5 Cara Mendapatkan Modal untuk Buka Usaha Dibulan Puasa

Modal Bisnis

Bulan Ramadhan sangat dinantikan kehadirannya, karena banyak sekali jenis usaha / peluang bisnis yang dapat dijalankan untuk mendapatkan keuntungan. Umumnya masyarakat memanfaatkannya untuk berjualan makanan untuk berbuka puasa dan sahur.

Bisnis kuliner atau jualan makanan berupa takjil atau lauk pauk dibulan ramadhan sangat menjanjikan karena banyak orang yang malas atau memang tidak sempat untuk memasak sendiri. Ide bisnis lainnya yang dapat dicoba di bulan puasa seperti bisnis kue kering, bisnis pakaian muslim, bisnis kurma dan sebagainya.

Keuntungan yang dapat dicapai saat bulan ramadhan memang sangat menggiurkan, namun begitu banyak orang yang mengalami masalah untuk memulai usaha yaitu terkendala modal usaha. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal dan segera menjalankan bisnis musiman di bulan ramadhan tahun ini.

1. Gunakan Uang Tabungan

Inilah pentingnya memiliki tabungan, sewaktu-waktu dibutuhkan bisa menjadi solusi. Menabung merupakan sebuah kunci yang paling tepat untuk mempersiapkan modal usaha musiman dari jauh-jauh hari.

Dengan menggunakan tabungan sebagai modal usaha, anda tidak akan terbebani dengan hutang. Simpanan atau tabungan bukan hanya uang, apabila anda memiliki emas maka anda bisa menggadaikannya di pegadaian.

2. Pinjam Uang Online tanpa Agunan

Saat ini memang banyak sekali lembaga atau instansi keuangan yang menawarkan pinjaman online, bahkan dapat meminjam uang tanpa harus memberikan jaminaan. Proses pengajuan pinjaman sangat cepat dan mudah.

Pinjaman yang dapat diajukan maksimal Rp2 juta, dengan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya. Namun, sayang pinjaman online seperti ini memiliki beban bunga yang harus dibayar dan ini tidak direkomendasikan.

3. Pinjam Modal di BMT

Apabila anda memiliki barang berharga seperti Laptop, HP, atau lainnya dapat anda gadaikan ke BMT Syariah untuk mendapatkan Pinjaman Modal Usaha yang bisa digunakan untuk memulai bisnis musliman di bulan puasa.

Jangan mengajukan pinjaman yang terlalu besar, ajukan saja sesuai dengan kebutuhan bisnis yang akan anda jalankan, dari keuntungan yang didapat bisa anda tebus barang yang anda gadai tersebut.

4. Mencari Rekan Bisnis 

Ketika anda memiliki ide bisnis tapi tidak memiliki modal maka anda bisa mencari rekan bisnis untuk mendapatkan modal usaha. Tawarkan kepada seseorang yang bersedia memberikan modal, dan anda yang menjalankan usahanya.

Tentu, rekan anda menjadi investor dan anda dapat memberkan bagi hasil dari keuntungan yang anda peroleh. Perlu disepakati bersama pada awal mengajukan pinjaman modal kepada rekan bisnis anda agar tidak terjadi kesalah pahaman.

5. Manfaatkan Pegadaian Syariah

Pegadaian Syariah merupakan sebuah lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman modal usaha, anda dapat mengajukan pinjaman modal dengan menggadaikan barang berharga yang anda miliki.

Proses pencairan dana di pegadaian sekitar 15 menit, anda dapat mengajukan pinjaman modal hingga puluhan juta bergantung pada jenis barang yang anda gadaikan. Pilih jangka waktu yang tepat untuk mengembalikan modal pinjaman tersebut.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.