5 Hal Yang Membatalkan Pesanan COD Shopee yang sudah dikirim

cara membatalkan cod shopee

Shopee menyediakan berbagai metode pembayaran untuk belanja online, mulai dari transfer bank, bayar di indomaret, kredit menggunakan kredivo dan yang paling banyak disukai yaitu COD atau Bayar ditempat.

COD merupakan singkatan dari cash on delivery, dimana pembeli dapat melakukan pembayaran setelah barang yang dipesan sampai dirumah, bayar langsung ke kurir ekspedisi yang mengantarkan paket pesanan.

Metode pembayaran ini banyak disukai karena tidak perlu repot-repot transfer uang, cukup pesan saja maka barang akan langsung dikirim oleh penjual pada hari itu juga.

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee

Perlu anda ketahui bahwa, Pesanan COD di shopee bisa dicancel ketika belum dikirim oleh penjual, kalian dapat mengajukan pembatalan melalui aplikasi shopee dan perlu mendapatkan persetujuan dari si penjualnya.

Namun, jika penjual menolak pengajuan COD yang anda lakukan maka paket pesanan akan tetap dikirim ke alamat yang telah anda masukan pada saat proses checkout.

Jika memang pesanan belum dikirim, sudah seharusnya penjual menyetujui pembatalan cod yang anda ajukan tapi banyak penjual yang menolaknya.

Alasan penjual menolak pengajuan pembatalan cod :

  1. Barang sudah dikirim tapi shopee belum update
  2. Barang belum dikirim agar pesanan tetap berlangsung dan produk laku terjual.

Hal yang membatalkan COD :

Pesanan yang statusnya sudah dikirim maka pembeli tidak bisa membatalkan atau cancel pesanan, barang akan tetap dikirim ke alamat pembeli.

Pastikan anda berada di rumah agar paket yang dikirim secara COD dapat diterima dan harus anda bayar, tapi kalau memang anda sebelumnya sudah mengajukan pembatalan pada saat barang belum dikirim tapi ternyata di tolak oleh penjual maka anda bisa menolak pesanan cod ketika sampai.

Pembeli juga perlu memahami mengenai etika belanja online:

Jika memang sebelumnya anda tidak mengajukan pembatalan sebelum paket dikirim maka sepantasnya anda (sebagai pembeli) menerima paket yang dikirim secara COD tersebut. Solusi yang disebutkan dibawah ini hanya ditujukan bagi pembeli yang menjumpai penjual yang tidak ramah terhadap pembeli. 

Inilah beberapa hal yang membatalkan pesanan cod shopee yang sudah dikirim:

  1. Pembeli Bilang kekurir secara baik baik bahwa cancel pesanan
  2. Pembeli Pergi dari rumah pada saat barang datang
  3. Pembeli cancel order dengan alasan tidak ada uang
  4. Penerima cancel order dengan alasan bukan anda yang pesanan
  5. Pembeli cancel order bahwa barang tidak sesuai pesanan

Membatalkan pesanan adalah hak pembeli dan menjadi salah satu resiko penjual, jika tidak ingin di tolak seharusnya penjual menyetujui pengajuan pembatalan sebelum dikirim, dan disarankan untuk menonaktifkan COD.

Tidak ada cara lain untuk membatalkan pesanan COD kecuali yang telah kami sebutkan diatas, dan terkadang ada kurir yang menolak cancel pesanan karena mereka tidak ingin menanggung resiko membawa paket COD.

Perlu anda ketahui bahwa pembeli tidak boleh membuka paket sebelum melakukan pembayaran ke kurir, paket akan diberikan setelah pembayaran COD dilakukan.

Barang pesanan COD yang di cancel akan dikembalikan ke penjual, pembeli dan penjual tidak menanggung ongkos kirim nya.

Jika anda membatalkan pesanan COD yang telah dikirim hingga 3 kali maka akun shopee anda tidak bisa melakukan belanja online menggunakan metode pembayaran COD ini lagi.

