13 Cara Beli Pulsa Listrik PLN lewat ATM BRI

cara beli token listrik lewat ATM BRI

Sekarang kita bisa membeli token listrik dengan mudah yaitu lewat ATM BRI.

ATM BRI tidak hanya melayani transkasi tarik tunai dan transfer uang saja, tapi berbagai macam jenis pembayaran bisa dilakukan mulai dari bayar tagihan telkom, bayar cicilan motor, dan termasuk beli pulsa listrik dan pulsa hp.

Untuk bisa membeli pulsa listrik lewat ATM BRI maka sudah tentu anda harus punya kartu ATM BRI, untuk mempunyai kartu BRI maka anda harus membuka rekening terlebih dahulu.

Ada 2 jenis rekening yang bisa digunakan yaitu Simpedes atau Britama.

Syarat membuka rekening BRI terbilang mudah yaitu hanya membawa KTP, KK dan Setoran awal sesuai dengan jenis rekening yang diinginkan, kalau simpedes setoran awalnya hanya Rp100.000, anda bisa langsung punya kartu ATM.

Listrik merupakan kebutuhan utama yang harus kita penuhi, hampir semua alat berhubungan dengan kelistrikan seperti setrika, kulkas, penanak nasi, televisi, handphone, pompa air dan sebagainya.

PLN menjadi salah satu perusahaan yang menyuplai listrik terbesar di Indonesia, semua rumah hingga perkantoran dapat terpenuhi kebutuhan listriknya.

Untuk menggunakan listrik dari PLN maka kita perlu memasang meteran dirumah, sekarang meteran yang banyak digunakan yaitu meteran pulsa dimana pengguna dapat membeli token listrik sesuai dengan kebutuhannya.

Cara Beli Pulsa Listrik PLN lewat ATM BRI

Membeli pulsa listrik dapat melalui berbagai tempat, bisa beli lewat alfamart, lewat indomaret, lewat shopee, dan berbagai jaringan mesin ATM termasuk lewat ATM BRI dengan sangat mudah.

Bagi anda yang saat ini memiliki kartu ATM BRI maka bisa langsung membeli token listrik lewat mesin ATM, pastikan saldo rekening yang ada didalam tabungan cukup, cara beli token lewat BRI sebagai berikut :

1. Pergi ke ATM BRI terdekat

BRI telah menyiapkan mesin ATM diberbagai tempat umum, anda bisa gunakan ATM BRI manapun.

Jika tidak menjumpai mesin ATM BRI maka anda bisa menggunakan ATM Mandiri, ATM BNI dan ATM BTN, karena sistem transaksi elektronik yang digunakan sama.

2. Masukan Kartu ATM BRI

Sesampainya di mesin ATM BRI, langsung aja masukan kartunya.

Pastikan anda memasukan kartu ATM dengan posisi yang benar dan kartu ATM anda jangan ada goresan pada pita hitamnya. Sebab jika kartu ATM rusak maka anda tidak bisa melanjutkan transaksi.

Mesin ATM akan menolak kartu anda.

3. Pilih Bahasa Indonesia

Karena kita sebagai Warga Negara Indonesia maka bahasa yang kita pilih adalah bahasa indonesia, tapi kalau memang mau coba pilih bahasa inggris tidak ada yang ngelarang.

4. Masukan PIN ATM dengan Benar

Untuk bisa mengakses rekening tabungan lewat ATM maka anda perlu memasukan pin rahasia yang telah anda buat, pin ATM berupa 6 digit angka, dan jangan sampai anda salah memasukan PIN nya.

Apabila anda salah memasukan PIN ATM hingga 3 kali berturut-turut maka kartu ATM BRI anda akan diblokir, untuk membukanya anda harus pergi ke kantor BRI terdekat.

Oiya, pada saat memasukan pin pastikan ditutup dengan tangan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan pin ATM anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Pilih menu Transaksi Lainnya

Setelah masuk ke sistem ATM maka akan tampil halaman utama, yaitu berupa nominal pengambilan uang. Tapi disini, anda diminta untuk pilih menu transaksi lainnya.

6. Pilih menu Pembayaran / Pembelian

Setelah masuk ke menu transaksi lainnya, maka anda bisa pilih menu Pembayaran atau Pembelian.

Dalam menu pembelian ini anda bisa membeli Token Listrik PLN, beli Pulsa HP dan lain sebagainya.

Nah karena kita ingin membeli token listrik tentu anda tahu apa yang harus dipilih.

7. Pilih Listrik / Gas

Pada halaman pembelian anda bisa langsung pilih menu Listrik / Gas untuk membeli token PLN.

8. Pilih Token PLN Prabayar

Langsung aja pilih sesuai dengan transaksi yang diinginkan yaitu memilih menu Token PLN Prabayar.

PLN Prabayar merupakan bentuk pelanggan yang menggunakan pulsa listrik, kalau PLN Pascabayar merupakan pelanggan dengan tagihan bulanan.

9. Lalu, Pilih PLN Prabayar dan Masukan Nomor Meter

Setelah pilih PLN Prabayar lalu silahkan masukan nomor meter yang digunakan dirumah, masukan nomornya dengan benar.

Jika sudah memasukan nomor meter lalu klik Benar maka anda akan lanjut ke tahap selanjutnya.

10. Muncul ID dan Nama, lalu pilih Nominal Lain

Pastikan nomor dan nama yang muncul pada layar sesuai dengan data meter yang digunakan di rumah anda, setelah itu pilih menu yang bawah yaitu Nominal lain.

11. Pilih Nominal yang diinginkan

Perhatikan dilayar ATM, akan muncul beberapa nominal token yang bisa di beli yaitu mulai dari Rp20.000 hingga Rp10.000.000, pilih sesuai dengan kebutuhan listrik anda.

12. Pilih Jenis Rekening

Jika anda menggunakan rekening tabungan simpedes atau britama maka anda bisa pilih menu yang kedua yaitu Dari Rekening Tabungan.

13. Transaksi akan diproses

ATM akan memproses transaksi pembelian token, dan selanjutnya ambil struk transaksi yang keluar dari mesin ATM.

Nomor token ATM tertera pada struk tersebut dan bisa langsung anda masukan kedalam meteran listriknya.

Transaksi anda selesai dan segera ambil kartu ATM nya, jangan sampai tertinggal ya.

Catatan: Pembelian token listrik PLN tidak bisa dilakukan pada pukul 23.00 sampai dengan 01.59 wib, karena sistem PLN sedang melakukan restart. 

2 thoughts on “13 Cara Beli Pulsa Listrik PLN lewat ATM BRI”

  1. Tadi saya mau cek saldo, masukin no pin mau, langsung saya pilih transaksi lain, habis itu saya pilih cek saldo, habis itu mucul, anda sudah 3x masukan… Lanjutannya saya lupa, mohon bantuannya.. 🙏

  2. Tadi saya mau cek saldo di atm bri, masukin no pin mau, langsung saya pilih transaksi lain, habis itu saya pilih cek saldo, habis itu mucul, anda sudah 3x masukan… Lanjutannya saya lupa, mohon bantuannya.. 🙏

Leave a Comment

Your email address will not be published.