Penjual Menolak Pembatalan Pesanan di Shopee

pengajuan pembatalan pesanan shopee
pengajuan pembatalan pesanan shopee

Belanja di shopee terbilang sangat mudah, kita tinggal mencari barang yang ingin kita beli dan kemudian bayar sesuai dengan total pembayaran, pembeli dalam melakukan pembayaran melalui berbagai metode seperti cod, bank transfer, atau lewat indomaret atau alfamart.

Setelah barang berhasil dibayar, maka penjual akan langsung mengemas dan mengirimkan pesanan ke alamat penerima.

Pengiriman barang yang kita pesan di shopee akan di antar menggunakan kurir yang dipilih pada saat checkout, ada beberapa jenis ekspeidsi yang dapat kita gunakan saat belanja online seperti jnt, jne, sicepat, id express, ninja express dan lainnya.

Bagaimana Cara Melakukan Pembatalan di Shopee

Pembeli dapat membatalkan pesanan yang dibeli di shopee, namun pembeli harus mengetahui beberapa hal sebelum mengajukan pembatalan karena tidak semua pembatalan berhasil.

1. Status Barang masih belum dibayar

Apabila barang yang di pesan belum dibayar maka pembeli dapat langsung membatalkan pesanan melalui halaman pesanan tersebut di aplikasi shopee, klik batalkan pesanan.

Pesanan tersebut akan langsung dibatalkan tanpa menunggu persetujuan penjual.

2. Status Pesanan sudah dibayar

Apabila pesanan sudah di bayar maka pembeli dapat mengajukan pembatalan melalui halaman pesanan tersebut dibagian paling bawah, klik batalkan pesanan lalu pilih alasan mengapa membatalkannya.

Perlu diketahui bahwa, pengajuan pembatalan terhadap pesanan yang disudah dibayar perlu mendapatkan persetujuan dari pihak penjual maka dari itu kita harus menghubungi penjual untuk menyetujui pembatalan yang kita ajukan.

Jika penjual menyetujuinya maka pesanan akan dibatalkan dan uang yang sudah dibayar akan dikembalikan ke saldo shopeepay, begitu juga ketika penjual tidak menjawab pengajuan maka pembatalan akan dilakukan otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan.

Namun, Perlu dikethaui juga bahwa penjual berhak menolak pengajuan pembatalan dan tidak semua penjual akan menyetujui pengajuan pembatalan dari pembeli.

3. Status Pesanan sudah dikirim

Ketika pesanan anda sudah berubah statusnya menjadi dikirim maka pesanan tersebut tidak bisa lagi dibatalkan, pesanan akan dikirim ke alamat anda dan anda harus menerima nya.

Alasan Penjual Menolak Pengajuan Pembatalan

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa tidak semua penjual akan menyetujui pengajuan pembatalan yang di ajukan oleh pembeli, tentu ada alasannya mengapa mereka menolaknya.

  • Barang yang dipesan sudah dikirim (tunggu update resi)
  • Penjual sengaja tidak mau membatalkannya

Berikut adalah penjelasannya pertama:

  • Penjelasan 1

Ketika penjual menolak pengajuan pembatalan kalian bisa tanyakan langsung kepada penjual, biasanya penjual telah mengantarkan paket ke pihak ekspedisi, hanya saja status pesanan di shopee belum berubah menjadi dikirim karena perlu mengunggu update resi.

Kalau pesanan sudah dikirim ke kurir maka penjual akan menolaknya.

Kemudian penjelasan kedua:

  • Penjelasan 2

Ada kalanya penjual sengaja menolak pengajuan pembatalan, bukan karena pesanan sudah dikirim melainkan memang penjual tidak mau pesanan tersebut batal. Sudah tentu, jika pesanan dibatalkan penjual akan gagal mendapatkan keuntungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda.

Jika ada pertanyaan maka bisa tuliskan di kolom komentar, apabila ada waktu sempat kami akan membalas pertanyaan anda.

