Penjelasan Kredit Usaha Mikro dan Kecil (KUMK) Milik Bank BTN

Pinjaman Modal Usaha Mikro dan Kecil

Bagi anda yang memiliki masalah dengan permodalan dalam pengembangan usaha mikro kini tidak perlu khawatir lagi untuk itu, karena anda bisa mendapatkan modal usaha dengan mengajukan pinjaman ke bank BTN. Bank BTN menawarkan produk pinjaman untuk usaha mikro dan kecil yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan usaha anda.

Produk tersebut disingkat menjadi KUMK (Kredit Usaha Mikro dan Kecil). yaitu sebuah produk pembiayaan yang dapat digunakan untuk modal kerja atau investasi ada sektor usaha kecil, mikro dan menengah. Pengajuan pinjaman dengan jangka waktu 3 tahun (modal kerja) dan 5 tahun (untuk investasi).


Untuk mengajukan pinjaman KUMK ini, anda dapat datang ke kantor cabang bank BTN dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan termasuk menyerahkan agunan atau jaminan. Agunan yang dapat diberikan yaitu Usaha yang sedang dibiayai atau berupa aset tetap (rumah atau tanah), atau bisa juga barang bergerak (seperti motor dan mobil).

Pastikan semua syarat dan ketentuan termasuk memberikan jaminan tersebut telah anda ketahui dan anda lengkapi agar pinjaman dapat di setujui. Anda dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha mikro dan kecil dengan pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 500 juta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun lengkapnya sebagai berikut :

Maksimal kredit

  • Mikro – Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah)
  • Kecil – Rp. 500.000.000,- (Lima ratus juta rupiah

Self Financing

  • KUMK, modal kerja 20%
  • KUMK, investasi 25%