Tips Buat Penjual yang Mengaktifkan COD

  • Hubungi Pembeli untuk Konfirmasi Ulang sebelum mengirim Pesanan
  • Pastikan Pembeli tidak Mengcancel Pesanan tersebut

45 thoughts on “5 Hal Yang Membatalkan Pesanan COD Shopee yang sudah dikirim”

  1. Saya menolak pesanan karena saya sudah membatalkan pesanan sebelum penjual memproses nya. tapi penjual tetap ngotot buat ngirim pesanan nya. Karena itu hak saya sebagai pembeli. Menurut saya tidak apa-apa jika saya menolak pesanannya.

  2. Cara membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah dikirim paling efektif ya nggak usah pesan dari awal. Kalo udah pesan ya artinya udah setuju, udah dipertimbangin matang-matang, klo udh pesen ya harus tanggungjawab dong. Ya kurang lebih sama lah kayak pesen g*food abis itu abangnya dicancel.
    Disini penjual ga cuma rugi di packing, tapi barang yang dicancel juga belum tentu bisa kejual lagi. Ini ga cuma ngerugiin penjual, tapi ngerugiin kurirnya juga. Udah capek” dateng ke lokasi, eh nolak bayar ato pura-pura gaada di rumah.

  3. Saya melakukan pesanan dari tgl 26 dan hari itu jga di jemput oleh kurir shopee standard ekspres..5 hari kmudian paket tiba dimanado dari jakrta yaitu tgl 1 dan pada hari yg sama paket udah di kurir untuk pngantaran ke almat yg dituju..namuun..sampai hari ini tgl 10 status tidak berubah dan tetap dlm pengantaran kurir..saya ingin membatalkan pesanan saya karena saya anggap ini sdh terlalu lama..tapi tidak tau carax gmna..

  4. Saya juga, saya akan membatalkan pesanan saya karna sudah terlalu lama, pesanan tanggal 24 November dan sekarang tanggal 11 Desember barang ga datang2 juga, dan saya tidak akan menerimanya lagi karna sudah terlalu lama saya menunggu, itu pesanan teman saya tapi teman saya tidak mau bayar lagi karna sudah lama menunggu, saya kecewa pakai shopee exsperss standard. Sudah 2 minggu lebih dan saya sangat kecewa pakai ekspedisi tersebut. Lebih baik pakai JNE, J&T.

  5. Pembeli juga manusia mba.. Intinya penjual dan pembeli harus jujur dan terbuka satu sama lain.. Ada juga penjual yang susah dihubungi, tidak komunikatif dengan pembeli. Barang yang diminta pembeli habis langsung diganti barang lain tanpa konfirmasi terlebih dahulu.. Itu juga merugikan pembeli. Namun pembeli ada juga yang semau-maunya saja.. Solusinya penjual dan pembeli wajib jujur dan amanah, insyaallah berkah.

  6. Lucu sekali mba nya, ” cara membatalkan pesanan yg sudah di kirim paling efektif ya ngga usah pesan dr awal” udah di pesan dan di kirim, terus di suruh ga usah beli, lah udah di pesan dan di kirim. Mau pakai time travel seperti di film”, ngulang waktu kembali ke masa lalu? Masalah barang itu tanggung jawab kurir sama seller, jadi kalo barangnya lama sampenya, mau di salahin juga pembelinya?

  7. Saya juga mau tolak pesanan COD saya, Karena pengemasan lama, alasan petama blg overload, alasan ke 2, barangnya losing, tapi kenapa, dibuatkan resi? Saya ajukan pembatalan ditolak dan ngotot ngirim packet, dan sampai akhirnya saya sudah pindah rumah.

  8. Beberapa (banyak) pembeli dengan metode COD tidak ada tanggungjawabnya dan etikanya. Karena merasa tidak ada beban pembayaran didepan, kadang2 mereka iseng saja asal order barang, masalah bayar gimana nanti. Ada uang ya di bayar, tidak ada uang, ditolak saja. Yang paling bikin serba salah penjual ketika menerima order dari pembeli yang alamatnya tidak jelas. Dikirim pun 90% gagal alias cancel, tidak dikirim (ditolak) penjual yang kena penalti marketplace. Marketplace pun tidak ada solusinya untuk masalah ini. Sama2 brengseknya!. Buka COD salah (resiko tambah gede), gak buka COD kurang laku. Mending kaya dulu aja, marketplace udah aja kembali ke jalan yang benar. Fasilitasi sebagai perantara perdagangan yang adil antara penjual dan pembeli. Tidak perlu ada COD..CODan. Kalau dipikir2 lagi.. perusahaan kurir pun juga menanggung kerugian harus nombokin ongkir dari order yang gagal gara2 pembeli brengsek main asal tolak barang saja, atau sengaja meninggalkan tempat/rumah sehingga kurir tidak bisa menagih pembayaran.

