Tiar Sukses Menggeluti Kerajinan Tangan berbahan Tempurung Kelapa

Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan, mulai dari Janur, Daun Kelapa, Lidi, bahkwan Tempurung Kelapa pun bisa diolah menjadi kerajinan tangan yang mampu memberikan penghasilan bagi mereka yang memiliki tangan kreatif seperti halnya Tiar.

Tiar adalah seorang pemuda yang berasal dari Kudus, ia berhasil mengolah tempurung kelapa menjadi kerajinan tangan yang menarik dan bagus. Bisnis kerajinan tangan berbahan tempurung kelapa berawal dari keisengannya sejak duduk dibangku SMA kini karyanya sukses meraup keuntungan puluhan juta rupiah setiap bulannnya.

Tiar melihat banyak sekali tempurung kelapa yang tidak terpakai dan dibuang begitu saja, hingga kemudian muncul inisiatif untuk mengolah 2 tempurung kelapa menjadi gantungan kunci. Tempurung kelapa memiliki keunikan tersendiri yang terletak pada serat-serat disetiap batok kelapa tersebut.

Disamping itu juga batok kelapa mudah sekali didapat dan dijual dengan harga murah per karung. Tiar melihat peluang yang menjanjikan ini, sehingga ditekuninya untuk menciptakan kreasi-kreasi kerajninan tangan dari limbah batok kelapa.

Kerajinan tangan dari Tempurung kelapa yang berhasil di buat mulai dari Gantungan Kunci, Mangkuk, Celengan, Lukisan, Gelang, Cincin, Lampu Hias hingga tas yang sangat cantik. Hasil karyanya dijual didaerah jawa hingga diluar jawa seperti Riau, Palembang, Jakarta, Bali, Kudus dan sekitarnya.

Kerajinan tangan dijual dengan harga yang bervariatif berdasarkan tingkat kesulitan dalam pembuatannya, semakin sulit dan lama maka harga semakin tinggi. Tiar mempromosikan hasil karya nya melalui media sosial instagram dengan akun @Tiar_Made.