Cara Memperoleh Modal Usaha

Modal Usaha

Suatu hal yang banyak orang fikirkan sebelum memulai sebuah usaha atau usaha sudah berjalan tapi ingin dikembangkan, yaitu modal usaha. Karena modal merupak faktor terpenting dalam sebuah usaha yang akan dijalankan atau ingin dikembangkan.

Modal Usaha yang paling dominan selain pengalaman, keberanian dan networking (relasi) adalah Uang. Ketika seseorang ingin menjalankan usaha tentu membutuhkan yang namanya dana sebagai modal utama. Untuk bisa mendapatkan modal dana ada beberapa cara yang bisa dilakukan seseorang yang ingin menjalankan bisnis.

Dalam kesempatan ini kami akan membahas bagaimana caranya kita bisa mendapatkan modal usaha untuk memulai bisnis atau mengembangkan bisnis, aling tidak bisnis dengan skala mikro. Ada beberapa cara untuk mendapatkan modal dana untuk mengembangkan usaha.

1. Modal dari Tabungan Sendiri

Inilah pentingnya menabung, ketika kita menerapkan hidup hemat dengan menyisihkan sebagian pendapatan yang kita miliki, ketika kita ingin membuka usaha sendiri maka bisa menggunakan uang yang telah ditabung. Kita bisa menabung di Bank atau menyimpan uang dalam bentuk aset seperti emas atau tanah, jadi saat dibutuhkan bisa dijual.

2. Menjalin Kerjasama


Jika anda tidak memiliki uang pribadi yang cukup maka anda bisa menjalin kerjasama dengan teman atau saudara (bukan sekedar pinjam cuma-cuma), anda bisa bekerjasama untuk mendapatkan modal usaha dalam bentuk uang atau dalam bentuk operasional bisnis sehari hari , yang nantinya keuntungan dapat dibagi sesuai dengan kesepakatan. Anda perlu membuat perjanjian tertulis ketika menjalin kerjasama ini.

3. Mencari Investor

Mencari investor tidak jauh beda dengan menjalin kerja sama, namun investor lebih cenderung untuk memberikan modal dalam bentuk dana (uang). Anda dapat menjelaskan plan bisnis yang akan dijalankan kemudian memperkirakan dana yang diperlukan untuk memulai sebuah usaha, yang kemudian menawarkan keuntungkan kepada investor dengan membantu berapa persen dari keuntungan yang didapat.

4. Menjual Aset yang dimiliki

Modal usaha juga bisa didapat dengan cara menjual barang berharga yang kita miliki (aset) seperti menjual perhiasan, menjual kendaraan, menjual tanah atau yang lainnya. Tapi dari pada dijual lebih baik asel tersebut digadaikan saja, yang kemudian kita tebus sesuai dengan pinjaman dengan begitu aset tetap menjadi milik kita.

5. Pinjam Uang di Bank

Pinjam uang di bank sebagai langkah terakhir yang banyak digunakan oleh orang-orang yang ingin membuka usaha. Pinjaman di Bank terdapat 2 jenis yaitu pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman menggunakan jaminan tertentu. Kemudian peminjam mengembalikan dana pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang disepakati, biasanya dalam pinjam uang di bank terdapat tabel kredit nya sehingga kita dapat menghitung kemampuan dalam membayar hutang pinjaman.

Silahkan anda menentukan mana kiranya cara mendapatkan modal usaha yang lebih mudah dan menguntungkan. Tentunya anda dapat mengukur kemampuan diri sendiri, kami harap beberapa cara yang telah kami paparkan dapat memberikan solusi kepada anda untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha.




Comments are closed.