buku tabungan tidak pernah diprint

Buku Tabungan Tidak Pernah Di Print

buku tabungan tidak pernah diprint

Ketika kita membuka rekening di bank maka akan diberi sebuah buku tabungan sebagai salah satu syarat ketika ingin tarik tunai lewat teller bank, buku ini juga akan memperlihatkan informasi keluar masuk uang pada rekening.

Didalam buku tabungan tertulis nomor rekening, nama pemilik rekening dan juga tanda tangan nasabah yang disamarkan, setiap kali hendak mengurus keperluan perbankan maka harus membawa buku tabungan ini.

Apakah buku tabungan harus di print setiap bulan?

Kita tidak perlu mengeprint buku tabungan setiap bulan, karena untuk melihat rincian transaksi selain menggunakan buku tabungan kita bisa menggunakan aplikasi mobile banking.

Buku tabungan hanya berisi beberapa lembar saja sehingga jika diprint setiap bulan maka dapat dipastikan buku akan cepat penuh dan perlu menukar buku yang baru dan itu dikenakan biaya tambahan.

Nasabah perlu membawa buku tabungan ketika akan transfer uang atau menabung melalui teller bank, setiap kali melakukan transaksi maka teller akan mengeprint buku tabungan dan yang diprint hanya periode waktu 1 minggu saja.

Tidak pernah print buku tabungan

Tidak akan ada dampak apapun terhadap rekening tabungan ketika nasabah tidak pernah print buku tabungan selama didalam rekening masih ada saldo dengan batas minimal biasanya Rp50.000

Artinya print buku tabungan hanya sesuai dengan keperluan saja, seperti:

  • melakukan setoran atau menabung
  • melakukan penarikan tunai di teller
  • mengecek transaksi yang masuk (jika tidak punya m banking)
  • cek saldo rekening terakhir tanpa ATM

Buku Tabungan tidak boleh hilang

Yang perlu nasabah perhatikan yaitu menyimpan buku tabungan ditempat yang aman dan jangan sampai buku ini hilang, karena jika nasabah akan kesulitan mengurus-ngurus keperluan seputar rekening seperti ganti kartu atm, tarik tunai lewat teller, setor tunai, dan lainnya.

Kalau buku tabungan nasabah hilang maka perlu membuat laporan kehilangan di kantor polisi terdekat, selanjutnya anda perlu membuat buku tabungan yang baru.

Buku tabungan menjadi  salah satu identitas penting sebagai syarat dan bukti kepemilikan suatu rekening tabungan, dan perlu anda tahu bahwa tanpa buku tabungan segala macam transaksi di kantor cabang tidak akan dilayani.

Leave a Comment

Your email address will not be published.