Inilah Sebabnya, Banyak yang Gagal Saat Memulai Bisnis

Penyebab Gagal Bisnis

JAKARTA – Banyak orang yang ingin memulai usaha tapi takut akan kegagalan, tapi memang sejatinya seseorang yang baru pertama kali memulai bisnis sering kali mengalami gagal, bahkan ada yang berkali-kali sehingga kegagalan menjadikan kebuntuan.

Tak sedikit orang yang gagal dalam memulai bisnis mengalami putus asa. Padahal kegagalan merupakan sebuah kesuksesan yang tertunda. Namun, ketika anda terus mengalami kegagalan maka anda perlu mencari tahu apa penyebabnya.

Perlu anda ketahui bahwa, seperti yang dikatakan oleh Agni Pratama (Vice President Business Development Lima Group) salah satu penyebab kegagalan seseorang saat memulai bisnis adalah karena tidak mengenali rantai nilai dan ekosistem.

Dalam sebuah bisnis perlu mengenali faktor tersebut seperti rantai pemasok, aktor pendukung dan regulasi. Jika anda sudah mengenali semua nya maka anda bisa menjadi lebih aman dari kegagalan.

Banyak ditemukan startup yang berjalan sendiri-sendiri, mereka yakin diri mereka mampu menyelesaikan masalahnya. Padahal, tidak begitu. Mereka harus memiliki akses informasi dan akses kepada orang-orang yang ahli dibidangnya.

Banyak juga pebisnis pemula yang kurang melakukan riset, padahal ini sangat penting dilakukan, Mereka hanya memilikirkan barang ini laku, tapi tanpa riset. Kebanyakan start up kurang melakukannya.

Hobi juga bisa menjadi pintu masuk berbisnis. Saat produk dari hasil hobi tersebut dipasarkan ke publik, saat itu pula lah riset berjalan.

Saran untuk para pebisnis pemula untuk memulai bisnis berdasarkan masalah. “Misal, ojek online yang didirikan oleh Nadiem Makarim (Gojek). Gojek didirikan bermula dari masalah kesulitan akses, macet, dan lain sebagainya.