Penyalur dana Kur

Pemerintah akan terus menyalurkan dana KUR kepada para pelaku usaha mikro, pada tahun 2016 dana yang disalurkan yaitu mencapai Rp100 triliun. Penyaluran KUR dilakukan melalui lembaga keuangan dan bank yang ada di Indonesia, bank yang paling banyak menyalurkan kur adalah bank BRI.

Untuk mengajukan dana KUR syaratnya sanagt mudah dan itu semua diatur dalam peraturan masing – masing perbankan. Kita lihat syarat yang ditetapkan bank BRI adalah : Nasabah harus melampirkan fotocopy KTP (Suami Istri), fotocopy kartu keluarga, Fotocopy Surat Nikah, Foto berwarna 4×6 dan surat keterangan usaha dari kelurahan.

Pengalokasian Dana KUR yang mencapai Rp100 triliun pada tahun 2016 terdiri dari KUR Mikro sebanyak Rp66 triliun, KUR Ritel senilai Rp30 Triliun dan KUR TKI Rp4 Triliun. Pada tahun 2016 bank yang menyalurkan dana KUR dari pemerintah ini diantaranya Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Umum dan Lembaga Keuangan Non bank.

Rincian Alokasi Dana KUR tahun 2016 :

1. Bank BRI :

Bank BRI merupakan salah satu bank yang mendapatkan tugas dari pemerintah untuk menyalurkan dana KUR kepada masyarakat yang membutuhkan. Alokasi dana KUR di BRI mencapai RP67,5 Trilian yang terdiri dari KUR mikro Rp61 triliun, KUR ritel Rp6 triliun, dan KUR TKI Rp500 miliar.

Baca Juga : Tabel KUR BRI 2017

2. Bank Mandiri

Bank selanjutnya adalah Bank Mandiri. Anda dapat mengajukan permohonan KUR di Bank Mandiri. Bank Mandiri mendapat alikasi dana KUR mencapai Rp13 Triliun dengan rincian sebagai berikut : KUR mikro Rp1 triliun, KUR ritel Rp11 triliun, dan KUR TKI Rp2 triliun.

3. Bank BNI

Bank BNI juga mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan dana KUR dari Pemerintah, penyaluran dana ini harus sesuai dengan target nya. Sesuai dengan namanya ini berfungsi sebagai pembiayaan untuk membiayai usaha yang dijalankan oleh masyarakat. Alokasi KUR di BNI senilai Rp11,5 triliun yang terdiri atas KUR mikro Rp500 miliar, KUR ritel Rp10 triliun, dan KUR TKI Rp1,5 triliun.

Baca Juga : 3 Jenis KUR BNI

4. Bank BPD (Pembanganan Daerah)

Bank BPD yang ada di daerah mendapatkan alokasi dana KUR tidak sebesar dari Bank BRI, adapun besar KUR yang akan disalurkan senilai Rp2,5 triliun terdiri atas KUR mikro Rp1,5 triliun dan KUR ritel Rp1 triliun. Bagi anda yang membutuhkan pembiayaan kur juga bisa mengajukannya di bank BPD.

5. Bank umum lain dan LKNB (Lembaga Keuangan Non Bank)

Alokasi KUR untuk Bank Umum lain senilai Rp4 triliun yang terdiri atas KUR mikro Rp1,5 triliun dan KUR ritel Rp1 triliun sedangkan Alokasi dana KUR untuk LKNB senilai Rp1,5 triliun yang terdiri atas KUR mikro Rp500 miliar dan KUR ritel Rp1 triliun.


9 COMMENTS

  1. Klu kur mmang unk rakyat d dari pemerintah knp persyaratan ribet .dah Ada usha berth2,jaminan Ada, bi jg bagus kok masih dipersulit am a bank. To long pk jokowi itu pihak2 bank di tegur biar mengerti kur it unk rakyt d yg punya usha bukany malah membiayai perusahaan yg besar .soalny klu perusahan itu melny gede jd pegawai bank mengutamkny.

  2. Kur nya OK, BANK yg mngelolahnya yg gak ok,, kmarin aku jg ngajuin ptmohonan untuk pnjaman kur tp pgawai bank nya yg slalu mmpersulit,, pdahal usahaku ad, jaminanku ad, prsyaratan lainnya pun sdah lngkap tp ttap ad bank nya gak mau ngasi..

  3. Saya sdh datang ke kc. Bang bri. Jumpa dg pegawai yg ngurusin kur. Setelah menyampaikan tujuan saya dan melengkapi syarat pengajuan kur seperti Surat ket. Usaha, npwp, bpkb Mobil avanza 2017, belum juga bisa tembus. Saya mengajukan 90jt. Sdh saya coba wa ke pegawai tsb, jawabannya “Bapak persiapkan berkasnya nanti Kita kunjungi ke tmpt usaha bpk” sudah 3 bulan berjalan, gak ada kejelasan. Malah saya didatangi Agen kredit bank umum lain nawarin kredit, tapi bukan kuk retail, bunganya hampir sama dgn kredir Mobil di leasing.
    Pemerintah setengah hati mau Bantu pengusaha mikro

    SALAM INDONESIA

  4. Memang orang kecil selalu teraniaya,,mw usaha bener2,,pinjem modal mlh di persulit,,bgmn mw maju kita dr kemiskinan,,

  5. saya sudah ngasih persaratanya.masuk 1 bln lebih.belom di proses.sy datangin ke kator nya yg dket pasar gudang .mlah petugasnya blangnya berkas saya ilang

  6. KUR sulit di rasakan manfaat nya untuk masyarakat ekonomi lemah, hanya untuk orang ekonomi menengah ke atas, siasia saja pemerintah bikin program,untuk membantu pedagang kecil, bohong.

  7. KUR ga efektif,saya nanya persyaratan nya aja udh cuek liat muka cs bank bri nya pngen nginjek gua muka jutek ngeliat gua sampe sgitunya ga ramah …liat penampilan gua yg pecicilan mungkin ..klo keliatan nya org kaya baru pada ramah..dri pertama saya masuk udh ga enak prasaan bner aja pas masuk di kasih playanan yg jlek ..👎👎 males banget skarang gua ke bank padahal gua brani ngadu klo masalah penghasilan sama cs nya padahal saya nanya bukn buat saya buat sodara saya tolong pelayanan nya dj perbaiki buat KUR bank bri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.