Cara Beli Mobil dengan Gaji Rp 3 Juta sampai Rp 5 Juta per bulan

Cara Kredit Mobil

Memiliki Kendaraan Pribadi (Mobil) termasuk dari kebutuhan sekunder, walau begitu kita tetap harus membuat sebuah perhitungan yang matang ketika ingin membeli nya, apalagi jika memiliki gaji (penghasilan) pas-pas san, taruh lah hanya 3 juta – 5 juta per bulan.

Sedangkan bagi anda yang masih memiliki penghasilan dibawah 2 juta maka kami sarankan untuk tidak memaksa untuk membeli mobil. Karena sudah dipastikan anda akan mengalami goncangan ekonomi dalam rumah tangga, kecuali jika mobil yang dibeli bisa produktif atau sebagai penunjang usaha.

Khusus buat anda yang memiliki gaji atau pendapatan Rp 3 Juta sampai Rp 5 Juta maka anda dapat membeli mobil, namun anda juga harus menyesuaikan jenis mobil yang ingin anda beli. Jangan bercita-cita memiliki mobil Ferrari atau Mercedes Benz atau Lamborghini melainkan Mobil yang harganya berkisar 80 juta sampai 130 juta.

Karena jika anda memilih membeli mobil dengan cara kredit (cicilan) maka cicilannya tidak boleh lebih dari 30 persen dari Gaji setidaknya (Rp 900.000 sampai Rp 1,5 juta). Karena setelah membeli mobil anda masih bisa bertahan hidup (utk makan dan tempat tinggal) dengan sisa gaji sebulan tersebut.

Langkah awal anda perlu menyiapkan uang Rp 10 juta-Rp 20 juta untuk Uang Muka (DP), silahkan anda menabung beberapa bulan terlebih dahulu, jika sudah punya uang segitu maka anda bisa langsung pergi ke dealer resmi mobil yang anda inginkan, ingat !! harganya hanya berkisar Rp 80 juta – 130 juta, lebih dari itu dipastikan anda akan mengalami problem ekonomi.

Saat ini kita tahu bahwa banyak lembaga pembiayaan yang menawarkan DP sangat rendah dengan cicilan maksimal sampai 8 tahun. Jika Anda memilih opsi ini, lalu berapa total DP yang harus disiapkan dan kisaran cicilan per bulan?

Jika kita simulasikan, ketika anda memilih membeli mobil harga Rp 120 jutaan, dan uang muka 20 persen, maka angka yang diperoleh Rp 24 jutaan. Biasanya pihak pemberi kredit akan memberikan promo berupa cashback potongan DP dll, sehingga total uang muka anda bisa di potong. Dengan begitu anda bisa pulang membawa mobil yang anda inginkan.

Selanjutnya kita akan membahas cicilan kredit mobil bulanan yang harus anda bayar? Kita lihat dulu berapa suku bunga yang di berikan, misalkan saja suku bunganya 6 persen, maka angka cicilan yang didapat adalah Rp 1,4 juta per bulan. Tentu untuk orang dengan penghasilan Rp 3 jutaan, angka ini masih cukup berat. Solusinya, bersabar dan menabung untuk mendapatkan uang muka lebih besar sehingga akan mengurangi cicilan.

Ini hanya simulasi dengan asumsi kredit sampai 8 tahun. Jika dirasa sangat lama, masih ada opsi pembiayaan 5 atau 6 tahun. Tentu, jumlah cicilan yang harus dibayarkan lebih besar. 




Silahkan Tinggalkan Komentar