Hemat, Salah Satu Cara Menjadi Orang Kaya

Hemat Pangkal Kaya

Setiap orang tentu mengharapkan dirinya bisa menjadi orang kaya, namun sedikit yang mengetahui apa yang harus mereka lakukan untuk bisa mendapatkannya. Menjadi orang kaya itu merupakan hasil dari keberuntungan, keahlian, kesabaran dan ketekukan. 

Semua orang bisa kaya dan memilik hak untuk menjadi kaya, namun untuk menjadi orang kaya memang tidak mudah, perlu melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang. Tentunya butuh yang namanya ketekukanan dalam melakukan segala hal.

Hemat dalam Penggunaan Uang

Hemat pangkal Kaya, itulah bunyi salah satu pribahasa. Itu memang benar adanya, seseorang yang ingin menjadi kaya harus berhemat dalam menggunakan uang yang telah didapatkannya. Hemat berarti menggunakan uang dengan cara bijak, lebih mementingkan skala prioritas daripada ego / gengsi anda.

Baca Juga : Buka Tabunganku BRI Syariah

Contoh : Ketika anda mendapatkan gaji, bukan harus membeli baju atau kendaraan baru selagi baju dan kendaraan yang dimiliki masih digunakan. Anda bisa gunakan untuk kebutuhan lain atau lebih baik ditabung atau diinvestasikan.

Untuk bisa menerapkan pola hidup hemat, anda perlu yang namanya membuat anggaran bulanan, anggaran yang mencakup pengeluaran pokok dan sedikit uang untuk bersenang-senang, jangan menghabiskan uang lebih dari yang telah dianggarkan. Ketika anda memiliki anggaran Rp2 juta sebulan, maka anda tidak boleh lebih dari Rp2 juta. Jika lebih maka bisa dikatakan boros, kecuali memang digunakan untuk kebutuhan yang pokok.

Misal : anda atau keluarga anda sakit, butuh uang untuk membeli kacamata yang pecah, karena tanpa kacamata anda tidak bisa melihat dan sebagainya.

Begitu juga dengan fasilitas, anda juga harus bisa mengukur antara kemampuan dan kemauan. Salah satu bentuk Hemat yaitu anda menggunakan fasilitas yang biasa, tidak harus memiliki harga mahal dan mewah. Cukup yang sederhana saja.

Misal : Anda memiliki ingin memiliki sepeda motor baru, maka anda lihat kemampuan anda. Anda tidak harus membeli motor yang mahal, tapi belilah motor yang sesuai dengan kemampuan. Bandingkan antara motor NMAX dengan Honda Beat, maka lebih baik anda memiliki Honda Beat karena harganya murah dengan kualitas yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan anda atau anda bisa membeli motor bekas saja.

Setiap orang pasti memiliki sebuah pengeluaran rutin, tapi anda bisa mengurangi pengeluaran yang terjadi. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak terlalu penting, jangan menghambur-hambur kan uang dengan percuma, toh anda juga yang susah. Misal : Jangan terlalu sering membeli makanan dari luar, lebih baik masak sendiri, itu akan lebih menghemat pengeluaran.

Terlebih lagi, hindari yang namanya kartu kredit. Mengapa? Karena memiliki kartu kredit akan lebih cenderung suka belanja, karena merasa semua bisa dibeli, tapi tanpa disadari bahwa itu semua anda hutang atau pinjaman yang harus dilunasi. Ketika seseorang dilema dalam menggunakan kartu kredit maka bisa membuat anda semakin terpuruk. Maka dari itu, katakan “Selamat Tinggal pada Kartu Kredit”.



Silahkan Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.