toko online penipu di instagram

Jangan Tergiur Harga Murah Bisa Jadi itu Penipuan Online

toko online penipu di instagram

Jangan tergiur harga murah bisa jadi itu penipuan online – Sosial media merupakan sebuah jaringan yang sering digunakan di Internet untuk saling berinteraksi, biasanya disarankan untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah kita kenal.

Sosial media yang sering digunakan adalah tiktok, instagram, facebook, twitter, dan whatsapp.

Ternyata sosial media tidak hanya digunakan untuk media komunikasi orang yang dikenal saja, sekarang ini sosial media juga kerap digunakan untuk bertransaksi jual beli online antara pembeli dan penjual.

Melihat peluang bisnis seperti ini tidak sedikit yang melakukannya bahkan juga menjadi ladang penghasilan bagi para penipu.

Penipuan online sering terjadi dengan modus jualan online dengan harga barang yang sangat murah, jika kalian menemukan toko online yang menawarkan harga murah yang tidak wajar maka jangan langsung tergiur untuk membelinya.

Contoh: Ada toko di instagram yang menjual hp iphone atau hp android dengan tipe terbaru dengan harga 1 juta.

Tentu hal ini tidak wajar dan beresiko terjadi penipuan, maka dari itu kalian jangan langsung melakukan transaksi dengan toko online yang menjual barang dengan harga murah seperti contoh yang telah kami sebutkan diatas.

Harga murah menjadi modus utama yang dilakukan para penipu untuk menarik minat pembeli, karena memang pasalnya banyak orang yang tergiur dengan iming-iming harga murah, harga diskon, harga promo dan lain sebagainya.

Penipu meminta pembeli untuk segera transfer uang dengan alasan stok terbatas, namun setelah uang ditransfer hal yang bakal terjadi adalah barang tidak dikirim, nomor wa diblokir, akun instagram berganti username, penjual tidak bisa dihubungi lagi.

Jika kalian sudah transfer uang ke rekening penipu maka modus penipuan tersebut berhasil dan kalian menjadi korban, uang yang sudah ditransfer sangat kecil sekali kemungkinannya bisa kembali walaupun kalian sudah melaporkan ke bank.

Ciri-ciri toko online penipu :

1. harga murah tak wajar

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa harga murah menjadi modus utama yang dilakukan penipu.

Harga murah menjadi kata kunci yang sering banyak dicari para pembeli saat ingin membeli barang secara online tanpa mempertimbangkan kebenarannya, pembeli buru-buru transfer sebelum kehabisan.

namun setelah uang ditransfer justru menjadi korban penipuan.

2. stok barang terbatas

Setelah harga murah biasanya penipu akan menyebutkan bahwa stok terbatas, hal ini dilakukan untuk memberikan stimulus kepada calon pembeli untuksegera melakukan transfer uang agar tidak kehabisan.

Kalau kalian bisa memastikan toko tersebut bukan toko penipuan maka stok barang terbatas bukan jadi ciri-ciri utama, namun jika harga yang ditawarkan murah maka lebih baik untuk ganti toko saja.

3. tidak melayani transaksi offline di toko fisik

saat kalian menemukan toko online di instagram, tanyakan dimana keberadaan toko fisiknya dan minta untuk transaksi offline.

Jika toko menolak dengan alasan hanya melayani online saja maka bisa dipastikan toko tersebut penipuan, karena memang penipu tersebut tidak memiliki toko fisiknya.

4. akun sosial media palsu

Untuk mengidentifikasi akun toko online palsu milik penipu adalah melihat perbandingan antara jumlah follower dan interaksi yang terjadi.

Jika follower banyak namun tidak ada komentar (atau sedikit) maka bisa dimungkinkan akun tersebut penipuan, follower banyak bukan jadi patokan utama karena follower di instagram bisa di beli dengan mudah.

5. bukti transaksi palsu dan testimoni palsu

para penipu memang cukup mahir untuk membuat bukti-bukti mulai dari bukti transfer dan bukti testimoni dari para pembeli.

penipu melakukan teknik editing terhadap bukti transfer atau memang menggunakan bukti transfer dari para korban, tak hanya itu penipu jugakerap menggunakan testimoni dari toko online lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.