google trends

Gunakan Google Trends Untuk Mengetahui Daerah yang Banyak Membutuhkan Produk Tertentu

Saat ini bisnis online memang sangat menarik untuk terus dipelajari karena kita bisa menjangkau banyak orang di berbagai daerah yang ada di Indonesia, saya sendiri sudah berjualan online lebih dari 3 tahun melalui marketplace shopee.

Namun sekarang ada yang menarik untuk berjualan yaitu menggunakan marketplace facebook, kita bisa memposting produk yang kita jual dengan meletakan posisi munculnya produk di lokasi tertentu, kisa bisa menetapkan jualan kita di daerah yang kita inginkan.

Contoh: Saya menjual obat sakit gigi, kemudian saya cari di shopee produk sakit gigi yang paling ampuh dan mujarab, tentunya dengan pembelian yang paling laris.

Setelah menemukan produk yang laris di shopee maka saya pilih produk tersebut untuk saya order (stok dirumah), produk ini nantinya akan saya coba pasarkan melalui marketplace facebook dengan sistem pembayaran COD / Bayar ditempat.

Sistem pembayaran COD atau bayar ditempat merupakan cara paling baik untuk bisa meyakinkan calon pembeli yang akan membeli produk yang kita jual, biasanya 90% mereka akan membayar produk yang sudah dipesan dan 10% mengajukan pengembalian.

Namun sebelum saya memasarkan melalui marketplace facebook, saya melakukan riset terlebih dahulu daerah mana yang sering mencari obat sakit gigi menggunakan Google Trends, saya melakukan filter untuk pencarian 90 hari terakhir.

Contoh Gambar:

google trends
google trends

Perhatikan gambar diatas.

Dimana saya melakukan pencarian informasi menggunakan kata kunci “obat sakit gigi” menggunakan Google Trends untuk wilayah Indonesia dalam kurun waktu 90 hari.

Google menampilkan data bahwa ada beberapa wilayah populer yang melakukan pencarian obat sakit gigi, kalian bisa lihat tanda panah pada gambar diatas, terlihat bahwa Gorontalo dan Lampung merupakan daerah yang paling banyak mencari obat sakit gigi.

Setelah mengetahuinya, maka selanjutnya saya memasang iklan di marketplace facebook dan menempatkan iklan saya untuk muncul didaerah tersebut, dengan tujuan agar orang-orang Gorontalo dan Lampung yang sedang sakit gigi akan melakukan pemesanan.

Perlu diingat bahwa, tidak semua orang percaya dengan belanja online maka kita perlu menawarkan fitur bayar ditempat dengan begitu mereka akan langsung melakukan pemesanan karena tidak khawatir tertipu. 

Jika ada pertanyaan, anda bisa tuliskan di kolom komentar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.