cara menjadi mitra pertashop resmi pertamina

Cara Menjadi Mitra Pertashop Pertamina, Inilah Syarat dan Modal Awal!

cara menjadi mitra pertashop resmi pertamina
cara menjadi mitra pertashop resmi pertamina

Bagi masyarakat yang ingin membuka usaha dan bingung mau usaha apa mungkin ini menjadi salah satu rekomendasi buat anda yaitu menjadi mitra pertashop pertamina.

Mitra pertashop pertamina merupakan sebuah kerjasama resmi yang akan memfasilitasi anda untuk membuka usaha pertamini yang menjual bahan bakar minyak (BBM) di toko anda.

Hal ini menjadi solusi tepat buat anda yang ingin berwirausaha tapi memiliki modal terbatas.

BBM seperti pertalite, premium dan pertamax sudah menjadi kebutuhan utama bagi semua orang yang punya kendaraan sehingga kehadiran pertashop ini menjadi peluang usaha yang menarik untuk di jalankan.

Anda sudah ngga perlu bingung lagi untuk pasokan BBM yang dijual, karena pertamina akan langsung mendistribusikan menggunakan truk tangki kepada para mitra pertashop dan harga jual BBM sama dengan yang ada di SPBU.

Pertashop juga merupakan lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non-subsidi, LPG non-subsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.

Modal Awal Jadi Mitra Pertashop Pertamina

Pertamina membuka 2 skema kemitraan pertashop yaitu DODO dan CODO.

Anda bisa pilih skema bisnis yang mana yang ingin diambil, maka dari itu simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Mitra Pertashop Skema DODO

Bagi anda yang memilih Skema DODO maka yang perlu anda ketahui adalah biaya investasi dan biaya operasional seluruhnya ditanggung mitra.

Adapun biaya yang diperlukan untuk investasi awal dan operasional adalah sebesar Rp 250 juta.

2. Mitra Pertashop Skema CODO

Adapun untuk skema CODO, yaitu biaya investasi ditanggung oleh Pertamina, sedangkan mitra hanya cukup mengeluarkan biaya untuk kebutuhan operasional saja.

Modal operasional yang dibutuhkan untuk skema kedua yakni sebesar Rp 80 juta.

Ketentuan Luas Minimum dan Kapasitas Tangki

Untuk membuka bisnis Pertashop anda juga harus mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku di Pertamina, salah satu contohnya adalah ketentuan tentang luas minimum dan kapasitas tangki.

Contohnya, untuk membuka usaha Pertashop Gold, maka luas minimum yang diperlukan yakni kurang lebih 210 meter persegi atau 15 x 14 meter.

Lalu tangki penyimpanan memiliki kapasitas 3 KL upper ground dengan omzet rekomendasi sebesar 400 liter per harinya.

Untuk produk yang dijual di Pertashop antara lain Pertamax, Dexlite, LPG non-subsidi, dan pelumas.

Syarat Jadi Mitra Pertashop Resmi Pertamina

Berikut syarat menjadi mitra Pertashop:

  • Memiliki legalitas usaha berbentuk badan usaha dan atau badan hukum (CV, koperasi, PT).
  • Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, akta perusahaan.
  • Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa

Kriteria lokasi Pertashop:

  • Aksesibilitas Desa (akses mobil tangki , akses pengiriman modular).
  • Ketersediaan Jaringan Listrik.
  • Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omzet yang baik secara keekonomian.
  • Evaluasi kelayakan lokasi akan dilakukan oleh PT Pertamina (Persero)

Cara Daftar jadi Mitra Pertashop

Apabila anda tertarik dan berminat membuka usaha pertamini maka anda bisa mengajukan permohonan diri menjadi mitra pertashop dengan mengikuti prosedur pendaftaran yang berlaku.

Daftar di website resmi Klik halaman website http://kemitraan.pertamina.com

Anda harus menyetujui kriteria wajib yang harus dipenuhi oleh calon mitra agar bisa mendirikan pertashop, beberapa diantaranya yaitu:

  1. Lahan yang diverifikasi sesuai dengan lahan yang didaftarkan
  2. Lahan calon merupakan lahan yang bebas sengketa.
  3. Lahan calon tidak berada pada tikungan atau akses sulit.

Klik Centang untuk menyetujuinya dan selanjutnya isi formulir yang telah disediakan dengan lengkap dan jelas, tanpa kurang sedikitpun.

1. Pemilihan lokasi

Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Apabila lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan meng-klik tautan yang tersedia.

2. Input data diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.

3. Submit

Setelah memberi centang pada pernyataan “Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina”, calon mitra dapat meng-klik tombol “submit”.

Lalu, calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.

Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.

Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.

Untuk Informasi selengkapnya mengenai pertashop anda dapat lik halaman website berikut ini https://kemitraan.pertamina.com/dashboard/info/pertashop.html

Leave a Comment

Your email address will not be published.