  9. Saya sudah melakukan pembatalan pembelian, tapi dengan penjual ditolak. Kemudian saya sudah chat penjual untuk tidak mengirimkan barang tersebut sebelum tanggal pengiriman agar dibatalkan otomatis. Saya membatalkan pesanan karena menurut saya ongkir terlalu besar tapi langsung ditolak pembatalan pesanan saya. Barang kemudian dikirimkan oleh penjual, terkesan memaksakan penjualan itu. Sebenarnya tidak tega kalau mengembalikan brang tersebut pas kurir datang. Tapi penjualnya harus mengerti dengan keadaan itu dan menangapi penjelasan dari pembeli

  10. Kalau pesanan masih dalam status pengemasan dan dikirimnya lusa apakah bisa dibatalkan? Terus itu kok ada tulisan pengembalian dana via shope pay..padahal kan metode saya cod. Yang tau tolong jawab ya :)

  11. Saya sudah melakukan pembatalan pembelian, tapi dengan penjual ditolak. Kemudian saya sudah chat penjual untuk tidak mengirimkan barang tersebut sebelum tanggal pengiriman agar dibatalkan otomatis. Saya membatalkan pesanan karena menurut saya ongkir terlalu besar tapi langsung ditolak pembatalan pesanan saya. Barang kemudian dikirimkan oleh penjual, terkesan memaksakan penjualan itu. Sebenarnya tidak tega kalau mengembalikan brang tersebut pas kurir datang. Tapi penjualnya harus mengerti dengan keadaan itu dan menangapi penjelasan dari pembeli

  12. Saya sudah minta batalkan. Tp mereka tidak bisa. Sebenernya bisa. Karna kalau tidak dikirim kan otomatis dari shoppe yg batalkan. Jadi kalau barang nya datang tidak saya terima apa kah bisa ?

  13. ini terjadi dengan akun saya yang di hack .. tiba-tiba ada notif kalau ada pembelian beberapa barang dengan jumlah nominal lumayan besar untuk dikirim ke luar daerah dengan system pembayaran cod.. mengetahui bahwa akun saya dihack, wajar dong saya langsung melakukan pembatalan pembelian khawatir nanti tagihan masuk ke akun saya. Saya kemudian chat seller tersebut menerangkan bahwa akun saya di hack.. tapi seller yang kemungkinan adalah komplotan si hacker/penipu tidak mau membatalkan pesanan.. dan tiba-tiba akun saya logout karena sudah diganti pasword oleh si hacker.

    kalau sudah seperti ini harus segera lapor ke cs shopee segera sebelum barang dikirim, supaya bisa dibatalkan lewat system.. cs shopee juga fast respon.. intinya jangan panik, dan lakukan segala cara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan..

  14. Anak saya umur 7 tahun tidak sengaja memesan beberapa barang dari luar negeri ketika saya tidur dia memainkan hp dan mengakses aplikasi belanja onlen saya, dia memesan barang dari 4 tempat berbeda dan totalnya sekitar 1,2jt sistim cod,, pemesanan tgl 4 dan saya baru tahu tgl 7 apakah saya bisa membatalkannya ketika kurir datang 😢

  15. Saya tidak sengaja memesan produk dengan Sistem COD. Tapi setelah itu saya langsung membatalkannya tapi di tolak oleh si penjual padahal produk tersebut belum di kirim masih di kemas. Jika produk tersebut masih di kirim dan sampai, boleh kan saya menolak paket tersebut?

  16. Saya membeli suatu barang nah penjual mengkonfirmasi seperti ini untuk motif itu sudah habis anda bisa membatalkan pembelian atau memilih motif lain, nah saya bilang saya mau batal aja min sudah di batalkan di Shopee malah ditolak pembatalan udah di cht cht ga di balas 2hari kemudiam malah langsung dikirim barang nya mana barangnya besok lagi dateng jadi saya berhak ga membatalkan pesanan tersebut?

