomor korban sehingga korban tidak akan bisa langsung menghubungi penipu.

6. Penipu jadi pemenang dan anda jadi korban.

Seperti itulah kiranya rentetan modus penipuan yang terjadi, maka dari itu jangan tergiur dengan pesan sms berhadiah yang dikirim ke ponsel anda, karena memang semua itu 100% penipuan.

Contoh Pesan SMS Penipuan Undiah Mengatasnamakan Whatsapp:

Selamat No.Wa
Anda meraih
Hadiah Rp.175.jta
Pin. (WHA012)
Silakan cek
Pin anda klik.
bit.ly/whatsappjkt117

INFO resmi!!!
Dari PT.WHATSAPP INC
Selamat NO.Anda
M-dpatkan HADIAH
CEK TUNAI Rp.100jt,
PIN Anda (25CH547)
U/info Hadiah klik:
bit.ly/hadiah-whatsapp644

Dan masih banyak lagi format sms penipuan yang dikirim.

Kesimpulannya: 

Jangan terlalu senang dengan SMS yang menyebutkan bahwa anda terpilih jadi pemenang, dan jangan tergiur dengan hadiah yang disebutkan didalam SMS penipuan tersebut karena informasi tersebut adalah Hoax dan 100% penipuan.

Ketika anda mendapatkan SMS seperti yang telah kami sebutkan diatas atau sejenisnya maka langsung hapus saja dari hp anda, jangan biarkan sms tersebut bersemayam di hp karena bisa menganggu anda dan orang lain nantinya.

Leave a Comment