Cara Buka Rekening Tanpa KTP Setempat alias KTP Luar Daerah

Buka Rekening di Kantor BNI

Sekarang ini sudah berlaku yang namanya e-KTP, katanya sih KTP Elektrik yang berlaku seumur hidup. Dengan e-KTP berarti data kita sudah dapat di akses secara nasional, setiap orang yang bisa memiliki satu KTP saja (tidak bisa lebih). 

KTP menjadi salah satu syarat wajib dalam sebuah administrasi salah satunya ketika ingin membuka rekening tabungan di Bank. Baik itu BCA, Mandiri, BNI atau yang lainnya mewajibkan nasabah melampirkan fotocopy KTP Elektrik saat ingin membuka rekening.

Apabila membuka rekening tanpa menggunakan KTP Elektrik maka pengajuan tidak disetujui. Lantas bagaimana jika KTP nya berasal dari Luar daerah dan ingin membuka rekening di kantor cabang bank di daerah lain? 

Maksudnya : Jika anda memiliki e-KTP dari Kabupaten Gianyar Bali dan ingin buka tabungan di Kabupaten Badung atau KTP dari Provinsi Jawa Tengah dan ingin buka rekening tabungan di Lampung. Apakah seperti itu bisa dilakukan?

Anda tetap bisa membuka rekening tabungan bank di daerah lain, namun ada prosedur dan syarat tambahan yang harus anda lengkapi. Syarat untuk bisa buka rekening tanpa KTP setempat maka anda harus menyertakan identitas tambahan selain KTP.

Syarat pelengkap yang dapat anda gunakan diantaranya : Surat Keterangan dari Kelurahan Setempat bahwa Anda tinggal didaerah tersebut, Surat Rekomendasi dari Perusahaan tempat Anda Bekerja di daerah tersebut, SIM yang diterbitkan dari daerah tersebut. 

Setelah itu barulah anda bisa membuka rekening tabungan di bank setempat tanpa harus memiliki KTP Setempat, tapi anda juga perlu melampirkan fotocopy KTP asli anda.