  17. Saya juga hari ini mau membatalkan pesanan, padahal pesanannya belum di packing baru saya batalkan tp pihak penjual menolak dan barangnya tetap dikirim,, saya juga udh cht penjualnya untuk minta maaf tp tidak di respon, setelah barang sampai GK ppa kan kita tolok barangnya, karna awalnya juga kita udah cansel tp tetep dikirim.

  18. Aku juga mau batalin orderan yang sengaja ter chekout. Baru 1 menit lngsung saya batalin, tapi seller nya gamau batalin dan tetep diproses sesuai pesanan katanya. Jadi pengajuan pembatalan saga di tolak. Lalu klo barang datang, saya ttep boleh menolak/membatalkannya kan

  19. Saya barusan ceritanya salah cekout trus langsung aku batalin,,terus ganti pesenam yang aku mau pas udah cekout eh si penjualnya nolak batalin,udah di hub penjualnya gak direspon tau² ada notif barang sedang dalam pengiriman 22 nya 🙄,,bisa di cancel kan salah satu nya klo barangnya Dateng nanti 🙏

  20. Saya sudah mengajukan pembatalan tapi gk di balas,trus besoknya baru di balas pembatalan di tolak dan Barang sudah di kirim bolehkah ketika barang datang saya menolak dan mengembalikannya

  21. Semestinya prosedurnya barang sampe dan dibuka kalo barang sesuai pesanan baru dibayar itu baru namanya CENGLI tdk selamu pembeli yg dirugikan Krn kadang penjual seenaknya ngirim barang yg tdk sesuai dgn diskripsi barang yg dibeli.

  22. Saya mau membatalkan pesanan,,,krn anak saya yg pesan,,nggak punya uang utk bayar 😥😥bagaimana caranya ya?

  23. Pokok jelek lah shopee sudah dibatalkan Krn alamat salah dan mulai beli lagi untuk kirim ke alamat bener malah tetap dikirim padahal sudah dibatalkan dan tulisannya pembatalan lah kok malah tiba tiba dikirim…

  24. Saya membeli dengan sistem cod, katanya estimasi paket diterima pada 27 mei. Tgl 19 mei, paket itu udh sampai dikota saya, jadi saya tinggal tunggu sampai paket itu dikirim ke rumah. Paket itu punya saya dan alamatnya sengaja saya letakin di rumah sepupu saya, uang yg akan diberikan ke jnt udh saya kasih ke sepupu saya, dan barusan saya chat ke sepupu saya “barangnya udh sampai blm?” Trs katanya “ga ada yg ngirim paket kerumah.” Trs saya langsung cek di apk j&t dan ternyata paket saya diberangkatkan ke kota P. Lalu apa yang harus saya lakukan? Saya merasa tidak enak dgn penjual, tetapi saya juga membutuhkan barang itu.

  25. Saya pesan sekitar 5 hari lebih pengemasan nya, terkendala dari si penjual sudah ganti motif juga, saya kasih toleransi, tapi disaat saya cancel pesanan saya setelah itu saya konfirmasi sama penjual pada jam 11.20 si penjual menjawab baik kak, mohon maaf ya kak.
    Saya kira sudah sampai disitu, tetapi pada jam 19.20 pesanan yg saya cancel tadi tetap di kirimkan.
    Apa saya boleh menolak pesanan COD saya nanti setelah datang pada kurir nya?

