5 Tips Belanja Aman di Tokopedia Agar Terhindar Dari Penipuan

tips belanja aman di tokopedia agar terhindar dari penipuan

Tokopedia merupakan salah satu situs belanja online terpercaya yang telah ada sejak tahun 2009, banyak orang yang menyebut tokopedia dengan toped.

Situs ini didirikan oleh Willam Tanuwijaya untuk mempertemukan pembeli dan penjual secara online sehingga dapat melakukan transaksi jual beli dengan mudah.

Dari sekian banyak marketplace mulai dari bukalapak, shopee, lazada, dan lainnya, Tokopedia menjadi marketplace yang paling aman dan produk yang di jual sangat terbilang lengkap.

Marak nya modus penipuan yang sering terjadi, tokopedia masih sangat aman untuk belanja online. Walau begitu, anda tetap harus berhati-hati karena tetap saja ada oknum penjual yang berkeliaran di tokopedia.

5 Tips Belanja Aman di Tokopedia 

Agar terhindar dari penipuan belanja online di Tokopedia maka tak ada salah nya untuk mengikuti tips belanja aman yang kami sampaikan dibawah ini. Jika anda mengikuti tips ini, maka kami jamin akan aman.

1. Pilih Toko Berlogo Khusus (Power Merchant)

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan, Tokopedia telah menyiapkan logo khusus untuk toko-toko premium yang ada di Tokopedia.

Bagi toko yang ingin mendapatkan logo khusus yang bernama “power merchant” ini maka toko tersebut harus mendaftar dengan biaya langganan Rp199.000 perbulan, Rp549.000 per 3 bulan atau Rp999.000 per 6 bulan.

Tak hanya itu, pemilik toko juga harus melakukan verifikasi yaitu dengan mengirimkan foto diri dan foto KTP. Dengan begitu, toko yang memiliki Power Merchant akan lebih aman dari modus penipuan.

2. Memiliki Tingkat Reputasi yang Baik

Yes!! Bagi toko yang berhasil melakukan penjualan produk maka toko tersebut akan mendapatkan point untuk meningkatkan reputasi toko.

Reputasi toko di Tokopedia mulai dari lencana Bronze, Silver, Gold dan Diamond. Tingkat reputasi yang paling baik adalah Diamond, itu artinya toko telah menjual banyak produk dan aman.

3. Perhatikan Detail Statistik Toko

Anda bisa membuka halaman toko yang ingin anda beli barangnya, klik saja nama Tokonya. Nanti anda akan masuk ke halaman toko, dan pilih lah lihat statistik.

Pada halaman statistik toko, anda akan melihat produk quality berdasarkan rating bintang, melihat statistik transaksi berapa banyak transaksi yang berhasil dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan, 3 bulan dan 6 bulan.

Semakin banyak rating bintang 5 dan semakin banyak transaksi yang berhasil di lakukan terutama dalam hitungan bulan, maka dapat dipastikan toko tersebut aman untuk berbelanja online.

4. Perhatikan juga Review dan Diskusi di Halaman Produk

Pada saat anda melihat halaman produk, jangan terburu – buru untuk membeli barang tersebut walaupun harga yang ditawarkan murah. Lebih baik sempatkan untuk gulir ke bagian bawah produk.

Di halaman paling bawah produk, pastikan anda telah melihat rating dan review dari pembeli sebelum anda. Kalau, review yang diberikan puas maka silahkan anda ikutan untuk membeli produk tersebut.

5. Kapan Toko Tersebut Terakhir Online

Tokopedia juga menampilkan sebuah waktu terakhir online, jadi pastikan toko yang ingin anda beli barangnya berstatus online dalam kurun waktu 1 hari.

Jika anda lihat melalui browser desktop maka akan terlihat online dalam waktu 30 menit, 1 jam, 2 jam, 3 jam atau 4 jam yang lalu. Sedangkan jika anda lihat melalui aplikasi tokopedia hanya akan terlihat “Hari ini”.

Itu lah tips belanja aman di tokopedia yang dapat kami sampaikan untuk anda. Informasi ini merupakan hasil dari pengamatan kami selama belanja menggunakan Tokopedia dan sampai saat ini belum pernah mengalami masalah terhadap barang yang dikirim.

Selamat mencoba berbelanja di Tokopedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here