Membuka Usaha Laundry Kiloan dengan Modal Rp 4 juta

Bisnis Laundry Kiloan

Banyak usaha yang bisa dijalankan selama memiliki modal usaha, modal tidak harus besar salah satunya ketika anda ingin membuka sebuah bisnis Laundry Kiloan. Untuk memulai bisnis ini pertama kali yang perlu anda siapkan yaitu tempat untuk mulai usaha.

Kami menyarankan cari tempat yang dekat dengan kampus atau kos – kost san mahasiswa. Karena sudah dipastikan banyak mahasiswa yang sibuk dengan tugas nya atau memang malas mencuci sendiri maka mereka akan menggunakan jasa laundry untuk mencuci baju nya.

Modal awal untuk membuka usaha laundry paling tidak anda telah menyiapkan dana Rp 4 juta. Jika tidak mempunyai modal anda bisa mengajukan pinjaman BRI dengan menjaminkan STNK sepeda motor yang anda miliki.

Untuk apa saja sih Modal 4 juta itu? Baiklah kami akan coba rincikan rincian penggunaan dana untuk membuka bisnis usaha. Tentu anda perlu membei mesin cuci, pilih mesin cuci standar saja. Jika memang punya uang lebih maka beli mesin cuci yang bagus sekalian. Berikut rincian anggarannya :

 

  • Mesin cuci+pengering: Rp 3 juta
  • Seterika 2: masing-masing Rp 200 ribu
  • Timbangan: Rp 200 ribu
  • Deterjen dan pewangi: Rp 200 ribu
  • Lain-lain, misalnya nota, ember, dan jepitan plus penggantung jemuran: Rp 200 ribu

Total: Rp 4 juta

Perhitungan keuntungan dengan rata-rata order cucian baju 20 kilo pakaian per hari dan tarif Rp 5 ribu per kilo (sudah setrika), maka pemasukan sebulan: (20 kilo x Rp 5 ribu) x 30= Rp 3 juta . yang perlu diperhitungkan juga adalah penggunaan mesin apakah 1 mesin cuci cukup untuk melayani semua order. Pertimbangkan juga apa perlu mempekerjakan pegawai buat seterika.