Cara Mengaktifkan Metode Pembayaran COD (Bayar ditempat) di Shopee

cara mengaktifkan fitur cod di shopee
cara mengaktifkan fitur cod di shopee

cara mengaktifkan fitur cod di shopee

Fitur COD yang disediakan Shopee memungkinkan para pembeli dapat melakukan pembelian barang dengan cara bayarr ketika barang sudah sampai. Agar fitur ini bisa digunakan oleh pelanggan anda maka anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Sebelum anda memutuskan untuk mengaktifkan fitur COD atau Bayar ditempat maka alangkah baiknya untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan ketika fitur COD diaktifkan.

Kelebihannya: Toko anda akan lebih banyak menjangkau pembeli dan pembeli dapat membayar ketika barang yang dipesan sampai di rumah. Banyak tipe pembeli yang menggunakan fitur COD saat belanja online.

Kekurangan: Barang akan return / kembali ketika pembeli tidak ada dirumah ketika kurir yang mengantarkannya telah sampai dirumah. Artinya pembeli tidak melakukan pembayaran, jika ini terjadi maka barang yang telah kita kirimkan akan kembali lagi.

Jika anda memiliki banyak stok barang maka kami rasa kekurangan ini bukan menjadi hal yang sangat serius, tapi kita fokuslah pada pelayanan konsumen. Dimana kita tahu, keutungannya akan mendapatkan pelanggan baru yang memang mengidolakan fitur COD.

Mengaktifkan Fitur COD / Bayar ditempat di Shopee

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi penjual (toko) di Shopee mengaktifkan fitur metode pembayaran COD melalui dashboard akun toko yang anda kelola. Berikut ini cara mengaktifkan fitur COD / Bayar ditempat:

  • Buka Aplikasi Shopee di hp Android
  • Pilih Menu ^Saya^ 
  • Pilih Menu ^Toko Saya^
  • Pilih Menu ^Jasa Kirim^
  • Pilih Icon (i) yang ada disamping ^J&T^
  • Geser Tombol Aktifkan fitur COD nya
  • Setelah itu, Simpan

Begitulah cara mengaktifkan fitur COD, namun perlu anda ketahui bahwa fitur COD saat ini baru bisa digunakan dengan jasa kirim J&T Ekspress dan SiCepat. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Customer Service melalui Chat Online yang telah disediakan melalui pusat bantuan.

Video Cara Mengaktifkan Fitur COD:

Selanjutnya ketika anda pembeli yang menggunakan sistem pembayaran COD maka penjual cukup memprosesnya atau atur pengiriman saja. Tulis nomor resi otomatis yang muncul pada paket yang akan dikirimkan.

Anda tidak perlu bingung atau khawatir, karena Shopee dan J&t telah melakukan kerjasama sehingga ketika barang sudah sampai dan pembeli membayar kepada kurir j&t maka dana yang dibayar pembeli akan langsung masuk ke saldo penjual dan bisa langsung di cairkan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here