4 Tips Menabung Bagi Karyawan dengan Gaji Rp 2 Jutaan

Tips Menabung untuk Karyawan

Menabung itu bukan hanya pelajaran untuk anak-anak saja yang kerap diajarkan kedua orangtuanya. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama pada masa kecil, dimana anda menabung di sebuah celengan ayam yang terbuat dari plastik atau tanah. Ternyata menabung itu juga perlu dilakukan pada usia tua.

Kebutuhan sekarang atau sehari – hari dapat dipenuhi dengan gaji yang telah kita dapatkan sebagai seorang karyawan, akan tetapi bagaimana kebutuhan untuk masa yang akan datang seperti ingin membeli rumah, biaya pendidikan anak, dana darurat ketika jatuh sakit dan lain – lain. Maka dengan uang tabungan itulah semua dapat terpenuhi.

Menabung memang terlihat sepele dan mudah secara teorinya, akan tetapi jika sulit untuk dipraktekan, terlebih kebutuhan yang banyak sedangkan gaji atau pendapatan yang pas-pas, sebut saja dibawah Rp 2 jutaan. Maka dari itu lakukan beberapa tips agar anda bisa menabung walau dengan gaji kecil.

1. Menabung dengan Nominal Tertentu

Untuk memenuhi kebutuhan yang sewaktu – waktu datang maka anda perlu menabung, bisa dikatakan menabung itu wajib agar hidup anda menjadi lebih sejahtera, anda dapat mencoba menabung dengan nominal tertentu. Anda bisa tentukan nominal nya, semakin besar semakin baik, jika memang kebutuhan rutin telah tercukupi.

2. Jika Pendapatan Anda Rp 2 jutaan

Misalkan anda menabung 10% dari gaji anda, dengan gaji Rp 2 juta maka berarti anda harus menabung Rp 200 ribu setiap bulan.  Akan tetapi jika angka tersebut masih terlalu besar maka anda bisa turunkan persentasenya menjadi 5% berarti anda harus menabung Rp 100 ribu rupiah / bulan dan bertambah secara bertahap.

3. Langsung Sisihkan Uang dari Gaji

Biasanya pengeluaran dulu baru sisanya ditabung, sekarang anda coba dibalik, Anda perlu memprioritaskan kebutuhan untuk tabungan, Misal dengan gaji Rp 2 juta anda langsung mengambila Rp 250 ribu untuk tabungan, dan sisanya barulah untuk kebutuhan pokok anda yaitu sisanya Rp 1.750.000.  Anggap saja anda memiliki gaji segitu tiap bulannya.

4. Punya lebih dari 2 rekening tabungan 

Seperti yang disarankan oleh para pakar ekonomi, agar anda sukses dalam menabung anda perlu membedakan rekening untuk tabungan dan rekening untuk kebutuhan transaksi. Khusus untuk rekening yang digunakan untuk menabung batasi fasilitas transaksinya yaitu tidak menggunakan Kartu ATM dan SMS Banking atau apapun jenisnya.





Comments are closed.