beli hp bekas di facebook

7 Tips Membeli Hp Bekas di Marketplace Facebook

beli hp bekas di facebook
beli hp bekas di facebook

Maraknya kasus pencurian hp membuat kita harus semakin berhati-hati ketika hendak membeli hp bekas melalui sosial media (facebook atau instagram), dikhawatirkan hp yang anda beli justru membuat anda terjerat kasus sebagai penadah.

Membeli hp bekas memang tidak dilarang tapi kalau bisa berujung pada penjara tentu ini akan sangat merugikan diri anda, tahu atau tidak tahu bahwa hp yang anda beli hasil curian maka anda tetap akan dinyatakan bersalah pada pasal 480 kuhp.

Hampir sulit mendapatkan celah untuk bisa bebas dari kasus pencurian hp ini, apapun alasannya sekalipun kita bersumpah atasnama Allah SWT, sangat kecil sekali kemungkinan kita akan terbebas dari jeratan hukum tersebut.

Maka dari itu, daripada beli hp bekas lebih baik beli hp baru saja.

Kalaupun memang anda tetap ingin membeli hp bekas melalui sosial media (grup facebook atau fb marketplace), maka ikuti tips-tips transaksi membeli hp bekas:

5 Tips Membeli Hp Bekas di Marketplace Facebook

1. Pastikan hp yang dijual lengkap

Hindari membeli hp batangan tanpa kelengkapan lainnya seperti kotak, charger, kwitansi pembelian awal. Dikhawatirkan hp bekas yang dijual adalah hasil pencurian.

Jagan sampai setelah anda membeli hp bekas justru, ada polisi yang datang kerumah anda untuk menangkap karena diduga hp bekas yang anda beli adalah hasil curian.

2. Buat bukti pembayaran / kwitansi dari si penjual

Walaupun jual beli nya bersifat pribadi maka mintalah nota / kwitansi pembayaran terhadap pembelian hp bekas tersebut, yang ditanda tangani penjualnya (bila perlu diatas materai).

Tuliskan didalam nota pembayaran bahwa, penjual menyatakan hp bekas tersebut adalah barang aman dan bukan hasil dari pencurian.

3. Transaksi disaksikan orang banyak

Biasanya pencuri akan menjual hp dengan cara sembunyi-sembunyi dan dimalam hari, maka dari itu jika ingin membeli hp bekas pastikan ada beberapa teman yang menemani, jangan melakukan transaksi sendirian.

4. Rekam percakapan terhadap penjual

Curiga terhadap seseorang itu boleh, apalagi ketika hendak membeli barang bekas.

Salah satu cara untuk berhati-hati adalah merekam percakapan saat melakukan transaksi, siapa tahu dapat menyelamatkan anda bila terjadi suatu yang tidak diinginkan nantinya.

5. Harga tidak terlalu Murah

Hp bekas biasanya akan memiliki selisih yang wajar dengan hp yang baru, contoh: hp baru di jual dengan harga Rp1.700.000, artinya hp bekas umumnya memiliki harga kisaran Rp1.500.000 (selisih Rp200.000) saja.

Harga hp bekas juga dilihat dari lama penggunaan, lama penggunaan dapat dibuktikan dengan kwitansi / nota pembayaran pada saat pertama kali hp itu di beli di konter resmi.

6. Tanyakan alasan Menjual Hp nya

Saat anda merekam transaksi jual beli hp bekas dengan orang yang tidak dikenal maupun dikenal, maka tanyakan secara jelas kepada penjual “mengapa hp nya dijual?”

Untuk mendapatkan penjelasan dari si penjual tersebut.

7. Pastikan Hp yang dijual dari tangan pertama

Untuk mengetahui siapa pemilik pertama hp tersebut maka anda dapat bertanya kepada penjual yaitu apakah penjual tangan pertama? dimana penjual pemilik asli yang telah membeli hp tersebut secara baru melalui konter resmi, bisa dibuktikan bila ada kwitansi pembayarannya.

Untuk sementara mungkin itu dulu tips membeli hp bekas di facebook agar terhindari dari transaksi barang pencurian, kita tetap berusaha untuk beriktikad baik.

Jika ternyata tetap salah maka biarlah yang kuasa yang membalas orang orang yang dzolim.

1 thought on “7 Tips Membeli Hp Bekas di Marketplace Facebook”

Leave a Comment

Your email address will not be published.