21 thoughts on “Penjual Menolak Pembatalan Pesanan di Shopee”

  1. Bagaimana kalau kita membatalkan pesanan tapi di status barangnya masih di kemas bukan di dalam status pembatalan?

  2. Saya transaksi tgl 17 jam 4 sore ,tapi sampai tgl 20 jam 8 malam status masih dikemas. Padahal aturanya sebelum tgl 19 penjual harus mengirimkan barang ,waktu saya cansel penjual menolak terus ini gimana kak…..makasih

  3. Kalau kits sudah mengajukan pembatqlan dan dari pihak penjual tidak menerimanya apakah pesanan itu akan batal dengan cara otomatis

  4. ketika saya membatalkan pesanan dan sudah disetujui oleh si penjualnya, namun barang tetap dikirim oleh si penjual bagaimana mengenai pembayarannya? karena pembatalan juga sudah disetujui sendiri oleh penjual namun keesokan harinya barang tersebut kok tetap dikirimkan.

  5. Ketika pesanan sudah di batalkan dan telah dikirim ke alamat kita, tapi sebelumnya sudah di batalkan, bolehka kita menolak pesanan yang telah sampai?

  6. Saya mengajukan pembatalan tp belum di konfirmasi penjual,apakah uang saya akan tetap di kembalikan ke saldo shopeepay secara otomatis?

  7. Pesanan sudah saya batalkan, to penjual tak menyetujuinya. Posisi masih dikemas sdah 8 hari. Apa brang sgera dkrimkan

  8. Sy mau kensel pesanan yang masih di kemas tapi kok gk bs ya,, gk segaja aja kepencet belom slesai memilih produknya,, gmana solusinya tu,,?

  9. Bagaimana kalau kita mengajukan pembatalan dishopee lalu penjual menolaknya, kita sudah chat jangan dikirim malah dikirim juga.
    Dan ketika sampai dirumah kita tolak, apakah uang akan kembali?

  10. Saya ingin membatalkan pesanan saya karena penjual tidak jujur dengan stok yang ada. Awalnya bilang masih ada setelah saya bayar baru bilang kalo barang yang saya inginkan kosong dan diganti dengan yang lain. Setelah melakukan pembatalan malah ditolak. Solusinya bagaimana ya?

  11. Sy sdh bayar tp tdk dikirim2 lalu ajukan pembatalan tp penjual.menolak n brg blm jg dikirim, smtra sy mau batalkan sj…bagaimana ini…

  12. Saya pesan yang pertama itu dibatalkan dan yang kedua saya pesan lagi dan ternyata yang pertama itu di tolak pembatalan oleh penjual nya gimana saya sudah chat penjual nya tapi tidak merespon

  13. Saya beli barang d medan salah alamat , saya sudah pencet pngajuan pmbatalan dan konfirmasi ke seller buat pmbatalan dr awal sblm d proses …

    Eh mlm ny sy liad pngajuan pmbatalan sy d tolak dan pesanan ttp d proses… Saya chat seller katanya karena saya tdk order ulang jd mreka mnolak pmbatalan sy , lahhh org alamat ny blm saya dapetin dr yg order..

    Sy blg ga ush d kirm tp mreka ngotot kirim, kesel bgt dan saya lapor cs mnta tndak lnjut, smoga bs d tndak lanjuti dan d btalkan karna sellernya maksa bgt ga bs d ak ngomong baik2

  14. Saya sudah membatalkan pesanan pada sebelumnya saya sudah cek bahwa penjual belum selesai mengemas barang, pada hari itu saya memesan pada hari itu juga saya menolak karena uang saya sudah digunakan untuk keperluan kuliah…, namun di waktu malam saya malah melihat notifikasi bahwa penjual menolak pembatalan saya… saya takut penjual memang memaksa saya untuk menerima barang tersebut, bagaimana cara saya menolaknya?

  15. Saya sudah membatalkan pesanan saya di shopee tapi penjual menolak pembatalan saya saya takut penjual memaksa saya untuk menerima barang tersebut bagaimana cara saya menolaknya

Leave a Comment