5 Kekurangan Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bank

Kredit Tanpa Agunan

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, merupakan salah satu produk pinjaman yang ditawarkan bank kepada masyarakat yang sedang membutuhkan uang pinjaman. Program ini banyak diminati karena nasabah tidak harus memberikan jaminan untuk meminjam uang.

Mudahnya mengajukan pinjaman melalui KTA, jangan sampai anda terlenan dengan hutang / pinjaman dari bank ini. Karena disamping memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan anda, KTA juga memiliki kekurangan (dampak) yang perlu anda ketahui.

Kekurangan dari KTA ini mungkin dapat memberikan gambaran kepada anda dalam mengambil keputusan, apakah anda benar-benar harus mengajukan KTA atau jenis kredit lainnya. Berdasarkan kutipan dari Cermati.com ada beberapa kekurangan pada program kredit tanpa agunan ini, maka simak beberapa penjelasannya.

1. Yang nama nya pinjam uang di Bank tentu ada istilah yang namanya Bunga. Apalagi pinjaman tanpa jaminan atau banyak orang yang menyebutkan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Bunga pada produk KTA biasanya lebih tinggi bila dibanding kredit pinjaman yang ada jaminannya. 

2. Selain suku bunga besar, nasabah yang mengajukan pinjaman KTA dituntut untuk segera mengembalikan uang pinjaman tepat waktu. Bahkan jangka waktu pinjaman tanpa agunan ini relatif lebih singkat antara 1 tahun – 2 tahun. Anda dapat menghitung kemampuan anda (antara pendapatan dan pengeluaran). Jangan sampai anda sudah terlanjut mensetujui KTA padahal pendapatan dan pengeluaran anda tidak seimbang.

3. Maksimal dana yang diberikan dari pengajuan KTA adalah tidak lebih dari Rp 50 juta, karena bank juga tidak ingin mengambil resiko terlalu besar. Dengan pinjaman maksimal Rp 50 juta dalam kurun waktu maksimal 2 tahun, tentu akan berpengaruh juga pada suku bunga. Jika anda perlu modal hanya dibawah Rp 50 juta maka bisa mengajukan pinjaman melalui KUR Bank BRI

4. Anda jangan merasa pinjaman yang diberikan kecil, perlu diketahui bahwa bank telah menghitung secara kalkulasi untung dan rugi yang kebanyakan bank akan untung. Walau pinjaman yang diajukan kecil bukan berarti anda terlalu santai dalam membayar kredit, justru bank akan terus memberikan penagihan kepada anda, bahkan tidak segan mengutus det collector untuk membawa kredit KTA anda keranah hukum jika anda tidak memenuhi tanggung jawab sebagai peminjam.

5. Bank memiliki hak untuk membawa kasus ketidak mampuan nasabah melunasi tagihan ke ranah hukum dengan mengajukan gugatan. Ini artinya nama Anda juga berpotensi untuk masuk ke dalam Daftar Hitam BI dan Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit di kemudian hari karena riwayat kredit Anda tidak baik.

Demikianlah poin penting dari sisi kekurangan KTA yang perlu diperhatikan, sehingga anda dapat memutuskan seberapa penting mengajukan KTA, jangan sampai anda tidak sadar justru nantinya akan terlilit hutang bank yang tak kunjung selesai sehingga dapat membuat rencana dan pengelolaan keuangan anda menjadi berantakan.



Silahkan Tinggalkan Komentar