modus penipuan hadiah undian shopee
modus penipuan hadiah undian shopee

Wah wah wah ternyata masih bereda sms penipuan yang mengatasnamakan Shopee, penipu mencoba menggelabuhi calon korban dengan mengirim sms yang menyatakan bahwa calon korban menjadi pemenang hadiah undian shopee hingga ratusan juta.

Hati-hati, jangan sampai terjebak dengan modus penipuan melalui sms yang berisikan informasi pemenang undian shopee, coba di inget-inget apakah anda pernah mengikuti undian shopee? jika tidak kenapa bisa menang? ada ada aja nih si penipu.

Tapi walau begitu, tak sedikit orang yang tergiur dengan hadiah yang ditawarkan sehingga tertipu hingga mentransfer uang ke rekening penipu. Kalau sudah begitu siapa yang disalahkan?? tentu anda sendiri yang langsung percaya dengan kabar undian tersebut.

Modus penipuan yang dilakukan yaitu mengirim sms ke banyak nomor dengan pesan yang menyatakan bahwa “anda memenangkan hadiah undiah shopee, dalam rangka ulang tahun atau program yang sedang diadakan shopee saat ini”.

Dalam sms yang anda terima disebutkan bahwa anda memenangkan hadiah undian berupa uang tunai puluhan hingga ratusan juta rupiah, ada pin pemenang, ada website abal-abal, dimana anda diminta untuk mencocokan pin yang ada di web abal abal tersebut hingga anda diminta untuk menghubungi mereka.

Web abal-abal dibuat menggunakan blog gratisan seperti blogspot.com, .tk, dan lain-lain yang sifatnya tidak resmi dan tidak profesional. Jika shopee mengadakan undian maka pemenang akan di umumkan di website dan akun facebook resmi shopee.

Ini contoh sms penipuan shopee:

Slmt No.Anda
m-dpatkan Cek
Senilai Rp.125 jt
ID CODE Pemenang Anda AAQ2099
U/Info Klik:
bit.ly/pemenangshopee313

Jika anda mendapatkan sms berisi pesan yang serupa dengan yang kami sebutkan di atas maka dapat dipastikan 100% sms tersebut adalah modus penipuan. Ketika anda mendapatkan sms tersebut maka jangan di tanggapi, secepat mungkin di hapus saja.

Jika anda menghubungi penipu karena tergiur hadiahnya, maka anda akan diajak berkomunikasi. Penipu akan meyakinkan anda untuk mengikuti langkah-langkah yang harus dilakukan termasuk salah satunya transfer uang dengan alasan sebagai pajak hadiah yang diterima.

Padahal logikanya, ketika kita mendapatkan hadiah uang tunai, katakanlah 100juta maka akan ada pajak 10%. Dan pajak di ambil dari hadiah yang akan diberikan, berarti jika hadiahnya 100juta maka akan dipotong 10juta dan yang akan diberikan adalah 90juta.