Kartu Kredit itu Kredit Pinjaman, Bukanlah Uang Tambahan

kartu-kredit-itu-bukanlah-uang-tambahan

Teknologi terus berkembang pesat membuat segala urusan menjadi praktis, begitu hal nya dengan alat pembayaran, kini telah banyak orang yang menggunakan uang elektronik sebagai alat pembayaran seperti kartu kredit. 

Dengan ada nya kartu kredit seseorang tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah banyak ketika hendak berbelanja, karena dengan kartu kredit anda dapat melakukan transaksi dalam jumlah banyak.

Kartu kredit berbeda dengan kartu debit (atm), kartu debit bersifat pinjaman bukanlah tambahan uang. Jadi ketika melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu kredit maka kemudian pemegang kartu harus mencicil pinjaman yang digunakan.


Dalam penggunaannya, pemegang harus mengembalikan jumlah pinjaman sekaligus bunga yang berlaku pada kartu kredit tersebut, sesuai dengan bank masing  masing. Memang dengan ada nya kartu kredit semua yang kita inginkan dan kita butuhkan dapat terwujud saat itu juga.

Penggunaan kartu kredit yang tidak bijak justru akan membuat seseorang semakin pusing karena banyaknya hutang yang harus di bayar. Banyak sekali orang beranggapan bahwa kartu kredit merupakan uang tambahan, padahal kenyataannya tidak. Itu hanya sebuah pinjaman yang harus di kembalikan, bahkan lebih dari besar pinjaman.

Pada sdasarnya memiliki kartu kredit dan menggunakannya bukan suatu hal yang salah, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Seseorang yang memiliki kartu kredit dituntut untuk lebih hati-hati dan perlu menyusun perencanaan keuangan secara matang. Jangan sampai tagihan kartu kredit yang terlalu besar menyulitkan ekonomi keluarga anda, sehingga membuat sulit untuk melunasi.

Sebelum tagihan dan bunga kartu kredit anda membengkak maka sebaiknya segera lunasi hutang (tagihan) kartu kredit anda. Perlu diingat bahwa kartu kredit adalah kredit pinjaman bukan sebagai uang tambahan yang dapat anda gunakan secara cuma cuma.




Comments are closed.