4 Tips Dalam Memilih Asuransi Syariah

Tips Memilih Asuransi Syariah

Asuransi berbeda dengan tabungan bank, fungsi dari asuransi itu sendiri memberikan proteksi terhadap resiko seseorang. Asuransi sendiri terdiri dari beberapa jenis, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan asuransi kecelakaan. 

Sedangkan untuk tabungan bank adalah bentuk simpanan dari menabung yang sewaktu – waktu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masa depan seperti dana pendidikan anak, dana pensiun, membeli rumah atau yang lainnya.

Asuransi juga terdapat 2 pilihan ada asuransi konvensional dan asuransi syariah. Banyak orang yang memilih asuransi syariah guna menghindari dari riba. Dalam memilih asuransi syariah ada beberapa tips yang perlu anda ketahui diantaranya :

Pelajari sistem dan pengelolaan dana asuransi syariah

Sebuah asuransi ada yang halal ada yang haram, maka dalam memilih asuransi kita perlu memilih asuransi yang syariah, maka dari itu kita perlu memahami sistem dan pengelolaan dana pada asuransi syariah yang kita ikuti, pengelolaan yang benar – benar menggunakan prinsip syariah. Misalnya saja prinsip Al-Mudharabah yang berarti bentuk kerja sama antara pemilik modal dengan badan asuransi.

Cari tahu kebutuhan apa yang akan dipenuhi

Sebelum bergabung dalam asuransi, anda perlu faham dengan kebutuhan yang ingin di proteksi, apakah asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, atau kedua-duanya. Setelah tahu kebutuhan mana yang ingin diproteksi maka anda dapat memilih jenis asuransi tersebut yang berbasis syariah sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Pelajari kredibilitas perusahaan asuransi

Semua perusahaan asuransi tentu mengklaim merekalah yang terbaik, buat anda yang masih minim informasi tentang perusahaan asuransi, maka anda bisa cari dan pelajari terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk bergabung. Asuransi syariah akan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS). Maka pastikan perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kepada anda telah didukung oleh dewan syariah tersebut.

Pelajari akad yang digunakan

Syariah atau tidak nya sebuah asuransi selain pengelolaan dana juga akad yang digunakan, akad adalah sebuah bentuk kesepakatan untuk menjalin kerjasama antara pemilik saham asuransi dengan perusahaan asuransi tersebut.

Pelajari seluruh isinya dan minta agen asuransimu menjelaskan secara detail jika ada bagian yang kurang dipahami. Perlu kamu catat bahwa selain memberi perlindungan kepada pemilik modal, asuransi syariah berdasar pada sistem tabarru’ yang artinya, dengan membeli asuransi syariah, kamu pun ikut menolong sesama.




Silahkan Tinggalkan Komentar