Sumber Foto: merapipesonajogja.com

Mahasiswa dituntut untuk lebih mandiri, tidak harus selalu ketergantungan dengan orang tua, menunggu kiriman uang setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kebutuhan untuk biaya kuliah boleh lah masih dibayarin orang tua, tapi kebutuhan lain seperti traktir teman, traktir pacar, beli celana dalam, beli sabun, dan sebagainya sudah sepatutnya menggunakan uang dari hasil keringat sendiri.

Jika kebutuhan sehari-hari kalian masih dipenuhi orangtua, itu artinya kalian belum mandiri dan belum bisa dikatakan dewasa. Kalian masih seperti anak kecil yang belum bisa apa-apa, masih minta orang tua.

Pekerjaan yang dilakukan mahasiswa tidak harus menjadi kaya, tapi paling tidak menjadi mandiri sehingga dapat memenuhi kebutuhan pribadi.

Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan mahasiswa, salah satunya bagi anda yang kuliah di salah satu universitas atau perguruan tinggi di Jogjakarta maka anda bisa menjadi tour guide atau pemandu wisata.

Jogja merupakan daerah wisata yang banyak dikunjungi sehingga memiliki potensi yang menarik untuk dicoba, anda bisa menawarkan jasa sebagai pamandu wisata baik untuk wisatawann lokal maupun asing.

Kalian harus mempelajari tempat wisata yang ada di jogja sekaligus rute transportasi, oleh-oleh khas jogja, penginapan di jogja. Sehingga kalian bisa mengelola waktu dengan baik untuk melayani banyak orang yang ingin liburan di Jogja.

Gunakan waktu luang kalian untuk mencari uang, lumayan loh penghasilan sebagai pemandu wisata lokal. Banyak kok, mahasiswa yang sukses merintis bisnis sebagai pemandu wisata.

Tawarkan jasa kalian sebagai pemandu wisata (tour guide) sosial media. grup wisata, forum wisata, sehingga jasa anda dapat ditemukan orang-orang yang ingin pergi liburan ke jogja, bila perlu kalian juga memiliki website sendiri yang menyertakan fasilitas dan portopolio.

Fasilitas yang perlu kalian siapkan:

  • Transportasi
  • Alat Dokumentasi
  • Buku Panduan Wisata
  • Kartu Nama
  • Tempat Makan Enak
  • Souvenir Unik Khas Jogja

Anda juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menawarkan kepada wisatawan asing melalui Airbnb, selain mengasah kemampuan berbahasa inggris kalian juga bisa bertukar pengalaman dengan wisatawan kalian kalian pandu.