  26. (CONTOH ORANG YANG SOK TAU,SOK HEBAT,DAN GOBLOK!!,PEMBELI CANCEL BUKAN KARNA GA MAU TANGGUNG JAWAB,ATAU MAU NGERUGIIN PENJUAL! SAYA UDAH NGALEMIN,SAAT SAYA PESAN TAPI LUPA SIZE NYA BELUM KE GANTI JADI SIZE NYA GA SESUAI DENGAN KEIINGINAN,MAU SAYA CANCEL MALAH DITOLAK,UDAH DI CHAT SELLER NYA DIBILANGIN TUNGGU SORE,TUNGGU BESOKLAH,TAU2NY UDAH DIKIRIM BARANG YG GA SESUAI DG KEINGINAN,UDAH KONFIRMASI SAMA SELLER MINTA UBAH SIZE MALAH DI TOLAK TAU2NYA MAIN KIRIM AJA,JADI JANGAN KAU SEPENUHNYA KAU SALAHKAN PEMBELI YAA BEGO,INTINYA ADA PENJUAL YANG MEMAKSAKAN PEMBELI SUPAYA BARANG DAGANGAN NYA HABIS CEPAT)
    Cara membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah dikirim paling efektif ya nggak usah pesan dari awal. Kalo udah pesan ya artinya udah setuju, udah dipertimbangin matang-matang, klo udh pesen ya harus tanggungjawab dong. Ya kurang lebih sama lah kayak pesen g*food abis itu abangnya dicancel.
    Disini penjual ga cuma rugi di packing, tapi barang yang dicancel juga belum tentu bisa kejual lagi. Ini ga cuma ngerugiin penjual, tapi ngerugiin kurirnya juga. Udah capek” dateng ke lokasi, eh nolak bayar ato pura-pura gaada di rumah

  27. Gimana kalau udh ga bisa dicancel, karna barangnya mau sampe besok.. soalnya saya salah alamat, alamatnya blm saya ganti.. mohon beri saya solusi🥺

  28. Saya mebuat pesanan melaluibAplikasi Shopee, karena sudah 4 hari belum diproses pengiriman oleh penjual dan shopee akan batalkan sampai batas tanggang, lalu saya lah klik dimana shopee minta perpanjang waktu proses pengiriman, lalu saya bingung karena ditambah perpanjangan 3 hari lagi. Kemudian sebelum masa perpanjangan habis saya batalkan pesanan melalui shopee. Shopee memberikan pilihan, jika anda membatalkan pesanan, anda tidak bisa lagi membatalkan belanja berikutnya. Saya jawab tetamembatalkan sebelum dikirim. Tapi kenapa pesanan tetap dikirim oleh penjual ? Sedangkan sudah saya batalkan sebelum dikirim.
    Saya tetap menolak kiriman tersebut karena terlalu lama pengirimannya !

  29. saya gak sengaja salah pencet pesen satu barang, seketika langsung aku batalin…sellernya aku chat lama balesnya…. padahal statusnya masih dalam pengemasan.. ternyata sellernya menolak pembatalan dan tetep dikirim…salahkah aku tolak barangnya ketika udah sampai.. . karena dari awal aku udah batalkan pesanan dan konfirmasi ke sellernya

  30. Emang bisa kita batalin barang pas kurir udah mau datang padahal aku udah batalkan pesanan tapi sellernya menolak dan tetap mau mengirim heran bgt padahal aku cmn cekaut cekaut barang ehhh malah salah pencet jadi langsung pesan barang dan langsung aku batalin tapi di tolak seller nya 🙏😢

  31. Saya ke klik doble pada saat status proses, pas pengajuan pembatalan katanya tunggu konfir penjual sampai tanggal H, di batalkan otomatis.. Tapi nyatanya barang tetap d proses pengiriman, apakah saya boleh menolak nya pas barang sampai rumah????

  32. bisa ga ya pas kurir dateng trs kita bilang baik baik klo barang nya itu kita cancel tapi kita tetep bayar kurir nya sesuai sm di aplikasi

  33. Saya juga barusan, kemarin saya sudah cancel pesanannya, dan sellerny jg bilang ok gapapa dicancel. Tapi, barangnya malah datang tadi, trs sama di kurirny dimintai identitas gitu. Nah itu, sudah dikembalikan lg ke kurirnya, kira kira gapapa ya, ngasih identitas ke kurirny gitu. Terima kasih

  34. Saya mau batalkan pesanan COD yg salah klik, saya tidak membutuhkan barang itu,,, tp permohonan pembatalan saya ditolak oleh penjual, sekarang notifnya barang sedang dikirim,,, mungkin saya tetap akan terima barang tersebut tp saya akan kasih bintang satu dan komentar bahwa saya tidak menyukai penjual yg memaksakan mengirimkan barang

Leave a Comment