penipuan online di instagram

Agar tidak menjadi Korban Penipuan saat Belanja Online

penipuan online di instagram

Hati-hati saat anda memutuskan untuk belanja online terutama ketika membeli sesuatu lewat instagram karena banyak sekali penipu yang berkeliaran untuk menjerat korban, tak sedikit orang yang telah tertipu karena tergiur untuk membeli barang yang dipost oleh oknum penjual di instagram.

Belanja online memang sangat menyenangkan karena kita tidak perlu keluar rumah, cukup order menggunakan hp barang langsung dikirim, tapi juga tetap harus waspada karena banyak penipu yang mengaku menjual barang dengan harga murah.

Keluhan orang-orang yang telah menjadi korban penipuan sangat banyak, entah mengapa mereka bisa tertipu yang jelas para korban tidak berhati-hati saat belanja online, mereka terlalu tergiur membeli barang yang di jual dengan harga murah.

Kami berharap masyarakat dapat teredukasi tentang berhati-hati ketika hendak melakukan transaksi saat akan membeli sesuatu lewat internet, karena banyak banget penipu yang berkeliaran dengan berbagai macam modus penipuan.

Agar tidak menjadi Korban Penipuan saat Belanja Online

Maka dari itu, simak baik-baik beberapa penjelasan yang akan kami sampaikan agar tidak tertipu saat belanja online baik di instagram atau shopee dan marketplace lainnnya.

Tips agar tidak tertipu saat belanja online berdasarkan analisis yang kami terhadap beberapa kasus penipuan yang sering terjadi, pastikan anda menjadi pembeli yang pintar.

1. stop tergiur barang murah yang tidak wajar

siapa sih yang ga suka dengan barang murah dan berkualitas, tentu semua orang menginginkannya.

tapi perlu diketahui bahwa jika ada barang yang dijual harganya jauh lebih murah dari harga pasar maka anda perlu curiga karena 99% barang yang dijual murah seperti itu adalah penipuan.

terlebih lagi jika barang yang di jual disebut sebagai barang baru dan dijual dengan harga murah maka itu hal yang mustahil, coba dipikir? jika mereka jual barang murah dapat untung berapa? karena modal nya aja ga mungkin segitu.

pokoknya, jangan terlalu tergiur dengan harga super murah, kalau memang tetap ingin melanjutkan membeli barang tersebut maka simak tips dari kami selanjutnya.

2. ajak COD atau Bayar ditempat

jika penjual berada didalam 1 daerah maka lebih baik diajak COD atau bertemu langsung.

Sehingga anda bisa melihat langsung barang yang dijual, dan membayarnya langsung ke penjual saat bertemu langsung. Hal ini akan mengatasi terjadi nya penipuan.

Namun jika penjual berada didaerah lain maka mintakan kepada penjual untuk melayani “bayar ditempat”. Dapat dipastikan para penipu akan menolah untuk bayar ditempat, karena mereka sadar bahwa calon korbannya sangat pintar.

3. gunakan pihak ketiga (marketplace shopee)

Kalau memang penjual tidak ingin menggunakan COD atau bayar ditempat maka mintalah kepada penjual untuk menjual barangnya lewat shopee, sehingga anda bisa melakukan pembelian lewat shopee karena uang yang anda bayar akan ditahan di rekening shopee sampai anda benar benar menerima barang sesuai pesanan.

tips ketiga bisa dibilang menggunakan rekening bersama.

4. di instagram banyak banget penipu, waspada dan berhati-hati

para penipu biasanya akan membuat akun toko online palsu di instagram.

jangan heran jika ada toko punya followers banyak karena itu ga menjamin toko tersebut asli, perhatikan saja interaksi para followersnya jika minim maka jangan beli disana.

penipu juga kerap memajang foto produk dan harga jual yang murah, hal ini dilakukan memang untuk memancing ketertarikan calon korban untuk melakukan pemesanan.

5. tanyakan lokasi atau alamat toko fisik nya

walaupun memang kita tidak ingin ke toko langsung, tapi coba tanyakan iseng dimana alamat tokonya.

bilang aja mau datang langsung atau ada teman yang ingin membeli ke toko, kalau penjual menolak maka dapat dipastikan itu penipu online yang perlu anda waspadai, jangan lanjutkan.

6. jangan langsung transfer ke rekening penjual

sebelum anda memutuskan untuk transfer pembayaran maka alangkah baiknya untuk mencari informasi kebenaran rekening terlebih dahulu lewat online, karena banyak rekening penipu yang sudah di dilaporkan.

para penipu online lebih suka menggunakan nomor rekening BTPN, entah apa alasan mereka menggunakan rekening dari bank itu untuk melakukan penipuan online.

7. lebih baik beli barang resmi

kalau barang yang ingin anda beli adalah barang elektronik seperti laptop atau hp maka kami sarankan untuk membeli langsung ke dealer atau toko resmi, kalau beli barang seken beli aja di daerah sendiri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.