Perbedaan Endorse dan Paid Promote di Instagram

endorsement dindahw

Buat pemilik olshop tentu sering mendengar sebuah istilah dalam mempromosikan produk melalui akun instagram selebgram atau artis terkenal yaitu endorse dan paid promote.

Endorse dan paid promote memiliki tujuan yang sama tapi memiliki pengertian yang berbeda, buat kalian yang ingin mempromosikan produk melalui selebgram atau artis maka bisa memilih jenis promosi yang diinginkan.

Olshop dapat memilih mempromosikan produk secara endorse atau paid promote ke salah satu selebgram terkenal atau artis ternama, biasanya endorse biayanya lebih mahal dibandingkan dengan paid promote.

Pengertian Endorse di Instagram

Endorse atau endorsement merupakan sebuah teknik promosi berbayar yang paling efektif untuk menarik followers dan meningkatkan penjualan, kualitas promosi tergantung dari tingkat pengaruh selebgram atau artis yang digunakan.

Endrose berarti mengirimkan sebuah produk untuk dipromosikan ke seorang talent (model, artis atau selebgram) selanjutnya talent akan membuat foto / video menggunakan produk yang dikirimkan, produk yang dikirim biasanya akan menjadi hak milik si talent.

Nah selanjutnya, talent (artis atau selebgram) yang kalian pilih akan mempromosikan produk ke akun instagram mereka sendiri sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan yaitu FEED atau Instastory. Biaya FEED lebih mahal dibandingkan dengan Instastory dan Biaya promosi video lebih mahal dibandingkan FOTO.

Jadi, kalau kamu mempromosikan produk melalui artis atau selebgram dengan endorse maka kamu harus mengirim barang ke mereka untuk dipromosikan. Selanjutnya pilih layanan promosi sesuai dengan budget (jika budget tipis kamu bisa pilih promosi di story ig mereka saja).

Pengertian Paid Promote di Instagram

Paid promote memiliki arti yang berbeda dengan endorsement, tapi memiliki tujuan yang sama yaitu sama sama mempromosikan produk hanya saja anggaran yang dikeluarkan lebih murah daripada endorse karena tidak perlu mengirim produk dan biaya layanan lebih murah.

Sama hal nya dengan endorsement, foto atau video dipromosikan melalui akun instagram melalui FEED atau Instastory, jadi kami bisa pilih aja mau dipromosiin di FEED atau Instastory, seperti yang telah kami jelaskan biaya promosi FEED lebih mahal dari instastory.

Paid Promote (pp) yaitu pemilik usaha (produk) tidak mengirimkan produk, tapi mengirimkan foto produk dan materi yang siap untuk dipromosikan. Jadi, si pemilik akun instagram tugasnya hanya memposting ke promosi yang diinginkan yaitu di FEED atau Instastory.


Pilih Endorse atau Paid Promote dalam PromosiĀ 

Kalau ditanya soal memilih semua dikembalikan kepada masing-masing pemilik usaha, pertama disesuaikan dengan budget, karena akan ada hubungannya dengan biaya promosi.

Kalau dilihat dari sisi efek promosinya, endorsement lebih disarankan daripada paid promote, karena talent harus berfoto / membuat video menggunakan produk yang dikirim dan hasilnya lebih nendang. Itulah alasan mengapa harga dari promosi endorse lebih mahal dari paid promote.

Banyak olshop yang sukses menggunakan promosi endorse ke artis atau selebgram terkenal karena tingkat keberhasilan dari promosinya lebih tinggi, terutama untuk meningkatkan jumlah followers dan penjualan.

Keberhasilan produk juga dapat dipengaruhi dengan produk itu sendiri, bagaimana kualitas produk? khasiat produk? dan lain sebagainya, jadi anda harus pelajari itu semua sebelum melakukan promosi.

Apabila anda yakin produk anda diterima masyarakat luas maka barulah anda menyiapkan budget promosi untuk mempromosikan produk anda menggunakan endorse atau paid promote.

Lakukan promosi produk selama 1 minggu sekali, 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali, yang penting jangan tidak sama sekali. Karena promosi merupakan bagian dari bisnis yang tak boleh dilupakan oleh para pemilik usaha.

Leave a Comment