Perbedaan KCP dan KCU

KCP BRI

Bank memiliki kantor di setiap kota hingga daerah kabupaten untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan finansial. Kantor – kantor yang dibuka di setiap tempat memiliki sebutan seperti KCP dan KCU.

Mungkin saja anda bertanya-tanya dan penasaran terhadap 2 singkatan yang tertulis pada kantor bank yang ada di daerah anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara singkat mengenai perbedaan dari singkatan KCP dan KCU tersebut.

Kepanjangan dari singkatan KCP dan KCU iadalah sebagai berikut :

  • KCU adalah Kantor Cabang Utama
  • KCP adalah Kantor Cabang Pembantu

Dilihat dari singkatannya sudah jelas perbedaannya, KCU merupakan kantor cabang yang dibuka di salah satu kota atau daerah sebagai perwakilan langsung dari kantor pusat, sedangkan untuk KCP merupakan kantor perwakilan yang ada didaerah-daerah dan dibawah kantor cabang utama (KCU).

Biayanya KCU memiliki gedung yang lebih besar dan lebih luas karena melayani banyak nasabah, sehingga terkadang ketika kita datang ke KCU akan mengalami antri yang cukup panjang, terutama ketika ingin mengambil uang lewat teller. Sedangkan KCP hanya memiliki gedung yang lebih kecil, juga melayani nasabah untuk membuka rekening tabungan, ganti kartu atm, dan sebagainya.

Jika anda berasal dari suatu daerah yang berbeda, misal : anda membuka tabungan di gresik, sedangkan anda tinggal di malang, suatu ketika kartu ATM anda hilang. Anda ingin membuat kartu ATM yang baru tapi di malang, maka anda bisa pergi ke KCU bukan ke KCP, karena KCP hanya membantu untuk nasabah malang saja.