Sampai sekarang JNE masih menjadi salah satu ekspedisi yang terbaik yang ada di Indonesia, melayani masyarakat yang ingin mengirim paket baik berupa barang maupun dokumen penting.

Pengiriman JNE juga selalu digunakan di berbagai marketplace yang ada seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada dan lainnya.

Tak hanya pengiriman yang cepat juga memberikan tarif pengiriman paket yang murah, ongkos kirim ditentukan berdasarkan jarak tujuan darri kota pengirim ke kota penerima, dan satuan berapa kg.

Pengiriman paket dari Jakarta ke Bandar lampung hanya sekitar Rp20.000 per kg, anda dapat mengecek ongkir melalui aplikasi jne yang dapat di download melalui playstore.

Waspada Terhadap Modus Penipuan Oknum-Oknum JNE

Ternyata ada oknum-oknum JNE yang berbuat ulah, tentu ini membuat pelanggan merasa dirugikan. Banyak oknum jne yang memanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Berikut ini beberapa modus yang sering dilakukan oknum JNE:

  1. Meminta biaya tambahan untuk bea cukai
  2. Meminta biaya untuk pajak barang
  3. Meminta ongkir yang lebih mahal dari ongkir resmi
  4. Mewajibkan membayar packing kayu
  5. Mewajibkan pengirim pakai paket YES
  6. Membuka paket dengan alasan pengecekan
  7. Oknum meminta biaya asuransi tambahan

Meminta biaya tambahan untuk bea cukai dan pajak barang

Perlu diketahuii bahwa pengiriman paket jne antar provinsi dalam negeri tidak dikenakan biayaa tambahan atau biaya bea cukai. Biaya yang dibebankan kepada pengirim yaitu ongkir yang telah ditetapkan secara resmi oleh JNE.

Kecuali jika pengiriman barang berharga, seperti barang elektronik yang diwajibkan untuk membayar asuransi, untuk mengurangi resiko kerusakan selama proses pengiriman.

Oknum Meminta Ongkir lebih Mahal dari Ongkir Resmi

Pengiriman  paket melalui JNE ongkirnya sudah ditetapkaan secara resmi, dan anda bisa cek biaya ongkir yang harus dibayarr menggunakan aplikasi JNE, secara otomatis ongkos kirim akan muncul.

Jiika ada oknum yang meminta ongkir yang lebih mahal dari ongkir resmi kepada pengirim, maka patut di curigai dan anda perlu melaporkan kepada pihak menejemen untuk ditindak lanjuti.

Oknum Mengharuskan Pengirim Membayar Biaya Packing Kayu

Packing kayu biasa digunakan pada pengiriman paket berharga, biasanya digunakan pada paket yang berisi barang elektronik untuk meminimalisir resiko kerusakan.

Biaya packing kayu adalah kesepakatan kedua belah pihak, sehingga tidak ada kewajiban membayar dengan nominal tertentu. Jika pengirim tidak menginginkan paketnya di packing kayu maka tidak boleh dipaksa.

Oknum meminta pengirim wajib pakai pengiriman jenis YES

Pengirim berhak menentukan jenis layanan pengiriman paket yang ingin digunakan, tidak boleh di wajibkan harus menggunaakan paket YES.

Perlu diketahui bahwa tidak semua daerah di cover pengiriman paket YES, jangan sampai pengirim membayar ongkos kirim YES tapi paket dikirim dengan layanan Reguler karena ulah oknum.

Maka dari itu, periksa resi anda, apakah benar-benar menggunakan YES. Paket YES wajib sampai pada hari esok, jika anda kirim hari senin maka hari selasa harus sudah sampai. Kalau belum itu artinya pakai Reguler.

Oknum membuka paket dengan alasan melakukan pengecekan

Tidak ada alasan apapun petugas JNE membuka paket yang dikirimkan, karena paket yang dikirim sudah di deklarasikan pada saat pengiriman. Kalau memang ingin dilakukan pengecekan harusnya dilakukan pada saat akan dikirim (disaksikan pengirim).

Paket yang dikirim antar daerah yang menggunakan transportasi udara, telah melewati proses screening dan x-ray. Apabila terdapat paket yang melanggar maka tidak bisa dilakukan pengiriman.

Oknum meminta penerima membayar biaya asuransi tambahan

Jika ada asuransi biasanya akan dibayar oleh pengirim bukan penerima, dan biaya asuransi dibayar pada saat pengiriman diawal, adapun perhitungan biaya asuransi juga sudah ditentukan secara resmi oleh JNE.

Itu adalah beberapa modus penipuan yang sering dilakukan oleh Oknum-Oknum JNE, yang salah bukan JNE nya tapi Oknumnya maka dari itu jika ada kejanggalan dengan pengiriman paket bisa langsung ditanyakan ke Call Center Resmi JNE untuk ditindaklanjuti.

KIRIM KOMENTAR ANDA

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.