Memulai Usaha Menjahit dengan Modal Rp 5 Juta

Bisnis Menjahit

Memiliki usaha sendiri itu penting bahkan menjadi suatu keharusan, walaupun memang anda atau suami anda telah bekerja di sebuah perusahaan. Berbagai jenis bisnis bisa anda jalankan mulai dari bisnis kuliner, bisnis produksi ternak, atau yang usaha konveksi (menjahit).

Untuk memulai sebuah bisnis tentu ada hubungan dengan modal, anda bisa menggunakan modal dari hasil tabungan yang anda simpan atau bisa juga mengajukan kredit pinjaman bank. Apalagi sekarang mengajukan pinjaman syarat nya mudah, bahkan bisa meminjam tanpa harus memberikan jaminan.

Salah satu bisnis yang menjanjikan yaitu bisnis konveksi atau jahit – menjahit. Bagi anda yang memiliki keterampilan menjahit, maka bisa dikembangkan menjadi ladang bisnis. Lagi pula memulai bisnis jahit ini modal awal tidak terlalu besar, hanya dengan modal Rp 5 juta saja sudah bisa jalan.

Sebagai Rincian, jika anda memiliki uang Rp 5 juta dan ingin memulai bisnis jahit. Apa saja yang perlu dipersiapkan dengan modal tersebut? Anggap saja anda ingin bekerja di rumah, jadi tidak perlu membuat anggaran untuk menyewa tempat.

Modal awal yang harus dikeluarkan antara lain:

  • – Mesin jahit = Rp 3 juta
  • – Benang dan jarum = Rp 100 ribu
  • – Perlengkapan Jahit = Rp 200 ribu (ritsleting,meteran baju, penggaris dll)
  • Total Rp 3,3 juta

Simulasi pemasukan yang bisa diperoleh:

Biaya atau Ongkos jasa menjahit berbeda disetiap tempat, namun kami akan memberikan simulasi dengan jasa menjahit standar yaitu misalkan sebesar Rp 150 ribu perjahitan, dalam 1 minggu anda dapat menerima pesanan dan menyelesaikan 10 jahitan maka keuntungan yang akan didapat dalam sebulan sebagai berikut :

Rp 150 ribu x 10 = Rp 1,5juta / minggu

Rp 1,5 juta x 4 minggu = Rp 6 juta

Itu hanya simulasi sederhana, anda bisa kalikan saja dengan pesanan yang dapat diselesaikan. Jika memang pesanan anda sudah mulai banyak dan kwalahan, anda bisa menambah aset bisnis dan mulai  bisa mempekerjakan para penjahit di rumah. Dengan sistem gaji bagi hasil per jahitan, dengan begitu anda akan bisa memperoleh keuntungan yang besar. Disisi lain anda juga memberikan kesejahteraan bagi oranglain dengan memberikan lapangan kerja.




Silahkan Tinggalkan Komentar